Welcome
Cara Membuat Startup Ide Bisnis Startup Menarik Minggu Ini

Yuk Simak 5 Cara Membuat Startup Sendiri Dengan Ide Sederhana

Startup merupakan sebuah perusahaan rintisan yang masih belum lama beroperasi dan masih berkembang. Bisnis ini umumnya lebih identik dengan web, teknologi, internet dan berhubungan dengan ranah tersebut. Selain itu, banyak yang berpendapat bahwa membangun bisnis startup sangatlah sulit. Tetapi jika anda ingin mencobanya, setidaknya berikut adalah beberapa cara membuat startup sendiri dari konsep yang sederhana.

Lima Cara Membuat Bisnis Startup Dengan Ide Sederhana Yang Bisa Anda Terapkan

1. Mencari Keresahan Yang Anda Temui dan Rasakan Dalam Keseharian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada dasarnya perusahaan ini merupakan perusahaan yang menggunakan teknologi. Oleh karena itu, anda dapat memulai memikirkan konsep atau ide dari masalah sehari – hari yang butuh diselesaikan dengan bantuan teknologi. Sebagai contoh adalah ide dari Garrett Camp dan Travis Kalanick yang menciptakan aplikasi Uber karena mereka kesulitan memesan taksi.

Cara Membuat Startup

2. Mulailah Membangun Bisnis ini dengan Pelan – Pelan

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa untuk memulai sebuah perusahaan startup dibutuhkan banyak aspek. Seperti misalkan dana yang dibutuhkan hingga anggota tim haruslah dalam jumlah besar. Sebetulnya, anda dapat memulai dari hal – hal yang kecil terlebih dahulu. Contohnya, anda bisa membuat aplikasi atau website sederhana dengan dana yang seminimum mungkin. Selanjutnya, anda baru membuatnya semakin berkembang.

Selain memulai dengan hal – hal yang simpel dan tidak rumit, anda juga dapat mencari informasi lebih lanjut. Misalnya dengan mengikuti seminar atau workshop yang berkaitan dengan startup. Banyak sekali kegiatan ini yang memberikan pemahaman tentang membangun startup dari berbagai sisi. Di mulai dari membangun konsep, keuangan sumber daya manusia, hingga programing.

3. Mencari Co-Founder Dari Lingkungan Anda Lebih Dahulu

Setelah anda memiliki ide yang tepat, carilah seseorang untuk membangun startup bersama anda. Hal ini sangat penting pada fase awal saat membangun sebuah startup dari nol, karena anda tidak dapat menjalankan dengan sendirinya. Anda dapat mencari co-founder atau wakil dari lingkungan yang terdekat anda terlebih dahulu. Bisa dimulai dari teman hingga seseorang yang anda ketahui ketika bertemu di sebuah acara startup.

4. Membangun Relasi dan Berkolaborasi Dengan Orang Lain

Di era yang serba cepat ini, untuk membangun sebuah bisnis dari nol anda membutuhkan relasi. Oleh karena itu, dengan mengembangkan networking, akan ada banyak opsi kesempatan untuk berkolaborasi dengan pihak lain. Hal ini bisa menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan. Salah satu cara untuk memperluas relasi dengan cara bekerja di sebuah Coworking Space. Anda akan bertemu pengusaha lain dari berbagai macam latar belakang profesi.

Cara Membuat Startup

5. Mintalah Masukan Dari Konsumen Anda

Ketika memulai dan membangun startup, tidak akan bisa lepas dari masukan dari konsumen. Karena anda harus terus memahami apa yang dibutuhkan dan diminta oleh audience. Contohnya pada saat tahap beta atau pre – launching, cara membuat startup ini akan membantu Anda untuk terus mengembankan bisnis. Dengan customer – oriented, anda akan berkesempatan besar untuk memiliki pelanggan yang loyal pada perusahaan startup.

Dari ulasan tersebut, anda bisa memulai bisnis startup sendiri dengan ide sederhana. Tidak harus dengan hal yang rumit, mulailah dari mencari kebutuhan yang paling diminati konsumen. Selanjutnya, anda bisa mencoba secara perlahan dengan mencari co -founder yang berada di sekitar lingkungan anda terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan membangun relasi serta kolaborasi. Tidak lupa untuk meningkatkan mutu, mintalah masukan dari konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *