Welcome
operasi gigi bungsu operasi gigi bungsu

Yuk Cari Tahu Lebih Dalam Mengenai Operasi Gigi Bungsu Disini

Salah satu bagian tubuh yang harus dirawat dengan baik adalah gigi. Karena tak dapat dipungkiri bahwa terdapat beragam masalah yang dapat terjadi pada gigi. Misalnya adalah gigi yang mengalami infeksi. Tentu saja juga diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan pada gigi yang ada. Seperti dengan cara melalui prosedur operasi pada gigi geraham yang dilakukan.

Pengertian dari Operasi pada Gigi Geraham Ketiga

Sebelum membahas yang lain, dapat diketahui sebelumnya bahwa terdapat banyak operasi yang dilakukan pada gigi. Salah satu jenis operasi tersebut ialah dilakukan pada gigi geraham yang bungsu. Saat gigi geraham tersebut tidak tumbuh dengan sempurna, maka dilakukan operasi gigi bungsu pada gigi tersebut. Gigi geraham ketiga ini sendiri baru mulai tumbuh pda seseorang yang telah berusi 17 hingga 24 tahun.

Gigi tersebut akan tumbuh pada bagian belakang dari gigi geraham yang telah tumbuh sebelumnya. Pertumbuhan dari gigi geraham ketiga ini juga dapat miring ke arah yang berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang khusus dalam mengatasinya. Gigi geraham yang baru tumbuh tersebut juga dapat tumbuh di dalam gusi sehingga harus diatasi dengan langkah yang tepat.

Waktu untuk Menjalani Operasi pada Gigi

Terdapat banyak orang yang bertanya mengenai kapan waktu yang tepat untuk menjalani operasi pada gigi geraham ketiga tersebut. Dari keadaan ini, dapat dipahami pula bahwa tidka semua kasus pada gigi geraham ketiga akan diatasi dengan cara operasi. Hanya pada keadaan tertentulah operasi gigi bungsu tersebut akan dilakukan. Pihak medis tentu akan memeriksa keadaan gigi geraham tersebut terlebih dahulu.

Biasanya gigi geraham ketiga baru akan dioperasi saat telah mengalami penyakit gusi atau infeksi. Gigi yang mengalami karies parah juga akan disarankan untuk dioperasi. Tak hanya itu, saat terdapat kista atau tumor pada area di sekitar gigi, maka pihak medis akan menyarankan tindakan berupa operasi kepada pasien yang ada. Kasus gigi geraham yang miring ke arah gigi lainnya juga akan ditangani dengan cara serupa.

Alternatif yang Dapat Dipilih Selain Operasi

Tak hanya melalui cara operasi saja, masih terdapat alternatif lain yang dapat dipilih untuk mengatsi maslaha berupa gigi ini. Contoh alternatif yang akan disarankan bagi Anda adalah dnegan meminum obat pereda rasa nyeri. Alternatif lain seperti mengompresnya dnegan es juga dapat Anda lakukan saat terjadi beberapa maslaha pada gigi geraham yang baru tumbuh tersebut.

Cara lain untuk mengatasi masalah yang ada adalah dengan melakukan pencabutan gigi. Namun tentu saja pencabutan gigi tersebut harus dilakukan oleh ahli medis guna menghindari dampak buruk yang terjadi setelahnya. Cabut gigi sendiri juga akan memiliki prosedur yang berbeda dengan operasi. Karena pada prosedur operasi akan dilakukan pembedahan pada gigi tersebut.

Hal Hal yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Operasi

Terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan operasi pada gii geraham ketiga tersebut. Seperti misalnya adalah dengan mengetahui berapa jumlah gigi yang akan dicabut dalam prosedur operasi yang dilakukan. Anda juga harus mengetahui mengenai tipe anestesi yang akan Anda terima dalam proses operasi tersebut dengan bertanya kepada pihak medis.

Banyak hal yang dapat diulas menganai prosedur operasi pada gigi geraham ketia tersebut. Seperti misalnya telah dibahas disini bagi Anda. Mulai dari pengertian dari operasi pada gigi geraham bungsu tersebut, hingga hal hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan prosedur operasi. Pada ulasan ini juga dapat diketahui mengenai alternatif lain yang dapat dipilih selain melalui cara operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *