Welcome
cara mengobati flu pilek

Yuk Cari Tahu Cara Mengobati Flu Pada si Kecil

Saat anak mengalami sakit flu, jangan terburu buru membawa anak ke dokter. Dalam dunia medis flu pada anak sebenanya tidak terlalu berbahaya. Apabila anak mengalamai flu sebaiknya bunda tidak langsung memberikan anak obat flu yag justru tidak baik untuk kesehatannya. Anda bisa memberikan makanan bergizi lengkap dan seimbang sebagai cara tepat untuk mengobati flu si kecil. Mari simak cara mengobati flu yang aman untuk si kecil.

Obat Alami yang Ampuh Untuk Si Kecil

1. Protein dan Vitamin

Kunci kesembuhan batuk dan pilek adalah imunitas tubuh yang baik. Dengan memiliki sistem imun yang baik maka bisa menjadi obat flu yang efektif. Jika imun tubuh si kecil baik, maka si kecil hanya memerlukan mengkonsmsi protein dan vitamin untuk menyembuhkan flu yang dialaminya. Anda harus memastkan jika si kecil mengkonsumsi makanan tinggi protein selama sakit seperti telur ayam, ikan dan susu.

2. Garam

Siapa yang menyangka jika salah satu bumbu dapur penyedap rasa ini bisa membantu untuk mengobati peradangan pada si kecil. Tak hanya membantu meredakan peradangan, garam juga sangat efektif untuk mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan. Untuk hidung tersumbat anda bisa mengatasinya dengan meneteskan larutan garam yang bisa dibeli di apotek atau toko obat terdekat.

cara mengobati flu dan pilek dengan madu

Anda juga bisa membuat sendiri larutan garam tersebut untuk meredakan flu si kecil. Cara mengobati flu menggunakan garam ini cukup dengan melarutkan setengah hingga 1 sendok teh garam ke dalam setengah liter air hangat. Teteskan larutan garam ini dengan bantuan pipet. Anda bisa mengatasi tenggorokan atau batuk dengan mengajarkan si kecil untuk berkumur dengan larutan air garam hangat bersama madu.

3. Probiotik

Bakteri baik yang ada di makanan seperti yoghurt dan kefir, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak anak. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, probiotik juga bisa mencegah berbagai penyakit seperti infeksi pernafasan, batuk dan pilek. Anda bisa memberikan makanan yang mengandung probiotik untuk diberkan kepada anak yang tengah mengalami sakit flu.

4. Cukup Istirahat

Istirahat memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem imunitas tubuh. Pastikan jika si kecil juga memiliki waktu istriahat yang cukup selama mengalami sakit flu dan batuk. Istirahat yang cukup akan sangat membantu untuk melawan batuk dan pilek. Pastikanlah jika si kecil tidur dengan nyaman dan tidak terganggu untuk bermain di luar.

Usahakan untuk menjauhkan kecil dari tempat yang berdebu. Anda bisa membersihkan kamar si kecil terlebih dahulu sebelum si kecil akan istirahat. Debu yang berlebihan akan membuat batuk dan pilek anak tak kunjung sembuh. Hal ini bisa terjadi karena saluran pernafasannya terganggu. Untuk itu penting sekali memperhatikan debu yang ada di suatu ruangan ketika anak tengah mengalami flu.

5. Sup Ayam

Cairan hangat akan dapat membantu untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. Sebuah penelitian menunjukkan jika sup hangat bisa membantu untuk meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat dan demam. Anda bisa memasak sup ayam dicampur dengan beragam sayuran di dalamnya untuk membuat sup kaya akan gizi seimbang seperti protein dan vitamin.

Itulah beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mengobati flu pada anak. Saat anak mengalami flu, jangan panik dan tetap tenang. Cobalah melakukan beragam cara mengobati yang sederhana seperti diatas untuk meredakan flu dan pilek pada anak. Apabila cara sederhana sudah dilakukan dan tidak menunjukkan perubahan yang siginifikan selama dua minggu, anda bisa membawa anak ke dokter untuk mendapatkan obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *