Welcome
Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Yuk Cari Tahu Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang proporsional tentulah menjadi dambaan setiap orang. Berbagai cara dilakukan agar mendapatkan berat badan yang diinginkan, seperti diet ataupun berolahraga secara rutin. Akan tetapi sebelum anda mulai melakukan diet, ada baiknya anda perlu mengetahui cara menghitung berat badan ideal. Hal ini dikarenakan agar dapat mengontrol program diet yang anda lakukan agar tidak berlebihan. Berikut simak cara menghitungnya.
Bagaimana Cara Mencari Tahu Berat Badan Yang Ideal ?

1. Cara Menghitung Dengan Menggunakan Rumus Brosca

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk menghitung berat badan, salah satunya adalah dengan menggunakan rumus Brosca. Rumus satu ini, ditemukan oleh Pierre Paul Brosca dimana dalam ketentuan untuk menghitungnya terbagi menjadi dua yakni untuk perempuan dan untuk laki-laki. Untuk menghitungnya, anda bisa dengan menerapkan rumus simpel yang bisa anda coba untuk menghitungnya sendiri di rumah.

Cari Tahu Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara menghitung berat badan ideal menurut Brosca ini berlaku untuk anda yang memiliki jenis kelamin laki-laki. Caranya adalah dengan berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – { [tinggi badan (cm) – 100] x 10%}. Contohnya adalah jika anda memiliki tinggi badan sebesar 179, maka berat badan yang ideal untuk anda adalah (179 – 100) – {(179 – 100) x 10% } = 79 – 7.9 = 71.1. Maka jika dihitung denagn Rumus Brosca, anda seharusnya memiliki berat badan ideal seberat 71.1 kg.

Untuk anda yang berjenis kelamin wanita, maka pengukuran berat badan idealnya pun akan sedikit berbeda. Rumus untuk mengukurnya adalah berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – { [tinggi badan (cm) – 100] x 15%}. Cara menghitungnya pun sama dengan jenis kelamin laki-laki hanya saja jumlah pengkalian persennya yang berbeda. Terkadang, anda hanya mengukur berat badan dengan cara tinggi badan – 100, namun itu bukanlah ideal melainkan beratbadan yang normal.

2. Menghitung Berat Badan Dengan Menggunakan Kalkulator BMI

Cara menghitung berat badan ideal yang kedua adalah dengan menggunakan kalkulator BMI. Body Mass Index atau BMI adalah salah satu cara menghitung berat badan berdasarkan tinggi badan anda. Selanjutnya, anda bisa menghitungnya dan mengetahui bahwa anda memiliki berat badan yang ideal atau tidak. Untuk menghitung berat badan menggunakan metode ini, dapat anda lakukan ketika anda sudah menginjak usia 20 tahun.

Tahu Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Hal ini dikarenakan penghitungan untuk usia di bawah 20 tahun memiliki cara yang berbeda. Akan tetapi, menghitung menggunakan BMI ini tidak terlalu disarankan untuk atlet ataupun olahragawan. Hal ini dikarenakan berat badan atlet berasal dari massa otot sehingga nantinya BMI dapat menyebutnya kegemukan padahal tidak.

Cara menghitungnya yakni berat tubuh ideal = berat badan (kg) : {tinggi badan (m)2}. Jadi bagi anda yang memiliki berat badan 55 kg dan memiliki tinggi 1,79 m maka dapat dihitung dengan 55 : (1,79)2 = 17,1. Maka nilai BMI anda adalah sejumlah 17,1. Berdasarkan cara menghitung berat badan ideal tersebut maka anda termasuk kategori kurus. Hal ini dikarenakan kategori normal adalah 18,5 – 25. Sedangkan jika dibawah 17, maka anda merupakan kategori kekurangan berat badan.

Sedangkan bagi anda yang mempunyai nilai di atas 25, maka anda termasuk kategori kelebihan berat badan yang ringan. Apabila mencapai 40 ke atas, maka anda dapat dikategorikan memiliki berat badan berlebih yang berbahaya atau obesitas. Untuk itu, dengan mengetahui kondisi berat badan ideal anda, maka anda pun dapat mengontrol berat badan tersebut agar tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *