Welcome
Virus Corona ada

Wajib Tahu! Cara Melindungi Diri Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona

Hingga saat ini, penderita penyakit corona semakin meningkat. Virus ini bahkan sudah banyak menimbulkan korban jiwa dan krisis ekonomi di berbagai negara. Sistem penyebaran penyakit yang tak terlihat ini juga berdampak pada banyaknya penderita. Tak ayal jika virus corona merupakan virus yang harus diwaspadai. Lantas, hal apa saja yang harus dilakukan?

Tips Jitu Melindungi Diri Dari Corona

1. Mencuci Tangan Dengan Benar

Tangan adalah media terbaik untuk memindahkan segala sesuatu, termasuk virus dan bakteri. Tentunya, kondisi tangan yang tidak bersih dan digunakan untuk menyentuh wajah maupun makanan sangat berisiko terkena berbagai penyakit. Tak hanya corona, bakteri dan virus lain pun bisa menginfeksi tubuh dengan cara ini.

Virus Corona

Oleh karena itu, mencuci tangan dengan benar sebelum menyentuh makanan atau daerah berisiko lain seperti wajah harus dilakukan. Anda tentu harus mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bahkan, cuci tangan ini juga harus benar dengan cara membersihkan semua bagian tangan termasuk kuku dan mengeringkannya dengan handuk, tisu atau mesin pengering tangan.

Mencuci tangan juga sebaiknya dilakukan selama 20 detik dengan tahapan yang benar. Selain itu, anda juga bisa menggunakan hand sanitizer jika tidak menemukan air. Dalam hal ini, hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 60% sudah terbukti efektif untuk membasmi kuman.

2. Menggunakan Masker

Virus yang satu ini berukuran sangat kecil dan bisa ditularkan melalui air liur yang terpental ketika bersin, batuk maupun berbicara. Begitu pula, virus ini juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung dan mata. Oleh karena itu, penggunaan masker lebih disarankan untuk mengurangi penularan virus tersebut.

Tentunya, anda bisa menggunakan masker yang bisa menyaring kuman dari udara. Masker tersebut juga harus digunakan dengan baik agar dapat menutupi mulut, hidung dan dagu. Pasalnya, masker ini tidak sepenuhnya terbukti efektif dalam mencegah dari paparan kuman. Namun, masker tersebut bisa digunakan untuk menurunkan risiko penularan virus corona.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat adalah langkah yang tepat untuk melindungi diri dari berbagai paparan penyakit. Oleh karena itu, anda harus bisa menjaga pola hidup sehat untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat. Anda bahkan bisa membiasakan diri untuk makan makanan yang bernutrisi, olahraga teratur, tidur yang cukup dan mengelola stres dengan baik.

Virus Corona ini

4. Mengikuti Protokol Yang Berlaku

Selain itu, penularan virus yang bisa terjadi melewati droplet dapat dicegah dengan cara menjaga jarak. Anda bahkan sebaiknya selalu menggunakan masker jika bertemu banyak orang dan usahakan selalu menjaga kebersihan. Begitu pula, anda juga harus mengevaluasi diri jika merasakan rasa sakit, khususnya jika merasakan gejala corona.

5. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Virus yang satu ini bahkan sudah dibuktikan mampu bertahan hidup beberapa jam di permukaan benda. Tentunya, kondisi ini dapat terjadi karena seorang penderita corona tidak sengaja mengeluarkan droplet dan menempel pada benda. Oleh karena itu, membersihkan rumah secara rutin penting untuk dilakukan.

Anda bahkan bisa membersihkan semua barang yang sering disentuh secara rutin. Selain itu, anda juga bisa membersihkan ruangan dengan cairan desinfektan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tentunya, kebersihan ini juga bisa membantu anda untuk membunuh kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Menjaga kesehatan dan kebersihan memang harus selalu dilakukan. Itulah beberapa hal yang harus selalu diperhatikan untuk menjaga diri agar tidak terjangkit corona. Selain bisa menjaga diri dari virus tersebut, kebiasaan kebiasaan ini juga dapat membawa anda agar dapat terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *