Welcome
cara menghilangkan ngantuk saat kerja tidur siang

Wajib Tahu, Berikut 6 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Saat beranjak dewasa, tidur siang bisa dikatakan laksana oase di padang pasir yang tandus. Biasanya saat siang hari, mata akan menjadi sedikit berair karena kantuk yang menyerang. Ketika bekerja dan keinginan untuk tidur semakin besar, rasanya berbagai cara menghilangkan ngantuk saat kerja ingin segera dicoba. Untuk itu, Anda perlu menyimak beberapa cara mengusir kantuk yang dirangkum dalam ulasan ini.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat kerja

1. Tidur Siang Sebentar Ketika Jam Istirahat

Obat yang paling manjur untuk menghilangkan rasa kantuk saat siang hari, tentu saja dengan tidur siang. Nyatanya tidur siang tidak harus selama 3 atau 4 jam, cukup tidur di jam istirahat selama 15 hingga 30 menit sudah bisa membuat tubuh kembali segar dan bisa melanjutkan pekerjaan yang tertunda. Yang mana aktivitas tidur siang ini dikenal dengan istilah power nap, dan memang sudah terbukti mampu mengisi tenaga agar tidak ngantuk dan lesu.

cara menghilangkan ngantuk saat kerja

2. Mendengarkan Musik yang Ceria

Salah satu faktor yang membuat rasa kantuk menyerang adalah suasana ruang kerja yang sunyi. Dengan demikian, cara yang tepat untuk mengusir kantuk dalam kasus ini adalah dengan mendengarkan musik. Hindari memilih musik dengan tempo lambat seperti lagu ballad, pilihlah musik yang ceria dan memiliki tempo cepat. Pasalnya musik sejenis pop, dance, trap, atau EDM bisa ‘membangunkan’ otak.

3. Minum Kopi

Sudah bukan rahasia lagi jika kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang kelelahan atau mengantuk. Karena kopi memiliki sifat sebagai stimulan, minum kopi mampu meningkatkan aktivitas otak dan juga sistem saraf pusat. Sehingga setelah itu, pikiran akan fokus dan mengalami peningkatan. Tidak heran jika banyak orang memilih minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi kafein secara berlebihan.

4. Minum Air Putih

Ketika rasa kantuk datang, bisa jadi saat itu Anda sedang kekurangan cairan. Pasalnya dehidrasi bisa membuat otak kehilangan fokus dan memicu rasa kantuk. Sehingga pada kasus ini, cara menghilangkan ngantuk saat kerja dapat dilakukan dengan minum air putih yang banyak. Saat tubuh kelebihan air putih, akan menimbulkan keinginan buang air kecil. Anda pun harus bangkit dari kursi dan berjalan ke toilet. Dengan begitu, rasa kantuk akan hilang dengan sendirinya.

5. Melakukan Peregangan

Perlu diketahui, melakukan peregangan di kubikel kantor ternyata bisa digunakan untuk mengusir kantuk. Untuk itu, Anda bisa melakukan peregangan sederhana dengan merentangkan tangan atau menekuk leher ke samping kanan atau kiri. Selain itu, peregangan ini juga bisa hanya sekedar memutar badan ke kiri dan kanan sembari duduk di atas kursi. Anda bisa melakukan kegiatan ini dalam waktu beberapa saat, hingga rasa kantung menghilang.

cara menghilangkan ngantuk saat kerja istirahat

6. Tidak Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama pada satu tempat dengan posisi yang sama, bisa memicu rasa kantuk. Padahal, kegiatan ini sering dilakukan oleh Anda yang bekerja di kantor. Untuk mengusir rasa kantuk di jam kerja, sangat disarankan sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain. Sehingga peredaran darah bisa mengalir dengan baik. Ketika peredaran darah berjalan dengan baik, maka tubuh akan terasa lebih segar dan kantuk akan berkurang.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengusir rasa kantuk yang sering muncul di jam kerja. Meskipun cara tersebut efektif untuk menghilangkan kantuk, namun efeknya hanya untuk jangka pendek. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika melakukan perubahan gaya hidup, sehingga tubuh akan terasa segar sepanjang waktu dan tidak mudah mengantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *