Welcome
Varian Bir Ternama Dunia Guinness anda

Varian Bir Ternama Dunia

Bir merupakan jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia selain kopi dan teh. Dalam pembuatan minuman ini, bahan yang kerap kali digunakan adalah ragi,, gandung, hops dan air. Guna memberikan rasa yang berbeda kepada masyarakat, produsen bir menciptakan bir dengan kandungan alkohol yang beragam. Guinness sendiri merupakan salah satu merk bir ternama dunia yang memiliki warna gelap. Bir tersebut juga memiliki rasa yang memiliki kemiripan dengan rasa kopi. Jika kita menghirup bir tersebut, minuman yang mengandung alkohol ini memiliki aroma yang khas. Bir yang berasal dari Irlandia ini juga dapat menciptakan buih yang kental pada bagian atas bir melalui proses penuangan.

Bir yang pertama kali diperkenalkan sejak tahun 1759 ini telah memproduksi bir dengan varian yang berbeda-beda. Hingga kini, ada tiga varian bir yang telah dipasarkan di seluruh dunia. Ketiga bir tersebut antara lain:

1.Extra stout

Merupakan jenis bir pertama yang produsen perkenalkan dan diedarkan di seluruh dunia. Extra stout sendiri merupakan bir berwarna coklat kehitaman yang kaya akan aroma coklat. Ketika menelan bir, peminum akan merasakan rasa pahit yang menyenangkan.

Varian Bir Ternama Dunia Guinness ini

2.Draught

Bir jenis ini memiliki aroma yang kuat karena bir ditempatkan langsung pada sebuah tong. Bir kemudian akan disalurkan dengan pipa keran dan langsung disajikan ke dalam gelas. Karena disajikan melalui tong berukuran besar, bir hanya dapat dinikmarti langsung di tempat-tempat penjualan bir.

3.Foreign extra stout

Bir yang dibuat dengan gandum pilihan dan hops ini memiliki rasa pahit yang seimbang. Kesegaran yang alami dan kaya akan rasa menjadi ciri umum yang dihadirkan oleh bir buatan Guinness ini. Jika dilihat dari rasanya, bir tidak terasa terlalu pahit dan dapat dinikmati oleh seorang pemula.

Proses pembuatan bir berbeda dengan proses pembuatan minuman bersoda. Banyak proses yang harus dilalui guna menghasilkan produk bir yang berkualitas. Tahap pertama pembuatan bir adalah penggilingan. Barley yang merupakan salah satu bahan pembuat bir ini akan dihancurkan sehingga menghasilkan tepung. Bulir barley kemudian digiling sehingga berubah menjadi grist. Setelah digiling, langkah selanjutnya adalah melalui proses penggerusan. Pada proses ini, grist akan dicampurkan dengan menggunakan air yang panas. Setelah itu, proses penyaringan dilakukan dengan menggunaka penggerus baja. Tidak hanya itu, dibawah ini merupakan proses pembuatan bir lainnya yang perlu untuk diketahui:

Varian Bir Ternama Dunia Guinness itu

a.Tahap ketiga pembuatan bir adalah pemisahan. Pemisahan dilakukan pada gentong raksasa. Selama proses pemisahan, gentong akan menghasilkan cairan yang dikenal dengan nama wort.

b.Jika tahap pemisahan telah selesai dilakukan, tahap berikutnya adalah pendidihan. Pada proses ini terjadi penambahan bunga hops ke dalam wort yang mendidih.

c.Pada tahap fermentasi, wort didiamkan terlebih dahulu dan akan dialirkan pada mesin pendingin.

d.Tahap penyempurnaan merupakan tahap pembuatan bir dengan mengubah gula menjadi gas karbondioksida dan gula. Tahap penyempurnaan perlu diperhatikan dengan seksama sehingga bahan pembuat bir dapat menghasilkan keseimbangan rasa yang diharapkan.

e.Tahap terakhir pembuatan bir adalah tahap pengemasan

Menjadi minuman yang mengandung alkohol, tidak semua pihak dapat mengkonsumsi minuman bir. Hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengkonsumsinya. Mereka yang dapat meminum minuman bir juga harus dibatasi jumlahnya. Tujuannya, agar bir tidak menimbulkan hal-hal yang diinginkan dan mengganggu kesehatan tubuh para penikmatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *