Welcome
semangat bisa Meningkatkan Energi

Tubuh Mudah Lesu? Pilih 7 Sumber Makanan untuk Meningkatkan Energi

Tidak semua makanan membuat anda kembali bertenaga, setelah kelelahan akibat beraktivitas. Beberapa jenis makanan justru membuat tubuh anda mudah lesu, alhasil pekerjaan tidak produktif. Hal ini disebabkan oleh pemilihan sumber makanan yang kurang baik. Anda memerlukan asupan untuk meningkatkan energi, sehingga tubuh lebih bersemangat. Lalu apa saja rekomendasi makanan penambah energi? Simak ulasannya.

Sumber Makanan Penghasil Energi untuk Tubuh

1. Sayuran Hijau

Jika membahas sumber nutrisi untuk tubuh, pasti tidak melewatkan jenis sayuran. Bagi kesehatan tubuh penting mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung. Zat hijau sayur menyediakan vitamin B, untuk memproduksi energi dan serotin. Terdapat juga mineral dan fitokimia yang berfungsi untuk memulihkan energi. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 400 kilogram sehari, atau satu setengah cangkir bayam.

menu makanan sehat sehari hari bisa Meningkatkan Energi

2. Kacang Hitam

Kandungan zat besi dalam kacang hitam, diklaim mampu memulihkan energi lebih cepat. Komponen hemoglobin dalam darah akan terbantu, dengan adanya zat besi pembawa oksigen dalam tubuh. ketika kadar zat besi turun maka tubuh mudah kelelahan, dan mengganggu daya konsentrasi. Fatalnya anda mengalami gangguan tidur yang bisa memicu depresi. Kacang hitam bagus dikonsumsi anak-anak dan perempuan remaja, untuk memperlancar haid.

3. Biji-bijian

Jenis biji labu dan bunga matahari cukup sempurna untuk meningkatkan energi. Dalam satu sajian kemasan, kandungannya setara dengan 9 gram protein. Tubuh akan lebih berenergi dan lebih semangat dalam menjalani aktivitas. Kebiasaan rutin mengonsumsi biji-bijian akab bermanfaat, untuk meluruhkan lemak tidak jenuh tunggal. Jadi tidak beresiko mengalami obesitas, meskipun porsi konsumsi banyak.

4. Roti Gandum dan Oat

Mengonsumsi gandum murni lebih baik daripada roti tawar putih, karena tidak mengandung glukosa. Oleh karena itu sering dipilh sebagai makanan diet, sebab mampu menstabilkan kadar gula darah. Gandum memproduksi karbohidrat lebih banyak, untuk menambah energi di kala tubuh lesu. Sedangkan oatmeal sebagai makanan pokok, karena kandungan serat bernama beta-glukan dapat mengontrol gula darah.

5. Coklat

Coklat hitam mengandung magnesium yang luar biasa, untuk meningkatkan sumber energi. Kandungan flavonol dalam cokelat, mampu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah. Apabila dikonsumsi secara rutin akan membantu tubuh, untuk lebih bertenaga kembali. Tidak ada coklat khusus yang harus dikonsumsi, anda bisa membelinya di toko terdekat. Dengan begitu tubuh bisa kembali beraktivitas, dan daya konsentrasi meningkat lebih cepat.

rajin berolah raga cara meningkatkan energi tubuh

6. Teh Hijau dan Kopi

Mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang, akan memberikan dorongan energi secara alami. Pada teh hijau dan kopi sumber energi baru dapat memproduksi energi. Bagi anda yang merasa kelelahan disarankan, untuk mengonsumsi salah satunya. Campuran kafein dan mineral yang baik, akan membuat tubuh lebih bugar dibandingkan sebelumnya. Selain itu fokus anda akan meningkat beberapa kali lipat.

7. Buah Lemon

Setiap pagi anda disarankan meminum air remasan lemon, untuk menambah energi harian. Per satu buah lemon menghasilkan 40 persen, dari kebutuhan vitamin C harian. Buah lemon memiliki kalori yang rendah, jika mengonsumsi dalam jumlah banyak tidak menyebabkan obesitas. Namun harap waspada untuk penderita asam lambung, tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya. Karena bisa meningkatkan kadar asam dan mengganggu pencernaan.

Jika anda merasakan tubuh mudah lesu setelah beraktivitas, penyebabnya kekurangan karbohidrat. Sebagai solusinya anda perlu menambah asupan energi, melalui sumber makanan yang menyehatkan tubuh. Dengan begitu energi dalam tubuh akan meningkat, dan tubuh kembali bersemangat. Beberapa rekomendasi makanan tersebut, akan memenuhi kebutuhan energi harian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *