Welcome
merawat knalpot motor chrome clean

Tips Merawat Knalpot pada Motor Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Knalpot adalah bagian pembuangan pada motor. Tugas knalpot yaitu mengeluarkan sisa-sisa gas emisi untuk dikeluarkan. Jika tidak berfungsi dengan baik, lambat laun akan berdampak pada mesin motor. Salah satu faktor yang membuat knalpot tidak awet adalah karat. Oleh karena itu, anda harus mengetahui bagaimana cara merawat knalpot motor yang baik dan benar agar knalpot motor anda lebih awet dan tahan lama. Jika knalpot anda sudah berkarat maka akan mudah terjadi kebocoran. Pada kasus ini biasanya tidak ada pilihan lain selain menganti knalpot anda. Untuk menghindarinya, berikut cara merawat knalpot pada motor.

Saat musim hujan tiba, anda harus bekerja ekstra untuk merawat motor. Terutama setelah motor anda kehujanan. Air hujan mengandung tingkat senyawa asam yang tinggi, senyawa ini tidak ramah pada besi, seperti yang ditemukan pada bahan knalpot. Bagian yang paling rentan terkena karat adalah leher knalpot. Oleh karena itu, setelah motor kehujanan anda sebaiknya membilasnya dengan air bersih dan mengeringkan sisa-sisa air dengan kain. Jika leher knalpot sudah terlanjur berkarat, anda tidak perlu khawatir. Segera hilangkan karat dengan cara menggosok menggunakan sikat kawat. Kawat yang terlanjur tebal bisa membuat knalpot berlubang. Bagaimanapun juga, pasti merepotkan jika anda harus melakukan hal tersebut terus-menerus. Cara termudah adalah dengan menghindari air hujan, anda bisa memarkirkan motor di tempat yang teduh dan tidak berkendara selama hujan kecuali ketika sangat terpaksa.

merawat knalpot motor Ngebul

Perawatan lain yang bisa anda lakukan adalah mengolesi knalpot dengan oli. Perlu diingat bahwa yang diolesi di sini bukan bagian dalam knalpot, melainkan bagian luarnya seperti leher. Bagian luar knalpot lebih rentan terkena karat. Cara mengolesi oli sangat mudah, pertama-tama nyalakan mesin motor hingga panas. Jika sudah anda bisa mengoleskan oli di bagian luar knalpot terutama leher. Oli akan bereaksi dengan mesin motor yang panas. Hal tersebut bisa melelehkan karat pada knalpot. Perawatan knalpot selanjutnya adalah dengan memastikan drainase knalpot tidak tersumbat. Komponen ini yang membuat bagian dalam knalpot tetap kering. Ketika knalpot kemasukan air, drainase bertugas mengeluarkan air di dalam knalpot. Cara mengetahui apakah drainase knalpot tersumbat atau tidak sangat mudah. Masukkan lidi ke dalam knalpot, jika tidak ada halangan maka drainase baik-baik saja. Namun, jika lidi tidak bisa masuk besar kemungkinan drainase tersumbat. Hal ini tidak bisa dibiarkan karena bagian dalam knalpot tergenang air dan memiliki potensi tinggi mengalami korosi.

merawat knalpot motor

Permasalahan yang kerap ditemukan pada knalpot yang tidak terawat adalah terjadinya kebocoran. Bagaimana anda bisa mengetahui bahwa knalpot anda bocor? Knalpot bocor umumnya memiliki suara yang lebih berisik. Hal ini menimbulkan kerugian seperti bensin lebih boros dan juga masalah kesehatan karena molekul yang keluar dari knalpot bocor tidak tersaring dengan baik dan membahayakan kesehatan. Cara pertama untuk mengatasi knalpot bocor adalah menambalnya dengan pelat galvanis. Namun, jika menggunakan cara ini knalpot masih bisa mengalami kebocoran sewaktu-waktu. Jika anda memiliki dana lebih, anda bisa mengganti bagian knalpot yang bocor. Misal, bagian yang bocor adalah pipa tengah, anda bisa ke bengkel dan menggantinya dengan pipa tengah yang baru. Kesimpulannya, meski knalpot terlihat sepele jika tidak terawat dengan baik bisa mempengaruhi kinerja mesin motor. Praktekkan cara merawat knalpot motor di atas dan knalpot anda akan lebih awet dari yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *