Welcome
Tidak Hanya Menyegarkan, Inilah Manfaat Mandi Pagi yang Harus Diketahui ini

Tidak Hanya Menyegarkan, Inilah Manfaat Mandi Pagi yang Harus Diketahui

Mandi merupakan kegiatan membersihkan tubuh agar lebih segar dan wangi. Umumnya orang melakukan mandi pada pagi hari dan sore hari. Mandi di pagi hari biasanya dilakukan sebelum melakukan aktivitas yang lain, seperti sekolah, bekerja, kuliah maupun jalan-jalan. Namun, tidak semua orang menyukai mandi saat pagi hari. Hal ini karena ketika pagi, suhu air di kamar mandi masih dingin. Padahal manfaat mandi pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Mandi Saat Pagi bagi Tubuh

1. Membuat Sirkulasi Darah Menjadi Lancar

Meskipun air di pagi hari cukup dingin, namun mandi di saat tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Tubuh yang terkena air dingin akan merespon arteri untuk mengalirkan darah dengan baik dan lancar. Tidak hanya itu, air dingin di pagi hari bisa menurunkan tekanan darah, serta membuat daya tahan tubuh menjadi lebih meningkat. Jika anda termasuk orang yang malas mandi di pagi hari, sebaiknya anda merubah kebiasaan ini.

Tidak Hanya Menyegarkan, Inilah Manfaat Mandi Pagi yang Harus Diketahui itu

2. Dapat Mengurangi Stres

Apa hubungannya air yang dingin dengan stres? Ternyata mandi yang dilakukan pada pagi hari bisa menyebabkan antioksidan gluthatione bekerja secara aktif. Antioksidan ini berperan dalam melawan stres yang akan menyerang tubuh. Selain karena adanya antioksidan tersebut, air yang dingin juga akan memberikan sensasi yang mneyegarkan sehingga mampu menghadirkan efek yang menenangkan pada pikiran.

3. Meningkatkan Fungsi Kerja Jantung

Mungkin mendengar kata air yang dingin saja, membuat anda merasa malas untuk mandi. Namun manfaat mandi pagi ternyata bisa meningkatkan kinerja jantung. Hal ini karena ketika tubuh terasa kedinginan, maka tubuh akan merespon hal tersebut dengan mencari udara hangat yang ada di luar. Hal ini tentunya akan membuat kadar oksigen di dalam tubuh meningkat sehingga pasokan oksigen tercukupi dan kerja jantung akan semakin maksimal.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata mandi saat pagi hari sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karena, air dingin yang menyentuh kulit bisa meningkatkan elastisitas kulit. Tidak hanya itu, air dingin juga akan menutup pori-pori wajah sehingga tidak mudah kemasukan debu atau kotoran. Tidak hanya menjaga kesehatan kulit wajah, air dingin juga sangat baik untuk kesehatan kulit kepala dan memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah mengalami rontok.

5. Menjaga Berat Tubuh

Mandi dengan air yang dingin bisa membantu anda yang sedang menjalani program diet. Air yang dingin bisa menyebabkan penurunan berat badan. Kelebihan berat umumnya disebabkan karena konsumsi lemak yang berlebih. Sedangkan, ketika tubuh terkena air dingin, maka akan ada respon untuk memecah kelebihan lemak yang ada di dalam tubuh menjadi energi panas. Mandi secara rutin bisa membantu mengatasi berat badan yang berlebih.

Tidak Hanya Menyegarkan, Inilah Manfaat Mandi Pagi yang Harus Diketahui

6. Menghilangkan Rasa Capek dan Pegal

Manfaat yang satu ini pastinya sudah dikenal oleh banyak orang. Mandi dengan air dingin bisa mengatasi rasa lelah. Jadi jangan malah berfikir keliru, bahwa mandi air dingin bisa menyebabkan masuk angin. Ketika kulit terkena air yang dingin dan segar maka rasa capek akan hilang dan berganti dengan rasa segar akibat air tersebut. Tubuh yang terasa segar akan membuat anda menjadi lebih semangat untuk melakukan aktivitas seperti bekerja dan kuliah.

Itulah keuntungan yang diperoleh saat anda mandi di pagi hari. Maka dari itu, jangan sampai malas untuk melakukannya. Jika anda tidak mandi, justru tubuh akan semakin lelah dan lengket. Kondisi ini akan membuat anda merasa risih dan gerah. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya aroma yang kurang sedap, sehingga menganggu teman di sekitar anda. Mandi saat pagi tidak akan terasa dingin jika anda sudah terbiasa melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *