Welcome
Gulung Tikar Virus Corona

Tak Hanya Gulung Tikar, Berikut Dampak Lain Dari Pandemi Covid-19

Adanya wabah virus Corona di Indonesia banyak memberikan dampak untuk semua orang, mulai dari dampak positif hingga dampak negatif yang merugikan banyak kalangan. Dikarenakan selama masa pandemi banyak sekali usaha yang harus vakum sementara waktu bahkan ada beberapa perusahaan yang sampai gulung tikar. Berikut simak penjelasan tentang dampak dari adanya pandemi Covid-19.

Dampak Negatif Pandemi Virus Corona

1. Penyalahgunaan Narkoba Dan Alkohol Meningkat

Kebebasan yang dibelenggu tak jarang menimbulkan tindakan buruk untuk mengusir kebosanan dan perasaan serta fisik yang terkurung seperti dalam penjara. Tiba-tiba semua orang ‘dipaksa’ untuk tetap berada di dalam rumah sehingga hal itu tentu menimbulkan kejenuhan yang luar biasa. Utamanya bagi mereka yang memang tidak bisa anteng dan berdiam diri di rumah, padahal masyarakat biasanya bebas beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan atau menjalankan pekerjaan,

Akibat dari adanya pandemi ini tak sedikit masyarakat yang merasa stress dan bahkan frustasi karena tidak dapat berkegiatan seperti biasanya. Salah satu dampak dari pandemi ini adalah penyalahgunaan narkoba dan alkohol, untuk sekedar menghabiskan waktu atau menghibur diri dalam kejenuhan yang belum bisa dipastikan akan berakhir kapan.

Gulung Tikar Virus Corona ini

2. Kepanikan Belanja Dan Kelangkaan Barang

Masyarakat kurang teredukasi dengan baik sehingga semakin hari kasus virus Corona di Indonesia semakin meningkat serta mengenai informasi terkait keganasan virus ini pun masih simpang siur, . Dan timbullah kepanikan yang sangat luar biasa di kalangan masyarakat. Apalagi pemerintah menghimbau untuk tetap berada di rumah, termasuk bagi mereka yang bekerja pun harus dirumahkan dalam arti bekerja dari rumah (work from home) untuk memutus rantai penyebaran virus.

Semua masyarakat ingin selamat dari pandemi Corona ini ditambah dengan anjuran tetap di rumah mengakibatkan panic buying. Sehingga banyak orang yang menimbun makan dan terjadi kelangkaan beberapa barang sebagai alat pelindung diri dari virus seperti masker, hand sanitizer, alkohol, dan lainnya. Kelangkaan barang ini menyebabkan harga barang-barang tersebut melonjak di pasaran.

Bukan hanya makanan pokok, namun berbagai vitamin dan suplemen juga ludes dan tidak tersedia lagi di rak-rak toko hingga apotik. Bahkan di Indonesia sendiri, rempah-rempah penunjang stamina seperti jahe, temu lawak, dan lainnya juga mengalami lonjakan harga akibat banyaknya permintaan sedangkan jumlah stok sangat minim dan terbatas.

Para tenaga medis merupakan garda terdepan dan akibat dari kelangkaan ini mereka tidak memakai alat pelindung yang lengkap dalam melawan peperangan ini. Kelangkaan berbagai barang yang menunjang kesehatan medis terjadi bahkan untuk beberapa peralatan medis seperti masker serta alat pelindung diri menunjukkan bahwa pemerintah tidak siap menghadapi pandemi virus Covid-19 ini. Akibatnya, banyak sekali tenaga medis yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona karena perlengkapan yang digunakan tidak memadai.

3. Banyak Perusahaan Yang Alami Kebangkrutan

Tak sedikit perusahaan yang harus gulung tikar sejak adanya pandemi virus Corona di Indonesia karena sudah tidak sanggup membayar karyawan dan juga tidak mendapatkan pemasukan. Banyak perusahaan yang melakukan PHK massal dan pengurangan jumlah tenaga kerja di perusahaannya karena minimnya pemasukan yang diperoleh. Adanya virus Corona ini memang banyak memberikan dampak buruk bagi sejumlah sektor industri.

Gulung Tikar Virus Corona bebas covid 19

4. Tenaga Medis Mengalami Kelelahan Fisik Dan Mental Yang Cukup Tinggi

Baik dokter maupun perawat mereka telah dibekali dengan pengetahuan dan memiliki keahlian, dan keterampilan yang mumpuni untuk mengatasi pasien-pasien yang terinfeksi virus corona. Mereka merupakan garda terdepan dalam ‘peperangan’ melawan virus corona. Para tenaga medis melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh jutaan orang awam diluar sana. Jumlah pasien yang positif Covid-19 semakin meningkat setiap harinya menuntut para tenaga medis untuk bekerja ekstra keras.

Hal ini jelas akan menimbulkan kelelahan yang cukup parah baik secara fisik maupun psikis. Mereka pun terancam mengalami stres, sakit hati, frustasi, bahkan depresi. Itulah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya pandemi Covid-19. Tak sedikit sektor usaha yang mengalami kerugian cukup besar hingga kebangkrutan. Meskipun saat ini sudah diterapkan new normal namun semua belum sepenuhnya kembali seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *