Welcome
cara memanaskan motor matic

Tak Boleh Asal, Berikut Cara Memanaskan Motor Matic Injeksi yang Benar

Saat ini teknologi injeksi sudah banyak digunakan pada motor matik seiring dengan adanya regulasi standar emisi Euro III. Namun perlu diketahui bahwa cara memanaskan motor matic injeksi berbeda dengan motor dengan mesin karburator. Akan tetapi masih banyak orang yang melakukan kebiasaan memanaskan mesin motor matik dengan cara lama. lantas bagaimana cara untuk memanaskan mesin motor matik injeksi yang benar? Yuk simak caranya disini.

Tunggu Lampu Indikator Berkelir Orange Pada Speedometer Mati

Hingga kini masih banyak pengguna motor injeksi yang langsung menyalakan mesin setelah kontak dihidupkan. Idealnya dalam memanaskan mesin injeksi adalah dengan menunggu lampu indikator injeksi yang biasanya berkelir orange pada speedometer, mati atau setelah engine check. Menghidupkan motor injeksi secara langsung setelah kontak dihidupkan tidak akan memunculkan masalah serius, namun untuk membuat mesin tetap awet ada baiknya tidak melakukan hal tersebut.

Jangan Langsung Menyalakan Mesin Saat Kontak Dalam Posisi On

Pada saat kontak motor sudah pada posisi “On”, maka ada baiknya jangan langsung nyalakan mesin motor. Pasalnya pompa bahan bakar belum bekerja seperti pada standar optimal mesin biasanya, sehingga diawal akan menyebabkan mesin motor tidak langsung bekerja di suhu yang optimal. Sehingga dapat diketahui bahwa sistem pada motor membutuhkan sedikit waktu untuk penyesuaian.

Tidak hanya itu jika mesin motor langsung saja dinyalakan setelah kontak diposisikan dalam posisi “On”, maka yang akan terjadi adalah penggunaan bahan bakar motor menjadi lebih banyak. Selain itu, jika kontak dalam posisi “On” kemudian langsung dinyalakan maka tenaga mesin tidak akan langsung bekerja dengan maksimal dan emisi gas yang dibuang akan jauh lebih tinggi.

Selain membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih banyak, langsung menyalakan mesin motor setelah kontak dalam posisi “On” juga bisa membuat motor matik sulit untuk dinyalakan. Hal tersebut dikarenakan mesin memerlukan waktu untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada. Oleh karena itu, agar mesin tetap awet maka ada baiknya menggunakan cara memanaskan motor matic injeksi yang benar dan tepat.

Tunggulah Beberapa Detik Sebelum Menyalakan Mesin Motor Matik Injeksi

Perlu dipahami dan diketahui bahwa mesin motor matik dengan teknologi injeksi memiliki sistem yang dapat menyimpan data pada saat motor dimatikan atau kontak dalam posisi off. Oleh karena itu, saat motor dihidupkan kembali tanpa menunggu indikator mati akan membuat data yang lama atau data pada ketika dimatikan menjadi data yang akan digunakan pada saat itu.

Oleh karena, ada baiknya jika menunggu mesin motor beberapa detik terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin motor matik injeksi. Jika diibaratkan maka mesin injeksi pada motor itu seperti komputer, yakni setelah dinyalakan akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk melakukan loading terlebih dahulu. Menggunakan cara menyalakan motor matik teknologi injeksi dengan cara yang benar, maka akan membantu dalam merawat mesin motor untuk lebih awet.

Jangan Panaskan Mesin Lebih Dari Satu Menit

Kebanyakan pengguna mesin motor injeksi masih memanaskan mesin motornya seperti pada saat memanaskan mesin motor karburator. Padahal mesin dengan teknologi injeksi tidak boleh dipanaskan terlalu lama. Hanya butuh waktu kurang dari 3 menit, maka oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Lebih idealnya lagi, mesin motor injeksi hanya butuh satu menit untuk proses pemanasan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan memanaskan mesin motor matik yang menggunakan teknologi injeksi. Memanaskan mesin dengan cara yang benar dan tepat sangat penting untuk membantu merawat mesin motor agar awet dan tahan lama. Mesin motor injeksi tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk dipanasi, bahkan tanpa dipanasi motor sudah bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *