Welcome
Arti Follow Up ini notes

Sudah Tahukah Arti Follow Up? Simak Ulasan dan Cara Mengaplikasikannya Di Sini

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan istilah follow up. Frasa tersebut memang bahasa asing, tetapi sering digunakan oleh penutur bahasa Indonesia baik dalam percakapan langsung maupun tidak langsung. Sebagai penutur bahasa Indonesia alangkah baiknya mengetahui padanan kata tersebut dalam bahasa Indonesia dan mengetahui cara menggunakannya. Berikut ulasan tentang arti follow up dan cara mengaplikasikannya.

Padanan Kata Follow Up dalam Bahasa Indonesia

Follow up merupakan bahasa Inggris yang kemudian dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki padanan kata ‘tindak lanjut’. Tindak lanjut ini dapat dilakukan oleh seseorang setelah melakukan presentasi, memperkenalkan bisnis atau produk kepada orang lain. Kemudian perlu dilakukan tindak lanjut untuk menanyakan ketertarikan orang tersebut dengan produk yang ditawarkan, lalu akan berakhir dengan transaksi jual beli atau kerja sama.

Bahasa Indonesia arti Follow Up Untuk Yakinkan Prospek

Frasa ini memang lebih banyak digunakan sehingga lebih sering didengar oleh masyarakat luas, bahkan penutur asli bahasa Indonesia pun banyak yang menggunakan kata dalam bahasa asing ini daripada tindak lanjut. Frasa asing ini dinilai lebih simple dan mudah untuk digunakan serta telah banyak diketahui oleh orang sehingga tidak perlu ada penjelasan ulang mengenai maksud dari penutur yang membicarakan tentang frasa tersebut.

Cara Mengaplikasikan ‘Follow Up’

Setelah memperkenalkan suatu produk, baik barang maupaun jasa, sebaiknya melakukan tindak lanjut kepada orang terkait, baik yang berperan sebagai pelanggan maupun mitra yang akan bekerja sama dengan perusahaan. Follow up diharapkan akan mendapatkan respon atas presentasi atau promosi yang telah dilakukan. Tindak lanjut ini sebaiknya tidak mengganggu kenyamanan orang terkait sehingga diperlukan beberapa cara agar hasil yang diharapkan maksimal.

Pertama, dapat dilakukan melalui telepon. Pebisnis atau pemasar yang telah melakukan proses pemasaran dengan cara presentasi face to face dapat memberi jeda beberapa hari. Kemudian dapat melakukan tindak lanjut melalui telepon untuk menanyakan prosepek yang akan dilakukan. Orang terkait dapat memberikan respon setelah beberapa hari memikirkan penawaran yang diajukan. Setelah itu, kerja sama atau penawaran dapat dilanjutkan jika jawaban yang diberikan positif.

Cara Mengaplikasikan Arti Follow Up

Kedua, cara yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban dari orang terkait yang telah ditemui langsung adalah melalui SMS atau email. Pebisnis atau pemasar dapat mengirimkan pesan singkat atau mengirim pesan elektronik yang berisi menanyakan tindak lanjut dari presentasi yang telah dilakukan. Kemudian orang terkait dapat memberikan balasan secara langsung atau pebisnis harus menunggu beberapa hari. Yang harus diperhatikan jangan melakukan spam kepada orang terkait.

Ketiga, tindak lanjut dapat dilakukan dengan pertemuan langsung. Setelah melakukan presentasi mengenai suatu produk di depan calon mitra, pebisnis atau pemasar dapat memberikan jeda beberapa hari. Kemudian melakukan janji untuk bertemu dengan orang terkait untuk menanyakan tindak lanjut atau prospek dari presentasi yang telah dilakukan. Sama halnya dengan dua cara sebelumnya, jika tanggapan orang terkait positif, maka dapat dilakukan kerja sama.

Cara ketiga ini dinilai lebih efektif dalam melakukan proses tindak lanjut dari dua cara sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan pertemuan langsung dapat menciptkan suasana yang lebih santai dan akrab. Kemudian terjadi percakapan yang menarik ditambah pebisnis atau pemasar dapat sekali lagi meyakinkan calon mitra sehingga menciptakan peluang terjadinya kerja sama lebih besar. Jika awalnya prospeknya negatif, setelah pertemuan langsung ini dapat diubah menjadi positif.

Proses memasarkan suatu produk memang tidak mudah. Dibutuhkan orang yang ahli dalam mempersuasi calon mitra dan orang yang kreatif mengenai ide pemasaran. Presentasi yang dilakukan di depan calon mitra pun harus menarik dan meyakinkan, sehingga mempermudah proses tindak lanjut untuk menarik calon mitra lebih banyak. Dengan kecakapan berbicara, pemasar dapat meraih peluang lebih besar ditambah ditambah dengan menerapkan tiga cara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *