Welcome
perkiraan biaya melahirkan

Sudah Tahu Biaya Melahirkan Di Bidan? Simak Ulasannya Disini!

Menjelang proses persalinan, maka anda pun nantinya akan banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan. Mulai dari perlengkapan dari si kecil dan persiapan dana yang mesti anda keluarkan untuk proses melahirkan. Untuk itu, bagi anda yang masih bingung, maka anda pun bisa menyimak ulasan berikut ini. Pasalnya, kali ini akan dibahas mengenai perkiraan biaya yang harus anda keluarkan ketika ingin melahirkan di bidan. Berikut simak ulasannya.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Perkiraan Biaya Untuk Melahirkan

1. Biaya Persalinan Di Bidan Dengan Menggunakan BPJS

Bagi anda yang memiliki kartu BPJS, maka anda pun juga bisa menggunakannya ketika ingin melahirkan di bidan. Dengan memanfaatkan BPJS Kesehatan, maka anda pun bisa melakukan persalinan di bidan yakni melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama atau dengan mengunjungi puskesmas. Untuk tarifnya yang ditetapkan oleh Permenkes No 59 tahun 2014 tentang standar tarif Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN, maka biaya untuk persalinan normal di puskesmas yakni 600 ribu rupiah.

Selain itu, biaya melahirkan ini juga ditambah dengan tindakan lain yang mungkin anda terima selama proses persalinan. Biaya tambahan tersebtu diantaranya adalah seperti pemeriksaan kehamilan yakni sekitar 25 ribu rupiah. Sedangkan untuk penanganan pendarahan pasca keguguran ataupun untuk tindakan emergency dasar yakni membutuhkan biaya sekitar 750 ribu rupiah.

Anda pun perlu memperhatikan ketika telah menggunakan BPJS Kesehatan, maka sesuai dengan aturan pasien tidak boleh dikenakan biaya tambahan. Hal ini ditentukan ketika pasien telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan atau pasien tidak naik kelas perawatan. Namun, bagi anda yang ingin untuk menggunakan fasilitas kesehatan satu ini, maka anda pun perlu untuk menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP, Kartu BPJS dan juga Kartu Keluarga.

2. Rata Rata Biaya Persalinan di Bidan

Perlu anda ketahui bahwa biaya untuk melahirkan di bidan akan cenderung lebih terjangkau dibandingkan ketika anda melahirkan di rumah sakit atau dengan dokter kandungam. Hal ini dikarenakan biasanya tindakan penanganan di bidan lebih terbatas. Sehingga terdapat beberapa tindakan medis lain yang berada di luar kemampuan bidan akan dirujuk ke dokter kandungan. Namun, ketika anda melakukan proses persalinan di bidan maka hal ini akan cukup bagus.

perkiraan biaya melahirkan anda

Terutama bagi sisi psikologis yang anda rasakan. Selain itu, bidan sendiri memiliki latar belakang pendidikan yang juga melatih tindakan untuk persalinan secara normal. Untuk itu, bila anda selama pemeriksaan kehamilan tidak mengalami masalah kesehatan apapun, maka anda pun bisa untuk melahirkan dan melakukan proses persalinan melalui bidan.

Untuk biaya melahirkan yang perlu anda keluarkan ketika ingin melahirkan di bidan ini, maka bagi anda yang ingin melalukan persalinan normal di Puskesmas, maka nantinya akan diberikan biaya yakni sekitar 600 ribu rupiah. Sedangkan bagi anda yang menginginkan melahirkan di rumah sakit umum kelas D yakni akan dikenakan biaya persalinan normal rata rata yakni sekitar 600 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Selain di puskesmas dan rumah sakit tingkat D, maka anda pun bisa melahirkan di klinik persalinan dan juga rumah sakit swasta yang menyediakan proses persalinan dengan menggunakan bidan. Untuk salah satu rumah sakit swasta di Jakarta, maka rata rata biaya untuk melahirkan dengan menggunakan bidan yakni sekitar 6,2 juta rupiah hingga 13 juta. Untuk itu, anda pun perlu untuk mempersiapkan dana untuk melahirkan sejak dini selain mempersiapkan perlengkapan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *