Welcome
Sudah Tahu Apa Saja Faktor Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Simak Disini

Sudah Tahu Apa Saja Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal? Simak Disini

Apakah struktur modal itu? Struktur modal adalah perbandingan modal asing dan modal sendiri. Modal asing adalah hutang jangka panjang dan jangka pendek. Sedangkan modal sendiri adalah laba ditahan dan penyertaan kepemilikan perusahaan. Hal ini merupakan masalah yang terpenting bagi perusahaan karena akan berefek langsung pada posisi finansial perusahaan. Dalam penetapnnya, harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal tersebut.

Faktor yang mempengaruhi struktur modal

1. Struktur Aktiva

Struktur aktiva adalah perbandingan antara aktiva tetap dengan aktiva tetap dengan total aktiva yang dimiliki perusahaan yang dapat menentukan besarnya alokasi dana untuk masing-masing komponen aktiva. perusahan ativa tetap mengutamakan pemenuhan modal dari modal permanen yaitu modal sendiri, sedangkan hutang hanya bersifat sebagai pelengkap. Perusaan yang semakin besar aktivanya dan terdiri dari aktiva lancar akan cenderung mengutamakan pemenuhan kebutuhan dana dengan hutang.

Sudah Tahu Apa Saja Faktor Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Simak Disini nih

2. Growth opportunity

Growth opportunity adalah peluang pertumbuhan perusaan di masa yang akan datang. Faktor ini adalah kesempatan perusahaan untuk melakukan investasi pada hal-hal yang menguntungkan. Growth opportunity yang dimaksud adalah penggabungan hubungan negatif dengan leverage, yang mana jika laverage suatu perusahaan tinggi maka kesempatan untuk investasi akan lebih baik dan menguntungkan.

Perusahaan yang memprediksi akan mengalami pertumbuhan pesat di masa mendatang akan cenderung memilih menggunakan saham untuk mendanai operasional perusahaan. Sebaliknya, jika perusahaan memperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang rendah mereka akan berupaya membagi risiko dengan para kreditur melalui penerbitan hutang jangka panjang. Dengan demikian, perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tinggi akan lebih banyak menggunakan hutang.

3. Profitabilitas

Salah satu yang menarik bagi pemilik usaha atau pemegang saham dalam suatu perusahaan tertentu adalah profitabilitas. Profitabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu pada tingkat penjualan, asset dan modal saham tertentu. Profitabilitas dapat dinilai melalui berbagai cara tergantung pada laba dan aktiva atau modal yang akan dibandingkan satu dengan lainnya.

Perusahaan dengan profitabilitas yang tinggi akan memiliki dana internal yang lebih banyak dari pada perusahaan dengan profitabilitas rendah. Profitabilitas yang tinggi membuat sebuah perusahaan mampu untuk membiayai mayoritas kebutuhan keuangan mereka dengan dana yang dihasilkan secara internal, hal ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap struktur permodalan suatu perusahaan.

5. Ukuran Perusahaan

Ukuran perusahaan adalah skala perusahaan yang dapat dilihat dari total aktiva pada akhir tahun. Perusahaan yang besar cenderung akan melakukan diversifikasi usaha yang lebih banyak. Sehingga kemungkinan kegagalan juga akan semakin besar. Ukuran perusahaan sering dijadikan indikator kemungkinan terjadinya kebangkrutan. Dibalik kemungkinan kebangkrutan itu, perusahaan yang besar juga dipandang lebih mampu menghadapi krisis dalam menjalankan usahanya

Sudah Tahu Apa Saja Faktor Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Simak Disini itu

6. Risiko Bisnis

Risiko bisnis adalah kemungkinan yang gagal dalam operasi organisasi dan lingkungan yang dapat mengganggu kemampuan organisasi untuk mengembalikan investasi. Halini juga berpengaruh terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan.Ada dua faktor risiko bisnis yakni faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal memiliki kecenderungan yang lebih dominan. Jika hal ini terjadi makan kemungkinan menarik investor baru sangat terbatas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai struktur permodal. Dalam sebuah usaha, modal adalah unsur pokok yang perlu diperhatikan demi membangun dan mengembangkan usaha yang sedang anda geluti saat ini. Selain itu, perencanaan keuangan yang matang juga tak boleh disepelekan. Anda dapat melakukan perencanaan keuangan dengan menyusun laporan keuangan yang sangat berguna untuk memonitor langsung masuk dan keluarnya dana perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *