Welcome
Strategi Brand Development

Strategi Brand Development Bagi Suatu Produk

Agar suatu brand yang dimiliki sebuah perusahaan mempunyai ciri khas yang kuat sehingga mudah dikenali oleh target audiens atau target marketnya maka brand development strategy atau strategi branding product sangat penting bagi sebuah perusahaan tersebut.

Branding product merupakan strategi dalam menciptakan, membentuk dan memperkuat brand atau produk dari suatu perusahaan. Strategi dan tahapan dalam pengembangan brand dikategorikan dalam tahapan berikut ini!

Strategi Brand Development Bagi Perusahaan

Pahami keseluruhan strategi bisnis Anda

Salah satu aspek penting untuk membuat pertumbuhan usaha meningkat pesat adalah brand yang kuat dan terdiferensiasi dengan baik. Jika Anda paham tentang arah perusahaan Anda, maka brand yang Anda ciptakan akan membantu Anda mencapai semua tujuan bisnis yang sudah ditetapkan karena Anda pun tahu strategi apa yang harus Anda jalankan.

Strategi Brand Development Building Your Brand

Identifikasi target audiens Anda

Kenali sejak dini siapa saja yang akan menjadi target audiens atau target market Anda. Jika Anda mengatakan bahwa target market Anda adalah semua orang maka jawaban tersebut kurang tepat.

Hal ini didukung dengan beberapa penelitian yang menunjukkan secara jelas bahwa pertumbuhan dan perkembangan usaha akan meningkat pesat jika Anda tahu arah dan target marketnya secara jelas karena suatu brand pasti punya target market sendiri – sendiri mengingat kebutuhan orang dengan rentang usia yang berbeda pasti akan berbeda.

Semakin sempit fokus Anda terhadap target market yang Anda bidik maka pertumbuhan bisnis juga berpotensi semakin cepat. Sementara semakin beragam target market Anda maka hal ini berpotensi menyebabkan marketing effort yang tidak terarah.

Bangun brand positioning

Suatu positioning statement dari sebuah perusahaan atau brand biasanya terdiri atas tiga sampai dengan lima kalimat dan menangkap esensi posisi brand Anda. Jadi positioning statement harus Anda pikirkan sejak awal.

Hal ini harus didasarkan pada kenyataan bahwa Anda wajib memenuhi semua yang Anda janjikan dan ini harus aspiratif sehingga nantinya Anda akan punya sesuatu dalam bisnis Anda yang layak diperjuangkan.

Kembangkan nama, logo serta tagline produk Anda

Tidak semua produk harus berganti nama. Akan tetapi jika Anda merasa bahwa brand Anda sekarang ini sudah tidak sesuai dengan posisinya yang dulu maka yang perlu Anda lakukan adalah mengganti namanya agar relevan.

Strategi Brand Development

Dalam membuat suatu logo atau menggantinya pastikan agar Anda tidak melakukan kesalahan dengan menunjukkan logo baru kepada lingkungan internal dan menganggap apresiasi mereka adalah yang utama. Bukan demikian.

Logo Anda dan semua hal tentang brand Anda harus mengutamakan ilmu marketing dan psikologi customer dan jangan terlalu terpengaruh dengan lingkungan internal Anda.

Bangun strategi konten marketing Anda

Anda juga bisa menyebut bahwa langkah ini adalah marketing strategy dalam bisnis. Anda harus selalu ingat bahwa kekuatan brand di tengah – tengah pasar didorong oleh reputasi dan visibilitas. Oleh sebab itu meningkatkan visibilitas tanpa memperkuat reputasi tidaklah cukup.

Itulah salah satu alasannya mengapa awareness building dalam iklan tradisional seringkali mendapat hasil yang mengecewakan. Di sisi lain, konten marketing perlu meningkatkan visibilitas dan reputasi secara bersamaan sehingga dibandingkan iklan tradisional kebutuhan konten marketing jauh lebih tepat untuk menjadikan brand Anda relevan dengan audiens.

Itulah strategi dalam brand development yang perlu Anda tahu dan pahami. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *