Welcome
daging pindang tulang iga palembang

Selain Pempek, Ada Kuliner Apa Lagi di Palembang

Palembang ditunjuk menjadi salah satu kota menarik untuk dikunjungi, mengingat banyaknya destinasi wisata yang dimilikinya. Bukan hanya wisata alam ataupun wisata sejarahnya, ternyata Palembang juga terkenal akan masakannya yang begitu lezat. Bukan hanya populer akan kelezatan Pempek saja, sebab masih banyak kuliner khas Palembang lainnya seperti pindang tulang iga yang wajib Anda coba.

Daftar Kuliner Lezat Khas Palembang yang Wajib Anda Coba

1. Tekwan

Siapa yang tidak kenal dengan masakan khas Palembang satu ini ? Bakso khas Palembang ini terkenal akan rasanya yang begitu lezat dan siap membuat siapapun jatuh hati sejak mencicipinya. Dalam satu porsi mangkoknya terdiri dari mie putih, bakso yang terbuat dari olahan daging ikan, dan akan disiram menggunakan kuah bening yang terbuat dari sari kelapa, daun bawang, serta udang.

tekwan dan pindang tulang iga

Terkenal akan kelezatannya yang begitu menggugah selera, bahkan kini sudah banyak ditemukan pedagang yang menawarkan kuliner satu ini sebagai menu adalannya. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, namun tidak perlu khawatir isi kantong akan terkuras seketika. Dengan mengkonsumsi satu porsinya saja, dijamin berhasil memanjakan perut yang sedari tadi sudah berbunyi.

2. Celimpungan

Kuliner khas Palembang yang tidak kalah menarik untuk dicicipi adalah Celimpungan. Kuliner satu ini terbuat dari olahan daging ikan serta sagu, dan ditambahkan dengan aneka rempah pilihan untuk menghasilkan rasa yang luar biasa lezat. Sebelum disajikan di meja pelanggan, Celimpungan disiramkan dengan kuah kari kental yang berhasil menambah cita rasanya. Penambahan kuah kentalnya sendiri, dianggap menjadi keunikan yang tidak bisa ditemukan pada kuliner lainnya.

Celimpungan palembang pindang tulang iga

Berkat kelezatan rasanya, kuliner satu ini banyak disukai oleh berbagai kalangan. Sayangnya Celimpungan termasuk salah satu masakan yang cukup sulit ditemukan, sebab kuliner satu ini umumnya hanya disajikan saat hari lebaran saja. Jika memang tertarik mencicipi kelezatannya, silahkan kunjungi kota Palembang ketika hari raya Idul Fitri telah tiba. Selain mencicipi kelezatannya, Anda bisa mempererat tali persaudaraan dengan warga Palembang.

3. Pindang Patin

Disebut sebagai kuliner primadona khas Palembang yang memiliki banyak penggemar. Sebenarnya kuliner satu ini diolah dengan daging ikan patin dan disiramkan dengan kuah santan khas yang memiliki cita rasa manis, asam, pedas, namun juga gurih dalam satu waktu. Rasanya akan semakin lezat ketika disantap bersama dengan nasi putih hangat serta sambal mangga sebagai pelengkapnya.

Pindang Patin palembang pindang tulang iga

4. Mie Celor

Mie celor masuk dalam daftar kuliner khas Palembang yang wajib dicoba. Kerap diburu sebagai menu sarapan terbaik, dijamin satu porsinya membuat Anda lebih bersemangat menjalani hari. Mie Celor sendiri merupakan mie celup yang disiramkan dengan kuah kaldu santan yang cukup kental. Di bagian atasnya akan ditambahkan dengan telur rebus serta tauge sebagai pelengkapnya. Sedangkan rasa kuahnya yang legit, didapatkan dari bahan pembuatannya sendiri.

palembang classic mie celor dan pindang tulang iga

5. Pindang dari Tulang Iga Sapi

Jika dilihat sekilas, kuliner khas satu ini mengingatkan Anda dengan Pindang Patin. Hanya saja kuliner satu ini terbuat dari iga sapi yang diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan cita rasa tiada dua. Sorotan utama dari masakan satu ini, terletak pada kuahnya yang cukup pedas membakar lidah namun membuat siapapun ketagihan mengkonsumsinya. Ditawarkan dengan harga bersahabat, dijamin Anda tidak akan kecewa mencicipi Pindang Tulang Iga.

daging pindang tulang iga cabai rawit

Akulturasi budaya yang ada di Palembang, berhasil melahirkan sejumlah kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Tidak mengherankan jika kota yang mendapat julukan sebagai Venice of the East satu ini, kerap dijadikan sebagai tempat terbaik untuk berburu kuliner lezat. Mulai dari tekwan, pindang patin, celimpungan, mie celor, serta pindang yang terbuat dari tulang iga tampaknya bisa menjadi menu kuliner favorit usai mencicipinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *