Welcome
kumpulan resep masakan rawon daging bumbu instan

Resep Masakan Indonesia Terpopuler

Tahukah anda bahwa masakan khas Nusantara sangat digemari karena cita rasanya yang sangat khas? Tidak hanya populer di dalam negeri, bahkan masyarakat mancanegara pun sangat suka dengan masakan Indonesia ini. Beberapa daftar masakan Indonesia yang digemari oleh banyak orang memang memiliki resep yang cukup kompleks. Akan tetapi, kumpulan resep masakan ini dijamin mudah, cepat, dan rasanya enak untuk keluarga anda. Yuk intip ulasannya di bawah ini!

Resep Makanan Indonesia yang Wajib Anda Jajal

1. Rendang Daging Padang

Salah satu masakan Indonesia yang membuat orang ketagihan adalah rendang daging. Bahan yang anda butuhkan cukup sederhana, yaitu daging sapi yang dipotong kotak, santan kental, minyak goreng, dan air. Bumbu halus yang harus disiapkan, yaitu cabai merah, bawang merah, putih, kunyit, jahe, lengkuas, daun kunyit, serai, asam kandis, dan garam secukupnya. Anda dapat pakai penyedap ataupun tidak karena sesuai dengan selera.

kumpulan resep masakan rendang sapi khas padang

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama tumis semua bumbu yang telah anda siapkan hingga harum. Lalu masukkan daging dan aduk hingga warnanya berubah. Kedua masukkan dua daun kunyit, serai, dan asam kandis ke dalam masakan anda, lalu aduk secara perlahan lahan. Ketiga masukkan air dan masak hingga air menyusut sambil diaduk. Keempat masukkan santan dan masak dengan api sedang. Terakhir, biarkan daging empuk, kuah kering, dan berminyak.

2. Resep Membuat Rawon

Ciri khas dari masakan ini adalah keluwak yang aromanya sangat harum. Bahan yang harus anda siapkan, yaitu daging sapi agak berlemak, lengkuas, air, serai, daun salam, daun jeruk, minyak, dan daun bawang. Bumbu yang diperlukan, yaitu bawang merah dan putih, kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, keluwak tua yang sudah dikukus dan diambil isinya, garam secukupnya, dan tidak lupa cabai merah. Cabai merah ini opsional bergantung selera anda dan bisa dihilangkan.

Cara memasaknya cukup mudah, pertama masak daging di atas api kecil. Kedua masukkan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga daging empuk. Ketiga angkat daging dan saring air rebusannya. Keempat haluskan bumbu dan tumis hingga harum, lalu masukkan ke dalam kaldu daging. Kelima masaklah di atas api kecil dan cicipi hingga rasanya sesuai selera, lalu masukkan daun bawang. Jika sudah matang, sajikan rawon dan taburi tauge pendek di atasnya.

3. Resep Membuat Sate Ayam Madura

Makanan satu ini mudah untuk ditemukan, tetapi lebih afdol jika membuatnya sendiri. Siapkan ayam fillet, jeruk nipis, minyak goreng, bawang merah, kecap manis, dan nasi putih. Bumbu kacang yang harus disiapkan, yaitu bawang putih dan merah, kacang tanah yang sudah digoreng, air kaldu ayam, kemiri, dan garam secukupnya. Bumbu untuk sambal, antara lain cabai merah 15 buah, bawang putih 4 siung, minyak goreng, dan garam secukupnya.

kumpulan resep masakan Melegenda Resep Sate Ayam Spesial khas Madura

Cara memasak kumpulan resep masakan satu ini juga mudah, pertama membuat bumbu kacang dengan haluskan bumbu yang telah disiapkan. Lalu tumis bumbu kacang hingga halus hingga harum, masukkan air kaldu, dan masak hingga kental. Kedua campurkan bumbu kacang dengan kecap manis untuk bakar sate hingga setengah matang, lalu lakukan hingga dua kali. Bumbu sambal ditumis lalu diulek hingga halus dan tambahkan minyak goreng.

Ingin merasakan cita rasa masakan dari nusantara? Anda dapat melakukannya di rumah dengan budget yang minim dan porsi yang sesuai dengan keinginan. Resep makanan ini dapat anda jadikan inspirasi dalam memasak makanan di rumah bersama keluarga. Kreasikan masakan ini sesuai dengan keinginan dan selera anda, tanpa harus membeli makanan siap santap yang tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *