Welcome
BRI Teknologi Blog bri cabang

Progressive Web App dan Robot Chatbot Sabrina – Bentuk Peningkatan Layanan BRI untuk Nasabah

Di zaman yang identik dengan teknologi digital ini, semua pelayanan dilakukan menggunakan sistem yang terintegrasi. Sehingga, proses pelayanan yang dilakukan akan menjadi lebih cepat. Hampir semua bentuk layanan publik menggunakan prinsip ini. Salah satunya adalah layanan perbankan.

Beberapa bank telah mengubah sistem konvensional menjadi teknologi digital yang mampu menjangkau nasabah kapan saja dan dimana saja. Salah satu bank yang mengembangkan sistem tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank ini menjadi salah satu bank yang selalu memberikan inovasi di bidang digital. Informasi tentang inovasi yang ada pada BRI dapat diakses dengan menggunakan laman BRI Teknologi Blog. Beberapa contoh pelayanan dalam bentuk digital adalah Progressive Web App dan Robot Chatbot Sabrina. 

BRI Teknologi Blog

Secara umum, Progressive Web App (PWA) merupakan salah satu produk digital yang dapat menggabungkan website dan native app dalam satu layanan yang sama. Sehingga, para nasabah akan mendapatkan layanan seperti yang ada pada aplikasi tanpa harus ada keharusan untuk menginstal aplikasi tersebut. Layanan ini disediakan oleh BRI sejak tahun 2015. Penggunaan PWA tentu bukan tanpa alasan. Banyaknya lembaga yang menggunakan PWA termasuk BRI karena beberapa keuntungan yang ditawarkan seperti Fast, Installable, Reliable, dan Engaging. Fast merupakan keuntungan dari PWA yang menggambarkan bagaimana kecepatan akses yang dapat diperoleh oleh nasabah. Seperti yang telah diketahui, sebuah website yang memuat halaman dalam loading speed yang rendah tentu akan membuat para nasabah menjadi tidak sabaran. Akan tetapi, hal ini tidak terjadi pada PWA karena menyediakan sistem script service worker yang bisa memuat sebuah web layaknya aplikasi. Sehingga, para nasabah bisa mengakses halaman website dalam waktu yang sangat cepat. 

BRI Teknologi Blog TH BRI BLOG

Selain itu, para nasabah juga dapat menginstal PWA dalam ponsel yang mereka miliki. Untuk dapat menginstal PWA, nasabah tidak perlu mengunduhnya dari Google Play Store maupun App Store. Mereka bisa mengaksesnya dari website BRI dan menginstalnya secara langsung. Selain itu, nasabah yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas pada ponsel mereka juga tidak perlu khawatir karena PWA tidak akan menghabiskan banyak kapasitas penyimpanan ponsel. PWA juga menyediakan layanan cache controls yang dapat digunakan. Layanan ini memungkinkan para nasabah untuk bisa mengakses PWA meskipun tidak memiliki akses internet yang memadai. Selain itu, aplikasi web PWA juga dilengkapi dengan push notifications sehingga menghasilkan user experience yang mirip dengan yang ada di aplikasi biasa. Hal ini tentu akan memudahkan para nasabah yang ingin menggunakan PWA. 

Selain PWA, BRI Teknologi Blog juga menyediakan layanan Robot Chatbot Sabrina untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada para nasabah. Robot Chat Sabrina dibangun dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang digabungkan dengan Natural Language Processing (NLP). Hal ini memungkinkan Robot Chatbot Sabrina untuk memproses informasi yang diberikan oleh nasabah layaknya manusia yang berprofesi sebagai customer service. Oleh karena itu, Robot Chatbot Sabrina dapat membantu para nasabah dalam mengatasi kendala yang mereka alami. Sebagai contoh, nasabah yang ingin mengetahui KCP BRI paling dekat dapat menghubungi Robot Chatbot Sabrina. Nantinya, Robot Chatbot Sabrina akan memberikan informasi dimana KCP BRI paling dekat dan beberapa informasi tambahan lainnya. Layanan lainnya adalah pencatatan proses transaksi yang dilakukan oleh Robot Chatbot Sabrina. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *