Welcome
Social Distancing anda

Pentingnya Social Distancing Demi Cegah Penularan COVID-19

Hingga saat ini, penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru semakin menjadi-jadi. Di Indonesia sendiri, kasus baru Corona semakin melonjak naik per harinya sehingga terdapat beberapa kota yang lakukan PSBB kembali. Dalam upaya menangani wabah virus Corona yang semakin meluas, maka pemerintah menganjurkan untuk selalu jaga jarak atau pembatasan sosial. Berikut kenali apa itu social distancing dan cara menerapkannya.

Apa Itu Pembatasan Sosial ?

Pembatasan sosial adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah serta mengendalikan penyebaran virus Corona dengan menganjurkan semua orang untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Saat ini pemerintah telah mengganti pembatasan sosial menjadi physical distancing.

Social Distancing anda

Ketika menerapkan aturan pembatasan sosial maka seseorang tidak disarankan untuk berjabat tangan serta selalu menjaga jarak saat berada di keramaian dan saat berinteraksi dengan orang lain setidaknya 1 meter. Selain itu, ada beberapa beberapa contoh penerapan pembatasan sosial yang umum dilakukan seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah secara online, tidak mengunjungi orang yang sedang sakit dan menunda pertemuan yang melibatkan orang banyak.

Pembatasan Sosial dan Isolasi Mandiri

Ada istilah lain yang berkaitan dengan upaya pencegahan infeksi COVID-19 yaitu protokol isolasi secara mandiri. Isolasi mandiri merupakan protokol yang mewajibkan setiap orang untuk tetap tinggal didalam rumah atau tempat tinggal masing-masing dan melakukan upaya pembatasan fisik dengan orang lain. Pemerintah Indonesia menghimbau setiap orang untuk melakukan isolasi di rumah secara mandiri, namun beberapa protokol tertentu.

Protokol isolasi mandiri dilakukan dengan beberapa cara seperti tidak bepergian keluar rumah, hindari untuk berkumpul dengan banyak orang, gunakan peralatan makan atau mandi sendiri dan tidak bercampur dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu, disarankan untuk selalu gunakan masker saat ingin keluar rumah dan jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter, pantau suhu tubuh secara rutin,lakukan social distancing dan jalani perilaku hidup sehat.

Persiapan Untuk Melakukan Pembatasan Sosial

Anda mungkin sudah terbiasa beraktivitas, misalnya berbelanja tanpa perlu khawatir ramai atau tidaknya tempat yang anda kunjungi. Namun, pada masa pembatasan sosial seperti saat ini, hal tersebut harus direncanakan ulang. Pasalnya, berkunjung ke tempat ramai memiliki resiko besar untuk anda terjangkit virus Corona. Oleh sebab itu, ada baiknya anda merencanakan kegiatan dan menyusun rangkaian kegiatan yang akan anda lakukan diluar.

Social Distancing anda ini

Jika memang mengharuskan anda untuk datang ke tempat umum maka pilihlah waktu berkunjung di luar jam sibuk. Misalnya, ketika anda ingin membeli kebutuhan rumah di pasar atau pusat perbelanjaan, datanglah pada siang hari di hari biasa. Hindari untuk keluar rumah pada saat akhir pekan, karena pada saat itu pasti semua tempat ramai dan banyak sekali orang.

Selain membuat rencana kegiatan, hal lain yang bisa anda lakukan adalah menyediakan obat-obatan yang diperlukan. Jika anda menderita penyakit tertentu dan sedang dalam proses pemulihan maka pastikan anda memiliki persediaan obat yang cukup. Jika perlu, pasok obat-obatan lain juga agar anda tidak perlu pergi ke rumah sakit atau apotek ketika obat tersebut habis.

Jika anda berisiko tinggi tertular virus Corona dan mengalami demam yang disertai dengan sesak napas, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kesadaran anda dalam menjaga kebersihan dan menjalankan upaya pencegahan virus Corona memiliki peran penting dalam mengatasi wabah COVID-19. Mulailah menerapkan pembatasan sosial dari sekarang demi melindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *