Welcome
API pembayaran online bank atm automatic teller machines for money

Pentingnya API dalam Pembuatan Aplikasi Usaha Berbasis Internet

Pada dasarnya, berbagai teknologi diciptakan untuk memudahkan berbagai aktifitas masyarakat. Salah satu teknologi yang sangat membatu aktifitas keseharian masyarakat adalah internet. Ya, melalui teknologi internet maka berbagai aktifitas dapat dilakukan secara daring melalui berbagai perangkat elektronik seperti komputer, laptop, notebook hingga smartphone. Terlebih, teknologi internet sangat membantu aktifitas masyarakat di saat masa pandemi covid-19 yang masih berlanjut hingga sekarang.

Pasalnya, seluruh aktifitas diharuskan untuk dilakukan secara online dikediaman masing-masing agar terhindar dari risiko penularan virus yang mematikan tersebut. Kondisi inilah yang membuat banyak pelaku usaha untuk membuat situs maupun aplikasi agar bisa memasarkan produk barang dan jasanya melalui internet. Namun, sebelum memutuskan untuk membuat sebuah situs maupun aplkasi alangkah baiknya pelaku usaha memahami betapa pentingnya API. Lantas, apa pentingnya API dalam pembuatan situs maupun aplikasi ?. Simaklah jawabannya melalui ulasan menarik di bawah ini.

API pembayaran online BRI

Sebagai pembuka maka pelaku usaha yang ingin membuat aplikasi maupun situs harus memahami terlebih dahulu tentang API. Ya, Application Programming Interface (API) merupakan salah satu program aplikasi tatap muka yang bertugas untuk menghubungkan suatu aplikasi dengan aplikasi yang lain. Program aplikasi tersebut berisi kumpulan perintah atau instruksi dalam bentuk bahasa pemrogaman agar bisa berinteraksi dengan aplikasi lain. Apabila disederhanakan maka API berperan sebagai media penghubung antara aplikasi yang ingin dibuat oleh seorang pelaku usaha dengan aplikasi lainnya. Terlebih, program aplikasi tidak hanya mampu menjadi perantara aplikasi yang berasal dari platform yang sama saja, melainkan juga menjadi perantara aplikasi dari platform yang berbeda juga. Melalui penggunaan program aplikasi maka komunikasi dan sharing data dengan aplikasi lainnya menjadi semakin mudah dan cepat.

API pembayaran online

Semakin canggihnya teknologi informasi membuat semakin banyak pula penyedia layanan API. Salah satu penyedia yang sudah teruji kualtasnya adalah API pembayaran online dari Bank BRI. Ya, penyedia mampu menyajikan API yang sangat bermainfaat dalam proses pembuatan aplikasi maupun situs. Pelaku usaha dapat dengan mudah membuat aplikasi hanya dengan 4 tahapan saja yaitu registrasi, pembuatan aplikasi, verifikasi dan pengintegrasian. Terlebih, aplikasi pelaku usaha nantinya akan terintegrasi secara otomatis dengan BRIAPI untuk mempermudah proses transaksi. Aplikasi yang sidah terintegrasi dengan BRIAPI dapat menambahkan beberapa fitur sesuai dengan usaha yang dijalankan seperti transfer antar rekening bank BRI, transaksi dengan bank lain, BRI direct debit, BRIVA dan BRIZZI. Hadirnya berbagai fitur yang terintegrasi dengan aplikasi akan membuat usaha berkembang dengan pesat di era digital seperti sekarang sebab tidak bisa dipisahkan dari peran transaksi keuangan secara online. Selain itu, seluruh transaksi yang bekerja dengan api telah dilengkapi dengan sertifikasi keamanan berskala internasional sehingga mampu menjamin data keuangan akan terlindungi dengan baik.

Pentingnya peran API pembayaran online juga tercermin dari kemampuannya dalam meringankan kinerja server aplikasi. Ya, melalui penggunaan API maka server tidak perlu lagi menyimpan data dan informasi yang dibutuhkan oleh aplikasi. Pasalnya, server hanya perlu memberikan perintah kepada API untuk menelurusi data dan informasi terbaru yang dibutuhkan dari BRIAPI. Kondsi inilah yang membuat beban kerja server aplikasi usaha menjadi semakin ringan sehingga terhindar dari kendala server anjlok (down). Berkat kinerja server yang semakin ringan maka pengguna aplikasi dapat dengan mudah dan nyaman ketika ingin mengaksesnya. Selain itu, pembuat aplikasi dapat dengan leluasa melakukan penambahan maupun pengurangan integrasi dengan BRIAPI sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *