Welcome
bakso goreng tepung Rumahan crispy

Mudahnya Membuat Bakso Goreng Rumahan

Bakso merupakan salah satu kudapan berbentuk bulat yang disajikan dengan menggunakan kuah. Biasanya, bakso dibuat dengan menggunakan bahan daging sapi dan tepung. Proses pembuatan bakso kuah sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika kita merasa tertarik untuk membuat bakso di rumah, kita dapat membuat bakso goreng tepung. Menu makanan ini sangat tepat dibuat ketika kita merasa bosan untuk menyantap bakso berkuah. Bakso goreng sendiri menjadi makanan asal Jawa Timur yang cukup populer. Makanan ini memiliki tekstur lembut pada bagian dalamnya dan renyak pada bagian luarnya. Bakso goreng juga dapat kita santap dengan saos sambal atau saos tomat.

Membuat bakso goreng rumahan sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-tama, kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan pembuat bakso goreng rumahan antara lain daging ayam sebanyak 400 gr, 400 gr udang cincang, 1 buah wortel yang telah diparut, 1 batang daun bawang, 5 sdm tepung terigu, 3 sdm tepung sagu, 1 sdt garam, 1 sdt saos tiram, 2 sdt kecap asin, 1 sdt kaldu bubuk, ½ sdt merica, ½ sdt gula pasir dan satu butir telur. Tidak hanya bahan pembuat, kita juga memerlukan peralatan yang tepat selama proses pemasakan. Peralatan yang dibutuhkan adalah sendok, pisau, wadah, mangkuk dan wajan.

bakso goreng tepung Rumahan goreng ayam

Jika bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan selesai disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat bakso goreng tepung. Karena merupakan menu makanan rumahan, proses pembuatan bakso goreng tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Guna mengenal lebih lanjut akan proses pembuatannya, simak ulasannya di bawah ini:

a.Langkah awal yang dilakukan adalah menyiapkan wadah yang dimanfaatkan sebagai tempat pencampuran bahan-bahan pembuat bakso goreng.

b.Langkah selanjutnya adalah mencampurkan kesemua bahan dan aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur sempurna.

c.Jika bahan telah tercampur, panaskan wajan dan beri minyak goreng di atasnya. Selama proses pemanasan, gunakan api yang sedang.

d.Bentuk adonan bakso menjadi bentuk bulat. Bentuk bakso hingga bahan yang tercampur habis.

e.Masukkan adonan bakso yang dibentuk ke dalam minyak yang panas dan goreng hingga bakso berwarna kuning kecoklatan.

f.Apabila bakso telah matang, tiriskan dan pindahkan ke atas piring.

g.Guna memberikan cita rasa, kita dapat menambahkan saos sambal.

Jika kita memperhatikan langkah-langkah pembuatan bakso goreng, kita tentunya dapat mengetahui bahwa pembuatan menu makanan tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Bakso goreng rumahan ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang berharga mahal. Untuk bahannya sendiri, bahan dapat ditemukan dengan mudah. Bakso goreng akan terasa lebih nikmat jika disantap ketika masih berada dalam keadaan yang hangat. Makanan ini juga sangat tepat dikonsumsi ketika hujan atau ketika udara terasa dingin. Tubuh akan terasa hangat ketika menyantap bakso goreng di rumah.

bakso goreng tepung Rumahan

Agar memudahkan kita mencampurkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bakso goreng, wadah yang digunakan hendaknya memiliki ukuran yang besar. Guna menghindari bau, wadah yang digunakan juga sebaiknya terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Pembuatan bakso sebaiknya menggunakan api yang kecil. Tujuannya agar bakso goreng terhindar dari gosong dan matang sempurna pada bagian dalam bakso. Jika menggunakan api yang besar, bakso hanya matang pada bagian luarnya saja sedangkan bagian dalamnya masih mentah dan belum layak santap. Api kecil juga dapat membuat bakso goreng matang secara merata, baik di dalam dan bagian luarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *