Welcome
Strategi Bisnis Pengusaha tips jitu menyusun strategi pemasaran usaha kecil

Mengulik Strategi Bisnis Pengusaha Kecil di Tengah Pandemi Corona

Masa pandemi corona telah menyeret jatuh perekonomian di seluruh dunia. Dengan mempertahankan usaha di tengah pandemi sebesar ini, jelas membutuhkan perjuangan yang berat sehingga perlu memiliki strategi. Di Indonesia, pandemi Covid-19 telah merontokkan pertumbuhan ekonomi di kuartal 1-2020 menjadi 2,97%, terendah sejak tahun 2001. Berikut akan diulas strategi bisnis dari pengusaha kecil di tengah pandemi corona.

Strategi Pengusaha Kecil di Tengah Pandemi Corona

1. Diversifikasi Produk

Diversifikasi produk adalah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan penganekaragaman produk atau jasa dengan jalan menciptakan produk atau jasa baru agar sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan. Suatu pengusaha biasanya hanya menjual beberapa produk atau jasa saja, namun saat corona mulai mewabah banyak pengusaha yang mulai menciptakan berbagai produk yang baru demi menggaet pembelinya.

Strategi Bisnis Pengusaha keuangan usaha

2. Memaksimalkan Marketing

Banyak para pengusaha yang menggunakan atau memaksimalkan sosial media untuk bisa memasarkan produknya. Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan sosial media tersebut, dapat membantu menambah pendapatan yang menurun di tengah pembatasan sosial berskala besar ini. Selain di sosial media, banyak pengusaha mulai merambah ke berbagai platform di marketplace untuk memasarkan produknya.

Dikarenakan kondisi pandemi, pemerintah selalu memberikan himbauan ke masyarakatnya untuk tetap berada di dalam rumah. Sehingga membuat masyarakat melakukan berbagai kegiatan di dalam rumah seperti belanja melalui online. Oleh sebab itu, tidak heran jika para pelaku usaha sangat diuntungkan dengan cara satu ini. Ternyata, cara ini juga bisa meminimalisir penyebaran virus corona.

3. Mengatur Cash Flow

Dalam situasi yang seperti ini, mengatur cash flow merupakan hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha. Tujuannya yaitu untuk bisa mendapatkan cash flow yang positif. Supaya bisa memudahkan mengatur cash flow ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu mencatat pola pengeluaran yang berkaitan dengan biaya operasional usaha anda, biaya kewajiban seperti upah karyawan, kebutuhan sekunder maupun kebutuhan investasi.

Periksa juga kondisi keuangan anda tiap saat, dengan melakukan posisi likuiditas di usaha anda. Likuiditas sendiri adalah sejumlah dana atau asset likuid yang dapat dengan cepat anda gunakan untuk membayar kewajiban jangka pendek termasuk untuk keperluan dalam keadaan darurat atau emergency fund. Anda harus bisa memastikan seberapa besar likuiditas yang anda miliki dan seberapa lama likuiditas tersebut dapat menghidupi usaha anda.

4. Melakukan Manajemen Risiko

Dalam strategi ini, anda harus bisa menganalisa risiko atau kerugian apa saja yang mungkin terjadi pada usaha anda. Adapun beberapa strategi dari manajemen risiko adalah menanggung sendiri kerugian yang mungkin disebabkan oleh sebuah risiko, menghindari risiko, mengurangi potensi risiko dan mengalihkan pengelolaan risiko serta kerugian yang mungkin timbul kepada pihak yang kedua.

Strategi Bisnis Pengusaha keuangan usaha

Musi Samosir, Chief Risk Officer Adira Insurance mengatakan bahwa dalam kondisi yang tidak biasa seperti saat ini, maka lakukan review atas kondisi kegiatan bisnis anda dan apabila diperlukan lakukan perubahan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan termasuk dengan meminimalisasi pengeluaran. Dengan begitu, anda bisa menghadapi berbagai rintangan saat sedang melakukan usaha di masa pandemi seperti ini.

Itulah beberapa strategi yang dilakukan oleh pengusaha kecil untuk bisa survive atau bertahan di masa pandemi seperti ini. Banyak yang sudah mengalami keuntungan dengan menerapkan beberapa strategi tersebut. Adapula yang memang masih tergolong baru dan menyesuaikan diri untuk bisa mempertahankan usahanya agar tidak mengalami kemerosotan di masa pandemi virus corona ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *