Welcome
instrumen pasar uang materi pasar modal

Mengenal 5 Instrumen Pasar Uang Sebagai Investasi Jangka Pendek

Tidak hanya pasar modal, ternyata pasar uang juga memiliki beberapa instrument yang bisa diperdagangkan. Secara umum keberadaan pasar uang merupakan sebuah wadah, sebagai tempat bertemunya pemilik dana dengan calon konsumen. Rata-rata kesepakatan yang dibuat berlansung dalam jangka waktu pendek. Namun dampak instrumen pasar uang cukup besar dalam aktivitas ekonomi negara. Ingin tahu apa saja bentuknya? Simak disini.

Alat Transaksi dalam Perekonomian

1. Sertifikat Bank Indonesia

Surat beharga yang diterbitkan Bank Indonesia ini merupakan bukti utang dalam jangka pendek. Secara khusus sertifikat ini menjadi alat untuk mengendalikan nilai Rupiah agar tetap stabil. Bank Indonesia akan memperdagangkannya di pasar uang, dengan harapan uang primer bisa beredar di masyarakat. Kabarnya pada tahun 2016, Gubernur BI akan menghapus penerbitan Sertifikat BI secara bertahap hingga tahun 2024.

diagram instrumen pasar uang

2. Banker’s Acceptence

Jenis wesel berjangka ini diterima oleh eksportir saat transaksi sejumlah barang ekspor impor. Dokumen BA mempunyai kekuatan agar eksportir dan investor terhindar dari resiko gagal bayar. Karena rasa kurang percaya terhadap kemampuan finansial si importir. BA diisi dengan nominal sesuai kesepakatan dalam transaksi, lalu ditambah dengan fee. Jatuh tempo yang ditulis menjadi jaminan bagi si pemilik surat, bahwa Ia akan membayar di tanggal tersebut.

Selanjutnya penerima surat boleh memperjualbelikan BA, untuk memperoleh modal agar bisnis tetap berjalan. Meskipun tergolong dalam instrument baru tetapi BA mempunyai kualitas tinggi. Nilai jualnya cukup berharga di pasar uang internasional, lembaga keuangan besar, industry, dan dealer. Hal ini karena surat beharga BA bersifat likuid artinya mudah diuangkan kapan saja dibutuhkan pemilik usaha.

3. Call Money

Instrumen ini dikeluarkan sebagai alat transaksi kegiatan antar bank, yang berkaitan dengan peminjaman dana. Biasanya Call Money digunakan saat bank perlu mengalihkan kelebihan dana jangka pendek, yang bersifat sementara. Proses transaksi berlangsung dalam kliring yang setiap hari diadakan oleh Bank Indonesia. Jangka waktu peminjaman dana hanya berlangsung 7 hari saja. Ada pula dalam waktu satu hari yang disebut ‘one day call money’.

4. Promissory Notes

Surat sanggup bayar ini bentuknya berupa surat kontrak, yang mana si peminjam harus membayar sejumlah uang ke pihak lainnya. Dalam Promissory Notes tercantum jumlah pokok pinjaman dan bunga, serta tanggal jatuh tempo pembayaran. Terkadang juga ada beberapa poin kesepakatan apabila terjadi gagal bayar. Surat ini kerap bank pemilik dana yang terlibat dalam kegiatan ekspr impor, dan sah digunakan sesuai Undang-Undang Hukum Dagang.

instrumen pasar uang Indonesia

5. Commercial Paper

Instrumen pasar uang sering ditujukan sebagai alat transaksi dalam jangka pendek. Baik berupa modal kerja, pinjaman dana, ataupun transaksi perdagangan. Sama halnya dengan Commercial Paper, yang dikeluarkan perusahaan kepada pihak investor. Bisa dibilang sebuah instrumen utang untuk pengelolaan modal kerja dalam waktu singkat, dengan nominal yang cukup besar.

Sebagian besar perusahaan menganggap bahwa Commercial Papers, adalah solusi alternatif untuk menambah modal usaha. Nilainya lebih baik ketimbang menggunakan pembiayaan berupa pinjaman dana dari bank. Tidak heran bila surat berharga ini lumanyan laris diperdagangkan di pasar uang. Bahkan kerap dipakai dalam skala peminjaman internasional.

Aktivitas ekonomi memang tidak bisa berjalan baik tanpa adanya transaksi di pasar uang. Beberapa instrumennya sangat membantu dalam perdagangan, baik lokal maupun internasional. Rata-rata surat berharga yang dikeluarkan memiliki jangka waktu pendek, tetapi nominalnya cukup besar. Sehingga perlu ada surat resmi untuk kesepakatan antara kedua pihak, antara pemilik dana dengan si peminjam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *