Welcome

Macam – Macam Asuransi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Karena penyakit selalu datang tanpa terduga – duga, oleh sebab itu memiliki asuransi kesehatan sangat penting bagi setiap orang. Ada banyak tujuan dan manfaat dengan memiliki asuransi kesehatan. Macam – macam asuransi kesehatan pun sangat banyak dan beragam.
Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang apa saja ragam asuransi kesehatan yang bisa Anda manfaatkan dan ikuti program – programnya demi memberikan jaminan atas kesehatan di masa yang akan datang. Informasinya sebagai berikut!
Macam – Macam Asuransi Kesehatan
Asuransi rawat inap
Jenis asuransi kesehatan yang pertama adalah asuransi rawat inap. Asuransi rawat inap ini memberikan berbagai macam manfaat salah satunya adalah untuk membiayai perawatan tertanggung selama menjalani proses rawat inap ketika sakit.
Jadi jika Anda memiliki asuransi rawat inap, biasanya seluruh biaya yang timbul ketika rawat inap akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai kesepakatan di awal. Jika harus ada operasi, operasi bedah misalnya maka pihak asuransi akan membayar biayanya dan pemegang asuransi atau Anda yang ikut dalam program asuransi rawat inap ini hanya perlu fokus pada kesembuhan saja.
Asuransi rawat jalan
Asuransi rawat jalan merupakan suatu jenis asuransi yang menanggung biaya perawatan tertanggung ketika menjalani rawat jalan atas sakit yang sedang diderita. Asuransi rawat jalan biasanya akan mengcover beberapa jenis perawatan yaitu cek lab, diagnosis medis, dan berbagai macam tindakan yang tidak mengharuskan pihak tertanggung menginap atau opname di rumah sakit setempat. Jadi untuk keperluan menginap, asuransi rawat jalan tidak mengurusnya.
Asuransi personal
Jenis selanjutnya adalah asuransi personal yang merupakan sebuah asuransi pribadi dilihat dari siapa yang ditanggung oleh asuransi tersebut. Perlindungan dan manfaat asuransi kesehatan yang diberikan oleh jenis asuransi personal diberikan hanya untuk satu orang pemegang asuransi tersebut. Jadi, di dalam polis asuransi yang didaftarkan, pihak tertanggung tidak bisa menggunakan asuransi tersebut untuk orang lain bahkan untuk suami atau istrinya sendiri.
Asuransi kelompok
Berbeda dari suatu asuransi personal yang hanya mengcover secara perorangan, perlindungan kesehatan yang diberikan oleh jenis asuransi kelompok mencakup seluruh anggota suatu kelompok. Semisal, asuransi kesehatan keluarga yang mengcover satu keluarga atau asuransi kesehatan perusahaan yang mengcover satu perusahaan tanpa terkecuali.
Jadi setiap anggota keluarga atau anggota dari suatu perusahaan, mereka berhak mendapatkan perlindungan yang sama jika keluarga atau perusahaan tersebut memiliki jenis asuransi kelompok ini.
Asuransi swasta
Berdasarkan badan yang menyelenggarakan asuransi, terdapat beberapa jenis asuransi swasta. Asuransi jenis ini merupakan asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu perusahaan atau badan swasta. Jenis asuransi ini biasanya preminya dibayarkan secara penuh. Premi yang dibayarkan nasabah pun bervariasi disesuaikan dengan manfaat yang nantinya akan diterima oleh pihak tertanggung.
Asuransi pemerintah
Jenis asuransi yang terakhir adalah asuransi pemerintah. Jenis asuransi ini lebih dikenal juga dengan BPJS kesehatan yang saat ini sudah banyak dimiliki masyarakat Indonesia dengan beberapa tipe premi yang bisa dipilih.
Jenis asuransi kesehatan ini berorientasi terhadap penyediaan jaminan kesehatan pada masyarakat secara menyeluruh dimana dalam pelaksanaannya, asuransi pemerintah ini menggunakan asas gotong royong guna membantu masyarakat mengentaskan masalahnya.
Itulah macam – macam asuransi kesehatan yang Anda perlu tahu. Sudahkah Anda memiliki salah satu dari semua jenis asuransi di atas? Segera mendaftar ya untuk masa depan Anda dan untuk berjaga – jaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *