Welcome
Menjaga Kebersihan Lingkungan ini

Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini lingkungan merupakan salah satu masalah utama bagi kita. Hal ini terjadi karena kita mulai kurang memperhatikan menjaga kebersihan lingkungan kita. Maka tak heran jika beberapa tahun belakangan ini kerap terjadi berbagai bencana alam di sekitar kita, seperti banjir dan tanah longsor. Apalagi jika sudah mulai memasuki musim penghujan. Padahal, kita bisa mencegah dua bencana yang penulis sebutkan di atas. Namun kurangnya kesadaran dan edukasi tentang kebersihan lingkungan menjadi penyebab kedua bencana tersebut bisa terjadi.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan, Anda tidak hanya mampu mencegah dua bencana yang penulis sebutkan di atas. Anda juga memiliki peran dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan menyenangkan untuk ditinggali. Inilah cara kita menjaga kebersihan lingkungan dengan cara yang benar.

– Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan Membuang Sampah di Tempatnya

Cara pertama menjaga kebersihan yang paling sederhana adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini memang membutuhkan kesadaran setiap individu itu sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran akan hal tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan menyediakan tempat sampah yang cukup di lingkungan Anda. Salah satu alasan klasik mengapa seseorang membuang sampah sembarangan adalah karena tidak ada tempat sampah yang tersedia di dekatnya. Padahal kita bisa membuang sampah dulu sampai kita menemukan sampahnya. Cobalah biasakan untuk tidak membuang sampah sembarangan mulai dari sekarang.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

– Memisahkan Jenis Sampah Agar Mudah Menjaga Kebersihan Lingkungan

Untuk lebih memudahkan dalam menjaga kebersihan lingkungan, Anda juga bisa memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Pisahkan sampah yang ada dengan membagi sampah organik dan anorganik. Dengan memisahkan kedua jenis sampah tersebut maka akan memudahkan Anda dalam mengolah sampah yang ada nantinya.

– Daur Ulang Sampah

Sebenarnya banyak jenis sampah yang bisa didaur ulang dan berpotensi menjadi sumber pendapatan. Biasanya jenis sampah yang bisa didaur ulang adalah sampah non organik. Jika masih belum percaya bahwa sampah bisa menjadi sumber penghasilan, pernahkah Anda mendengar tas yang terbuat dari bungkus kopi dan permen? Ini adalah salah satu dari banyak contoh proses daur ulang. Kini, dari daur ulang sampah ini menjadi sumber pendapatan bagi para pengrajin daur ulang tersebut.

– Pembuatan Pupuk Kompos

Kompos ini dibuat dari sampah organik yang ada di daerah tersebut. Sampah organik ini termasuk sayur dan buah yang sudah tidak bisa dikonsumsi lagi. Dari pada dibiarkan begitu saja dan membusuk hingga menimbulkan penyakit, sebaiknya sampah jenis ini diolah dengan baik. Selain bisa mencegah gangguan dari sampah organik, kita bisa memanfaatkan hasilnya untuk pertanian dan perkebunan yang ada.

Menjaga Kebersihan Lingkungan anda

– Menjaga Kebersihan Rumah

Sebelum menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Anda, tentunya hal pertama yang Anda lakukan adalah menjaga kebersihan rumah. Ajak seluruh keluarga untuk menjaga kebersihan rumah. Hal ini juga mendorong anak untuk memiliki kebiasaan menjaga kebersihan saat berada di luar. Dengan rumah yang bersih maka sirkulasi udara di dalam rumah akan lebih segar dan tidak pengap. Dengan begitu, potensi penyakit menjadi minimal. Ingat, lingkungan yang kotor bisa jadi sarang penyakit.

– Hancurkan wadah plastik atau karton

Jika kebetulan Anda memiliki sampah berupa botol plastik di dalam rumah, sebaiknya hancurkan terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah. Begіtu juga dengan sampah yang terbuat darі karton, sebaіknya sobek atau peras terlebіh dahulu sebelum dіbuang. Dengan memusnahkan kedua jenis sampah tersebut, sampah tidak dapat digunakan kembali oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, penghancuran sampah juga mengurangi volume sampah yang tersimpan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *