Welcome
pendaftaran merek dagang online

Langkah Daftar Merek Secara Online

Merek adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk menunjang eksistensi di kalangan masyarakat. Agar merek yang anda miliki memiliki hak merek, anda harus mendaftarkan nama merek anda ke lembaga terkait. Namun sekarang anda tidak perlu repot repot datang ke kantor, anda bisa melakukannya secara online. Yuk simak tahapan pendaftaran merek berikut.

Tahapan Mendaftarkan Merek Secara Online

1 Melakukan Penelusuran Merek

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum mendaftarkan merek adalah melakukan penelusuran terkait nama merek yang akan anda gunakan. Melakukan penelusuran ini bertujuan untuk menghindari penolakan dari pihak terkait ketika hendak mendaftarkan merek dagang milik anda. Anda bisa melakukan pencarian nama merek di Google atau mengajukan pertanyaan melalui email di website www.dpig.go.id.

pendaftaran merek online Hakcipta jaminan kredit bank

2. Mempersiapkan Berkas Pengajuan Permohonan

Setelah anda mengunjungi website terkait untuk mendaftarkan merek, segera siapkan persyaratan untuk mendaftarkan merek dagang anda. Persyaratan pendaftaran merek online seperti pemohon baik berupa perusahaan atau perorangan yang mengisi biodata seperti nama, alamat dan kewarganegaraan. Sebaiknya anda juga menyiapkan 30 contoh merek dan menyiapkan daftar barang atau jasa yang diberi merek.

Selain itu anda juga harus mempersiapkan surat pernyataan kepemilikan dari pemohon. Para pemohon yang mengajukan merek juga harus menyerahkan surat kuasa jika memang diperlukan. Persiapkan Kartu Tanda Penduduk pemohon dan juga fotokopi NPWP khusus untuk pemohon yang berasal dari perusahaan.

3. Melakukan Pendaftaran Merek

Untuk prosedur pendaftaran merek ini sebanrnya terbagi menjadi dua bagian yaitu pengajuan merek oleh pemohon langsung dan melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Ditjen HKI. Pemohon akan mengisi formulir pendaftaran merek dengan berbagai syarat lainnya yang harus dipenuhi. Misalnya surat keterangan usaha mikro kecil menengah, etiket merek, surat kuasa khusus, bukti pembayaran merek dan bukti penerimaan permintaan pendaftaran merek.

4. Melakukan Pemeriksaan Formalitas dan Substantif

Setelah anda memasukkan semua data tersebut, pihak Ditjen HKI akan melakukan pemeriksaan pendaftaran tersebut sehingga menghasilkan sertifikat merek. Pemeriksaan formaslitas yang pertama adalah melakukan pengecekan kelengkapan syarat registrasi merek tertentu. Pastikan jika anda sudah melengkpai seluruh persayaratan yang diminta oleh Ditjen HKI. Apabila belum lengkap, maka Ditjen HKI akan meminta kelengkapannya dalam waktu kurang lebih 2 bulan.

pendaftaran merek online Cara Mendaftarkan Merek Dagang

Selanjutnya proses pendaftaran merek online ini akan berlanjut pada pemeriksaan substansif yang membutuhkan waktu satu bulan sejak tanggal penerimaan permohonan registrasi merek diterima oleh Ditjen HKI. Biasanya pemeriksaan subtansif ini dilakukan oleh pihak terkait paling lama sembilan bulan. Setelah disetujui 10 hari setelahnya Ditjen HKI akan mengumumkan permohonan tersebut dalam berita resmi merek.

5. Pengajuan Keberatan

Pemohon pendaftaran merek bisa mengajukan keberatan setelah diumumkan permohonan pendaftaran merek. Pihak Ditjen JKI akan menggunakan keberatan tersebut sebagai pertimbangan untuk kembali mengadakan pemerisakaan terhadap pemohon. Pemeriksaan biasanya akan diselesaikan dalam jangka waktu paling lama dua bulan sejak berakhirnya masa pengumuman.

Apabila sudah tidak ada masalah dalam prosesnya, maka Ditjen HKI akan menerbitkan dan memberikan sertifikat merek kepada pemohon atau kuasanya. Waktu pemberian sertifikat ini biasanya paling lama selama 30 hari sejak tanggal permohonan tersebut disetujui untuk berada dalam daftar umum merek.

Itulah prosedur yang wajib anda tahu jika ingin mendaftarkan merek anda secara online. Dengan mendaftarkan merek anda ke Ditjen HKI, maka merek anda akan memiliki perlindungan hukum apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. Selain itu mendaftarkan merek ke HKI secara online juga tidak merepotkan anda. Pasalnya anda bisa mendaftarkan produk di rumah saja dengan bantuan jaringan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *