Welcome

Ketahui Cara Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi untuk Tidur yang Berkualitas

Susah tidur sudah bukan fenomena yang mencengakan lagi. Faktanya, banyak orang terutama di rentang usia dewasa mengalami susah tidur. Susah tidur bisa berimbas pada aktivitas dan konsentrasi seseorang untuk melakukan kegiatan keesokan harinya. Hal yang paling sering terjadi akibat susah tidur adalah bangun kesiangan. Jika terjadi terus-menerus, hal ini bisa mempengaruhi anda baik secara fisik maupun psikis. Oleh karena itu, tidur cukup dan berkualitas harus dibiasakan sedini mungkin. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya bisa tidur nyenyak dan bangun pagi keesokan harinya.
1.Menentukan Jadwal Tidur dan Bangun
Cara tidur nyenyak dan bangun pagi pertama yang bisa anda lakukan adalah menentukan jadwan tidur serta bangun. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu antara 7 sampai 8 jam tidur berkualitas supaya keesokan harinya badan terasa bugar. Atur jadwal tidur dan bangun anda lalu patuhilah. Jadwal tersebut juga berlaku ketika anda libur. Membiasakan diri untuk berdisiplin tidur tepat waktu akan membuat badan terbiasa tidur tepat waktu.
2.Bersihkan Diri Sebelum Tidur
Setelah beraktivitas seharian, tubuh dipenuhi dengan kotoran. Oleh karena itu anda wajib hukumnya untuk membersihkan diri sebelum naik ke tempat tidur. Mandi dengan air hangat adalah salah satu tips supaya badan anda rileks dan melepas stress setelah seharian beraktivitas. Pastikan kamar dan kasur anda sudah bersih. Anda bisa memakai parfum atau handbody untuk menambah rasa rileks.
3.Buat Suasana Senyaman Mungkin
Suasana yang nyaman dan tenang akan mendukung anda tertidur. Anda bisa mematikan lampu atau memasang lampu khusus tidur. Selain itu, anda juga bisa menaruh wewangian. Akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan difuser dan diisi dengan macam-macam oil untuk meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa mencoba cara tersebut. Aroma lavender dipercaya dapat membuat rileks dan membuat tidur lebih berkualitas. Jika harga difuser dan oil terlalu mahal, anda bisa mencoba lilin aroma terapi. Pilihlah aroma yang anda sukai. Kini sudah banyak usaha lokal yang menjual lilin aroma terapi. Tentunya harga produk lokal ini jauh lebih murah dan terjangkau.
4.Jauhkan Handphone
Bermain handphone saat hendak tidur akan membuat anda terjaga dan susah tidur. Jauhkan handphone dari jangkauan. Hal ini juga berfungsi agar anda harus bergerak untuk mematikan alarm. Hal yang selama ini sering terjadi adalah mematikan alarm tanpa sadar dan tidur kembali. Untuk mencegahnya, anda bisa menaruh handphone agak jauh dari jangkauan. Sehingga ketika alarm berbunyi anda harus bergerak untuk mencapainya. Jika sudah mematikan alarm, jangan kembali ke kasur. Segera pergi ke kamar mandi untuk cuci muka dan membuat sarapan. Anda yang tidak terbiasa sarapan bisa mengakali dengan membuat teh atau kopi. Lakukan hal ini secara rutin sampai tubuh terbiasa dengan rutinitas tersebut.
Praktekkan empat cara tidur nyenyak dan bangun pagi tersebut secara disiplin. Tubuh yang sudah biasa disiplin waktu akan merasa aneh jika melenceng dari rutinitas. Selain itu, anda juga disarankan untuk olahraga dan makanan makanan bergizi. Hal ini bisa membuat tubuh terasa bugar dan sehat. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi gula dan lemak jenuh maka tubuh akan terasa lesu dan lunglai. Mulai sekarang biasakan hidup sehat dari sekarang. Selain tubuh bugar dan sehat bonusnya adalah anda terbiasa dengan disiplin waktu serta memiliki tidur yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *