Welcome
Kegunaan Open API Indonesia E-Commerce API

Kenali Beberapa Kegunaan Open API Indonesia Perusahaan E-Commerce

Apabila anda telah bergelut dalam dunia web, maka tentunya anda tidak akan asing lagi dengan yang namanya open API. Istilah dari Open API sendiri mempunyai arti yaitu suatu program aplikasi yang memberikan kesempatan kepada perusahaan teknologi informasi di bidang e-commerce untuk memprogram integrasi system to system pada suatu aplikasi. Yuk cek beberapa kegunaan Open API berikut ini!

Berbagai Kegunaan Open API yang Harus Anda Ketahui

1. Mempercepat Proses Coding

Kegunaan pertama dari Open API adalah dapat mempercepat proses dari coding yang dilakukan oleh para programmer. Biasanya, mereka akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan sebuah coding. Terlebih lagi, jika terdapat kesalahan sedikit saja akan bisa mempengaruhi sistemnya sehingga tidak bisa berfungsi.

Kegunaan Open API Indonesia E-Commerce

Hal ini juga akan membuat mereka harus mengulangi proses codingnya dari awal. Akan tetapi, agar bisa terhindar dari hal tersebut, maka anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan open API. Hal ini karena pada Open API terdapat fitur customized toolchains yang dapat mengganti definisi Open API menjadi sebuah kode. Dengan begitu, anda akan menghemat banyak tenaga dan juga waktu.

2. Meningkatkan Konsistensi dan Efisiensi suatu Sistem

Sebuah kontrak pastinya akan diperlukan oleh setiap server dan klien yang ada dengan cara yang tepat. Namun, untuk mengubah suatu kontrak merupakan sesuatu yang sulit sehingga anda bisa memanfaatkan Open API agar dapat meningkatkan konsistensi dan juga efisiensi yang ada dalam sistem tersebut.

Program Open API itu sendiri akan mengkolaborasikan sistemnya dengan memakai cara seperti fitur pelacak permasalahan ataupun juga permintaan kode-kode tertentu. Dengan begitu, seluruh pihak yang bersangkutan akan bisa mengakses dokumentasinya yang telah terhubung, terintegrasi, dan juga tetap tersinkron.

3. Membuat Dokumentasi yang Interaktif

Kegunaan Open API Indonesia yang selanjutnya adalah dapat menciptakan suatu dokumentasi yang sangat interaktif. Para developer biasanya lebih menyukai dokumentasi yang interaktif untuk melakukan uji coba operasi API yang telah mereka baca. Oleh karena itu, sistem tersebut telah menyediakan dokumentasi yang interaktif sebab dokumentasinya telah terintegrasi.

Disamping itu, developer yang ada juga akan bisa melihat daftar dari operasi API yang telah ditawarkan. Hal ini juga akan membantu mereka agar bisa mempercepat proses pengiriman sebuah permintaan web browser sehingga dapat melihat respon dari Open API tersebut sebelum membuat kodenya sendiri.

4. Menjamin Kualitas suatu Sistem

Definisi dari Open API akan bisa dibaca oleh perangkat lunak apapun sehingga hal tersebut dapat memungkinkan pada setiap bagian dari sistem yang anda ciptakan dapat diuji sesuai dengan spesifikasi. Selain itu, definisi tersebut juga bisa diimpor para klien dengan menggunakan sebuah pengujian yang manual.

Kegunaan Open API Indonesia

Bukan hanya itu saja, melainkan juga gateway pada API tersebut akan bisa melacak sebuah traffic keluar dan juga masuk. Hal ini dapat memastikan apabila rancangan Open API tersebut telah disesuaikan dengan standar yang ada sehingga dapat menurunkan resiko dan bahkan kerusakan sebuah produk.

5. Mempublikasikan dan Mempromosikan API

Open API merupakan salah satu bagian terpenting bagi para developer saat sedang mengintegrasikan dan juga membangun sebuah aplikasi. Namun, ada sesuatu yang lebih penting lagi dibandingkan itu yaitu mempromosikan atau mempublikasikan Open API yang telah dibuat oleh pihak developer tersebut. Dengan Open API ini, anda bisa mengkombinasikan tool kesukaan dengan API milik anda.

Adanya sebuah teknologi Open API sangatlah menguntungkan bagi para penggunanya. Terlebih lagi, jika anda mempunyai sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidangnya sehingga akan bisa membantu anda dalam beberapa hal seperti yang tertera dalam ulasan diatas. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan Open API mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *