Welcome
Mahasiswa Belajar di Masa Pandemi online learning

Kampus Diliburkan, Berikut Cara Mahasiswa Belajar di Masa Pandemi

Masa pandemi Covid-19 seperti ini mengharuskan setiap orang untuk melakukan jaga jarak atau physical distancing untuk meminimalisir penularan virus corona. Sehingga menyebabkan segala aktivitas yang berhubungan diluar ruangan dibatasi oleh pemerintah, seperti bekerja, belajar dan beribadah. Semua kegiatan tersebut dialihkan di rumah. Berikut akan diulas cara mahasiswa belajar di tengah masa pandemi seperti ini.

Cara Belajar di Masa Pandemi

1. Menyediakan Area Untuk Belajar

Dikarenakan semua kegiatan dialihkan di rumah, maka kegiatan di kampus pun diliburkan. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar tersebut, maka kamu harus memilih ruangan yang nyaman. Cara mengkondisikan ruangan agar suasananya nyaman untuk belajar di rumah yaitu dengan membersihkan ruang belajar atau kamar. Hal tersebut akan membantu membuat kamu lebih nyaman untuk belajar saat kondisi seperti ini.

Mahasiswa Belajar di Masa Pandemi

Kamu tidak harus selalu belajar di kamar atau di ruang belajar. Kamu bisa memakai sejumlah area atau ruangan rumah lainnya yang bisa dijadikan sebagai tempat belajar yang nyaman. Siapkan juga beberapa camilan untuk menemani kamu belajar. Tentunya dengan adanya camilan tersebut, bisa membuat mood kamu menjadi lebih baik. Namun, ketika kamu sedang nyemil jangan sampai terkena teguran dosen. Tetaplah menjaga sikap yang sopan dan selalu tertib.

2. Mematuhi Jadwal Pembelajaran

Patuhi jadwal kuliah yang telah dibuat dengan pihak kampus atau dosen pengampu mata perkuliahanmu. Selalu upayakan untuk aktif mengikuti tatap muka yang diadakan di layar gadget. Serta tidak sekalipun terlewat untuk memenuhi tugas dari batas tanggal pengumpulan. Bukan saja untuk absensi, melainkan kamu juga bisa mengumpulkan tugas secara tepat waktu. Pada waktu yang tersisa, bisa kamu manfaatkan untuk agenda lainnya seperti memperdalam materi.

3. Memilih Waktu Belajar

Ketika sedang diluar jadwal perkuliahan, atur juga waktumu untuk belajar. Pilihlah waktu yang tepat sesuai karakteristikmu. Kamu bisa memilih waktu malam atau pagi untuk belajar, asal itu diluar jam pembelajaran. Penentuan jadwal bertujuan agar bisa memperdalam materi dan kamu bisa mengerjakan berbagai tugas yang telah ditentukan oleh dosen pengampumu. Atau kamu juga bisa melakukan kegiatan belajar ini bersama dengan temanmu.

4. Menggunakan Fasilitas di Rumah Semaksimal Mungkin

Kamu bisa menggunakan semaksimal mungkin fasilitas yang ada di rumah sebagai media belajar. Karena media belajar yang ada di rumah sangatlah bervariasi, seperti smartphone, laptop, buku pelajaran, dan lainnya. Apabila kamu menggunakan smartphone ataupun laptop sebagai media belajar, kemungkinan kamu akan memerlukan akses internet yang lancar untuk mengakses bahan materi belajar dan juga proses pembelajaran.

Mahasiswa Belajar di Masa Pandemi ini

Dengan akses internet tersebut, bisa kamu gunakan untuk mencari referensi yang lebih banyak dari materi yang sudah diberikan. Dikarenakan, biasanya dosen hanya memberikan poin-poin penting saja dari penjelasan materinya. Dan biasanya akan mempersilahkan mahasiswa untuk mengembangkannya sendiri dengan mengakses berbagai jenis media yang telah disediakan. Karena tak mungkin bisa ke perpustakaan, maka kamu bisa memanfaatkan jurnal online, artikel ilmiah, hasil riset, atau yang lainnya.

Itulah beberapa cara belajar yang bisa kamu lakukan saat berada di rumah. Saat mulai pembelajaran dengan layar gawai bersama dosen dan teman-temanmu, usahakan untuk tetap serius dan menjaga ketertiban. Karena meski kamu tidak bisa belajar langsung di kampus, tapi sikapmu tetap diperhatikan oleh dosen. Dan yang tak kalah pentingnya, jangan lupa waktu istirahat. Sisipkan waktu istirahat untukmu minimal dalam sehari ada jam-jam untuk rileks bagi diri kamu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *