Welcome

Inilah Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana Tidak Perlu Bantuan Ahli

Jika anda memiliki usaha atau sedang merencanakan suatu usaha, anda sebaiknya memiliki bisnis plan. Bisnis plan atau sering disebut sebagai rencana bisnis adalah perencanaan terkait dengan bisnis yang dijalankan, meliputi profil usaha, rencana, keuangan, resiko rugi, dan kompetitor. Dengan adanya bisnis plan maka usaha yang dijalankan atau sedang dirintis bisa lebih terstruktur. Mungkin sebagian dari anda masih belum tahu bagaimana cara membuat bisnis plan. Tidak perlu membayangkan bisnis plan yang rumit dan harus dibuat profesional. Asalkan ada tahu poin-poin yang harus dikontrol, anda bisa membuat bisnis plan sendiri. Berikut ini adalah cara membuat bisnis plan sederhana yang bisa dilakukan sendiri.
1.Membuat Ringkasan
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat ringkasan tentang bisnis. Ringkasan ini bisa berupa visi dan misi perusahaan. Di bagian ini, anda juga bisa menjelaskan awal mula bisnis ini dibuat serta kaitannya untuk memecahkan suatu masalah.
2.Menjelaskan Latar Belakang
Saat membuat bisnis plan, anda wajib menyertakan latar belakang perusahaan supaya lebih rinci dan terstruktur. Misanya, anda bisa menjelaskan latar belakang perusahaan. Masukkan struktur organisasi, para ahli atau konsultan yang mendampingi, pemilik saham apabila perusahaan anda adalah PT.
3.Menentukan Target Market
Hal ini sangat penting dilakukan supaya penjualan anda bisa lebih berhasil. Beberapa faktor yang bisa anda pertimbangkan untuk menentukan target market adalah wilayah, minat pelanggan, dan lainnya. Contohnya, di lingkungan anda banyak anak-anak, anda bisa menjual baju atau mainan anak. Berarti target market anda adalah anak-anak atau ibu-ibu yang memiliki anak kecil. Untuk meningkatkan brand awareness, anda bisa endorse artis atau selebgram supaya orang-orang lebih familiar dengan brand anda. Jika harga endorse artis terlalu mahal, anda bisa memulainya dengan selebgram. Pilih selebgram yang memang memiliki anak kecil. Beberapa contoh selebgram tersebut adalah Dwi Handa, Rachel Vennya, dan Hamidah. Jangan mengendorse selebgram yang masih single dan bahkan belum punya anak karena tidak akan cocok dengan target market.
4.Menghitung Biaya Produksi
Biaya produksi wajib diperhitungkan secara matang jika perusahaan anda memproduksi sendiri barang yang dijual. Hal ini sangat berpengaruh untuk menghitung laba. Di dalam laba tersebut ada laba bersih dan kotor. Anda juga harus memperhitungkan gaji karyawan, peralatan, bahan, dan lain-lain. Beda cerita jika anda menggunakan sistem dropship dimana anda tidak memproduksi sendiri barang yang dijual. Jika anda menggunakan sistem dropship, maka biaya produksi bisa dihitung sebagai berapa banyak kuota internet yang terpakai.
5.Menulis Daftar Kompetitor
Tidak hanya menulis daftar kompetitor, anda juga harus menganalisa apa yang mereka lakukan. Hal ini bisa anda jadikan sebagai acuan supaya bisnis anda tidak ketinggalan trend. Selain itu, mengetahui siapa saja kompetitor bisa membuat anda tahu siapa pesaing terketat dilihat dari analisa data.
Kesimpulannya, membuat bisnis plan bisa anda lakukan sendiri. Cara membuat bisnis plan sederhana seperti yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan tanpa menyewa ahli. Anda sebagai pembangun usaha lebih mengetahui perusahaan anda. Selain itu, untuk mengembangkan usaha anda juga bisa melakukan berbagai inovasi. Tidak perlu inovasi yang luar biasa, anda bisa melakukan inovasi kecil-kecilan seperti membuat packaging yang menarik. Meski kelihatan sistem, setiap customer pasti lebih senang membeli barang jika packagingnya menarik. Kalau hal itu terdengar mahal, anda bisa memberi packaging khusus ketika ada perayaan tertentu. Misal saat valentine anda bisa membuat packaging yang serba pink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *