Welcome
Gaya Hidup Sehat Dengan Menu Diet Tanpa Nasi Yang Bisa Kamu Coba ini

Gaya Hidup Sehat Dengan Menu Diet Tanpa Nasi Yang Bisa Kamu Coba

Saat kamu ingin menjalani gaya hidup sehat, yang terbesit dipikiran kamu pasti adaladh berolahraga dan diet. Bagi kmau yang ingin diet, kamu harus mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat terutama nasi putih karena juga mengandung kadar gula yang tinggi. Itulah kenapa banyak program diet yang menggunakan menu diet tanpa nasi dan mengganti asupan karbohidrat dengan makanan lainnya.

Tetapi jangan menghilangkan karbohidrat dalam menu makanan kamu ya, karena karbohidrat adalah gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak sumber karbohidrat yang memiliki kadar gula rendah sehingga sangat layak untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin diet. Berikut adalah makanan dengan sumber karbohidrat selain nasi yang bisa dijadikan menu diet.

Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Yang Bisa Dijadikan Menu Diet

1. Kentang

Kamu bisa mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Kentang merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang dikenal memiliki kadara gula yang cukup rendah. Sayangnya, kentang masih dianggap dan digunakan sebagai side dish atau menu tambahan atau makanan pendamping.

Padahal kentang dan nasi memeiliki funsgi yang sama. Jika kamu ingin memasukkan kentang ke dalam menu dietmu, sipakan 150 gram kentang atau 2 buah kentang. Tidak ada slahanya untuk mencoba diet tanpa nasi satu ini. Apalagi rasa kentang yang lezat dan tidak hambar menjadi menu yang baik dan enak untuk kamu konsumsi

Gaya Hidup Sehat Dengan Menu Diet Tanpa Nasi Yang Bisa Kamu Coba

2. Singkong

Selain kentang, Singkong dapat menjadi alternative pengganti nasi sebagai karbohidrat yang harus dipenuhi tubuh. Singkong merupakan jenis karbohidart yang baik untuk tubuh dan memiliki kadar gula yang rendah. Singkong ini dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama daripada nasi.

Jika kamu ingin berdiet menggunakan singkong, gunakan takaran 150 gram singkong atau sekitar setengah potong singkong. 150 gram singkong ini bisa kamu konsumsi sekali makan. Jika ingin makan singkong 3 kali sehari, kamu mebutuhkan 450 gram singkong atau 1 setengah singkong per harinya.

3. Ubi

Jika kamu sudah bosan dengan singkong dan kentang untuk program diet kamu, kamu bisa mengkonsumsi ubi sebagai penggantinya. Sama seperi singkong dan kentang, ubi dikeanl sebagai makanan dengan kadar gula yang rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Ubi bahkan termasuk dalam daftar menu diet wajib yang dikonsumsi oleh para artis di Korea Selatan. Jika ingin mengkonsumsi ubi sebagai menu diet, takaran yang digunakan untuk satu porsinya sama, yaitu 150 gram untuk sekali makan.

4. Jagung

Menu diet tanpa nasi berikutnya adalah jagung. Jika dibandingkan dengan kentang, jagung memiliki kandungan yang lebih baik bagi kalian yang sedang menjalani program diet. Karena di dalam 100 gram jagung memilik indeks glikemik sebesar 46, Sedangkan untuk kentang jumlah kandung glikemik yang dimiliki mencapai 78.

Indeks glikemik sendiri adalah ukuran seberapa cepat suatu makanan dapat dicerna oleh sebuah tubuh. Semakin tinggi nilai indeks glikemik, maka proses penyerapan yang dilakukan oleh tubuh semakin cepat. Ketika proses penyerapan semakin cepat, kamu akan mudah merasa lapar selain itu resiko kenaikan gula darah di dalam tubuh juga meningkat.

Agar program dietmu berhasil, menurut ahli kesehatan kamu tidak harus berolahraga berat, kamu hanya harus membuat tubuhmu sering bergerak dan mengurangi makanan berminyak serta makanan dan minuman yang terlalu manis. Percuma juga ketika kamu bersusah payah mengganti nasi tetapi kamu masih menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Semangat diet dan hidup sehat kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *