Welcome
Ga Cuma Disegani Yuk Intip 7 Karakter Pemimpin yang Baik itu

Ga Cuma Disegani, Yuk Intip 7 Karakter Pemimpin yang Baik

Karakter adalah kunci utama menjadi pemimpin yang sukses. Menjadi pemimpin berarti menjadi teladan bagi orang lain, terutama anggota tim. Karakterlah yang akan menentukan sukses atau tidaknya anda dalam berbagai aspek kehidupan. Tidak terkecuali dalam dunia bisnis. Kesuksesan atau kegagalan kepemimpinan akan terlihat dari pekerjaan tim serta sejauh mana perusahaan berkembang. Terdapat 7 karakter pemimpin yang baik yang harus dimiliki oleh setiap pimpinan.

Pemimpin yang baik dan layak dipilih

1. Kejujuran dan integritas yang tinggi

Karakter kepemimpinan yang paling dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kejujuran. Pemimpin yang baik akan senantiasa jujur kepada bawahan maupun kliennya atas risiko atau keuntungan yang dihadapi. Tidak hanya kejujuran, seorang pemimpin harus memiliki integritas yang tinggi dalam memajukan apa yang ia pimpin demi kemaslahatan bersama. Tanpa kedua karakter ini, kepemimpinan akan berujung pada pengkhianatan.

Ga Cuma Disegani Yuk Intip 7 Karakter Pemimpin yang Baik

2. Percaya diri

Pemimpin yang berpengaruh membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Sebab tanpa rasa percaya diri, seseorang tidak akan mampu meyakinkan orang lain agar mengikuti arahannya. Bagimana mungkin seseorang akan mengikuti kita, apabila kita tidak percaya dengan kemampuan diri kita sendiri. Dengan memiliki rasa percaya diri, seseorang akan mampu bersikap tegas dalam membuat setiap kebijakan yang akan membawa kebaikan bagi bawahannya.

3. Bisa Menginspirasi

Dengan menginspirasi secara langsung dengan tindakan nyata, akan memberikan dampak positif dan motivasi pada anggota untuk mengikuti atasannya. Inspirasi yang diberikan bisa dari tingkah laku sehari-hari, cara menyelesaikan masalah, atau kecerdasan berpikir dalam menyelesaikan segala tugas yang ada.Oleh karena itu, atasan yang memberikan contoh nyata lebih bermanfaat dibandingkan mereka yang hanya membuat bawahannya dengan janji manis belaka.

5. Komunikator Yang Baik

Satu lagi karakter dari daftar 7 karakter pemimpin yang baik yang harus dimiliki yakni mampu berkomunikasi dengan baik. Sebab komunikasi adalah kunci sukses setiap hubungan interpersolal, begitu juga hubungan atasan dan bawahan. Komunikasi yang jelas dan baik akan membuat orang lain memeperhatikan dan menghargai apa yang kita sampaikan. Dengan kemampuan ini seorang pemimpin dapat menyampaikan visi dan misinya kepada tim yang sedang ia pimpimpin.

6. Kreatif dan inovatif

Kemampuan berinovasi adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar tidak tergerus ditengah persaingan yang sengit ini. Tidak hanya inovatif, pemimpin juga dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan bisnis atau apapun yang sedang berada di bawah kepemimpinannya. Kreativitas dan inovasi ini lah yang dipercaya oleh para pakar sebagai karakter pembeda antara seorang pemimpin dan pengikut.

Ga Cuma Disegani Yuk Intip 7 Karakter Pemimpin yang Baik ini

7. Delegasi dan pemberdayaan

Tidak semua tugas dan permasalahan dapat diselesaikan sendiri. Fokus kepada masalah yang bersifat prioritas tertinggi adalah tugas seorang pemimpin, dan menyerahkan sebagian urusan sekunder kepada bawahan yang memiliki kompetensi di bidang tersebut. hal ini akan membangung kepercayaan antara pemimpin dan bawahan. Yang lebih penting dari semua itu adalah seorang pemimpim dapat lebih fokus pada penyelesaikanmasalah dan pertumbuhan instansi yang dipimpin.

Itulah tujuh karakter yang harus dimiliki oleh setiap atasan agar dapat mengarahkan tim sesuai visi dan misi perusahaan. Yang paling utama seorang pemimpin harus selalu bersikap baik dan tidak bersikap diskriminatif terhadap semua bawahannya. Bentuk karakter-karakter diatas dalam diri anda dan anda akan menjadi pemimpin yang dicintai dan dihormati tak hanya oleh bawahan tetapi juga oleh klien-klien anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *