Welcome
payudara Penyebab Kanker Payudara

Faktor Risiko Penyebab Kanker Payudara

Tidak bisa dipungkiri jika kanker payudara telah menjadi momok yang menakutkan di masyarakat. Tak hanya bagi wanita, pria juga dituntut untuk tetap waspada akan bahaya penyakit ini. Secara umum kanker payudara adalah suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan sel tidak wajar (atau abnormal) pada payudara manusia. Sel-sel ini sering muncul di lobulus, saluran payudara, atau jaringan ikat payudara. Faktor penyebab munculnya kanker payudara sebenarnya sangat banyak, bіsa faktor genetіk, hormonal, lіngkungan, atau gaya hіdup yang tіdak sehat.

Jika seseorang menderita kanker payudara karena faktor genetik, maka sulit untuk menghindari itu. Namun jika penyakit ini muncul karena faktor hormonal, lingkungan dan gaya hidup, maka kita tetap bisa mencegah penyakit tersebut berkembang.

Penyebab Kanker Payudara yang Dapat Dihindari

1. Berat badan berlebih

Padahal, wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas, terutama setelah menopause memiliki risiko 20-40 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal. Hal ini diduga berkaitan dengan keadaan hormon estrogen dan insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, menjaga berat badan yang ideal kiranya perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kanker payudara di tubuh kita.

Penyebab Kanker Payudara anda

2. Melahirkan di usia muda

Selain berat badan, melahirkan di usia muda (puluhan tahun) juga disinyalir meningkatkan risiko kanker payudara. Begitu juga dengan wanita yang melahirkan di atas usia 35 tahun, kedua kelompok ini sama-sama berisiko. Untuk itu, hindari menikah dini atau di usia 35 tahun ke atas, agar saat melahirkan berada di usia yang dirasa cukup aman (usia 20 tahun).

3. Mengkonsumsi Makanan Pemicu Kanker

Beberapa jenis makanan terbukti meningkatkan risiko kanker payudara, seperti makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan tinggi gula, makanan yang dipanggang, dan makanan dengan minyak trans. Tak perlu takut, makanan sendiri sebenarnya bukanlah faktor utama penyebab kanker payudara. Namun, jika Anda termasuk orang yang memiliki faktor penyebab kanker, maka mengonsumsi makanan di atas dapat meningkatkan risiko Anda.

4. Sering Terapi Hormon

Banyak wanita menjalani terapi hormon setelah menopause. Terapi ini biasanya menggunakan hormon estrogen dan progesteron, dan berlangsung dalam waktu yang lama. Karena itulah terapi hormon semacam ini bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Bagi Anda yang berniat melakukan terapi hormon, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, agar kadar hormon dan durasinya bisa dipercepat.

5. Paparan Radiasi Tingkat Tinggi

Terlalu sering terpapar radiasi tingkat tinggi juga harus Anda hindari jika tidak ingin terkena kanker payudara. Kegiatan tersebut antara lain CT scan, bekerja di tempat yang menggunakan mesin radiasi tinggi, menghirup asap kendaraan, dan bahan kimia. Pasalnya, aktivitas di atas terbukti meningkatkan sel penyebab kanker payudara dalam tubuh manusia.

Penyebab Kanker Payudara

6. Kebiasaan Merokok

Ya, dalam bungkus rokoknya sendiri disebutkan bahwa salah satu bahaya yang ditimbulkan oleh rokok adalah penyakit kanker, termasuk kanker payudara. Baik perokok aktif maupun mantan perokok memiliki risiko signifikan terkena kanker. Untuk mantan perokok, risikonya 6-9 persen lebih tinggi dibandingkan non-perokok. Sedangkan bagi perokok, risikonya bahkan lebih tinggi, mencapai 7-13 persen.

7. Konsumsi Minuman Beralkohol

Bagi Anda yang sering mengonsumsi minuman beralkohol, sepertinya Anda harus memikirkan kembali kebiasaan Anda. Pasalnya, menurut penelitian, minum satu gelas minuman beralkohol per hari berpotensi meningkatkan risiko kanker payudara hingga 7-12 persen. Ini karena hubungan antara kadar alkohol dan perubahan jumlah hormon dalam darah.

8. Tidak Menyusui

Menyusui saja bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen. Alasannya sederhana, menyusui membuat sel-sel payudara di tubuh seseorang berfungsi sesuai fungsinya. Karena itu dengan menyusui kita juga mencegah mutasi gen penyebab kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *