Welcome
mung bean es krim kacang hijau mint chocolate chip

Es Krim Kacang Hijau Ternyata Banyak Penggemarnya

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang biasanya dapat dijadikan sebagai bahan makanan manis berbentuk bubur, isian kue, hingga es krim. Es krim yang segar adalah makanan manis yang banyak digemari oleh semua orang, terlebih es dengan cita rasa kacang hijau yang khas. Es krim kacang hijau adalah jajanan jadul berbahan dasar mung bean yang bisa ditemukan dimana-mana. Anda juga dapat membuat es krim kacang hijau di rumah dengan mudah.

Cara Membuat Es Krim Kacang Hijau

Saat ini telah banyak mesin pembuat es krim yang mudah ditemukan di pasaran. Sehingga, anda tidak perlu lagi merasa kesulitan ketika ingin membuat es krim yang lebih sehat untuk dikonsumsi keluarga. Untuk membuat pilihan rasa es krim yang sehat, anda dapat mencoba varian kacang hijau. Keluarga kacang-kacangan ini memiliki tekstur lembut dan rasa legit yang cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan es krim homemade.

mung bean es krim kacang

Untuk membuatnya, pertama kali anda bisa menyiapkan kacang hijau yang sudah direndam selama semalaman agar mudah untuk dihancurkan. Setelah itu, anda bisa rebus kacang hingga lunak selama kurang lebih 45 menit. Lalu hancurkan kacang hijau sesuai dengan tekstur yang diinginkan dan rebus kembali bersama campuran susu cair, susu kental manis, gula, garam dan daun pandan. Masukkan adonan es krim pada wadah, lalu biarkan dingin di freezer.

Bagi anda yang memiliki mesin pembuat es, anda bisa langsung memasukkan adonan es krim ke mesin dan membiarkannya hingga berbentuk seperti es. Namun jika tidak ada, anda bisa menghaluskan adonan yang sudah di freezer menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang dan bertekstur kental. Sebagai langkah terakhir, anda bisa menempatkannya pada wadah plastik dan simpan dengan tutup yang rapat. Biarkan beku hingga 8 jam.

Cara Lain Menikmati Olahan Es Krim Kacang Hijau

Es krim kacang hijau yang lembut dan legit memang sangat enak untuk dinikmati pada saat cuaca panas. Namun jika bosan dengan olahan es krim yang polos dan begitu saja, kenapa tidak mengkreasikannya saja? Olahan es krim kacang hijau yang lembut akan terasa lebih nikmat ketika dinikmati bersama roti goreng yang masih panas dan garing. Ketika masuk kedalam mulut, krispi dari roti akan lumer menjadi satu dengan es krim legit rasa kacang hijau.

mung bean es krim kacang hijau

Untuk membuat es krim kacang hijau goreng, caranya mudah saja. Siapkan roti tawar tanpa kulit dan isi dengan beberapa sendok es krim rasa kacang hijau lalu lipat menjadi dua bagian. Pastikan isi roti tidak terlalu banyak, sehingga roti tidak bocor saat digoreng. Buat roti isi hingga adonan habis atau jumlah sesuai selera. Setelah itu, bungkus menggunakan alumunium foil agar roti tidak berantakan dan masukkan dalam freezer hingga es krim dan roti sudah set.

Setelah dibekukan selama kurang lebih 3 jam, lumuri roti yang sudah beku dengan tepung roti menggunakan kocokan telur sebagai lem perekatnya. Setelah proses ini, anda perlu memasukkannya kembali ke dalam freezer selama beberapa jam. Terakhir, goreng roti isi es krim mung bean di wajan dengan minyak panas. Es krim goreng isi kacang hijau siap disantap dengan tambahan topping sesuai selera.

Menjadi makanan yang digemari berbagai kalangan, kacang hijau memang tidak hanya memiliki rasa yang lezat tapi juga sehat dikonsumsi. Alhasil, kacang hijau banyak dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan olahan yang manis. Sebagai contohnya adalah es krim kacang hijau yang lembut dan legit. Olahan ini sangat segar dinikmati terlebih pada saat cuaca panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *