Welcome
Efisiensi & Efektivitas Jualan di Market Place

Efisiensi & Efektivitas Jualan di Market Place

Sekarang ini, bisnis jual beli online semakin marak dan meluas. Salah satu yang cukup populer adalah jualan di market place. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali pihak market place yang memberikan kemudahan untuk para pedagang dalam berjualan. Para penjual bisa bergabung dengan mudah dan bahkan gratis! Bak kesempatan emas, banyak sekali para penjual yang telah bergabung dan mulai bersaing di dalamnya. Tak sedikit yang menawarkan keistimewaan dalam belanja di toko online yang mereka bangun. Mulau dari pilihan produk asli, import, harga murah, pilihan jasa kirim paket cepat, diskon dan lainnya.

Beragam upaya dapat dilakukan untuk menarik perhatian para pembeli. Akan tetapi, sudahkah hasilnya maksimal ataukah biasa-biasa saja? Untuk memperoleh terbaik, rupanya diperlukan cara berjualan yang efisien dan efektif.

Efisiensi dan efektifitas dalam berjualan di market place sangatlah penting. Jika tidak diperhatikan, tentu bisnis akan kurang optimal. Bahkan bisa jadi kemungkinan toko yang dimiliki tidak dikunjungi oleh calon-calon pembeli. Adapun efisiensi itu sendiri merupakan suatu langkah sederhana untuk mencapai hasil optimal. Sedangkan efektifitas merupakan kegiatan maupun upaya yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis. Keduanya sama-sama penting dan saling berhubungan.

Sebagai contohnya, efisiensi dan efektifitas dalam bisnis online antara lain adalah:

• Pemilihan produk yang tepat. Meskipun barang apa saja bisa dijual via online, akan tetapi pemilihan secara asal-asalan bisa membuat barang jualan tidak diminati konsumen. Adapun macam-macam produk yang memiliki nilai jual atau banyak peminatnya itu seperti pakaian, kosmetik, alat elektronik, aksesoris dll

Efisiensi & Efektivitas Jualan di Market Place

• Kualitas produk asli itu perlu, meskipun calon pembeli tidak melihatnya secara langsung. Jika ketahuan produk yang dibeli palsu tentu pelanggan akan kecewa dan bisa meninggalkan reputasi buruk. Alhasil, calon pembeli selanjutnya enggan untuk berbelanja, bukan?

• Berikan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai aslinya. Mulai dari warna, ukuran, bahan dan juga lain-lainnya. Informasi yang lebih lengkap akan memudahkan calon pembeli dalam memilih barang yang Anda jual.

• Ketersediaan produk yang selalu diperbarui. Sehingga ketika ada pembeli, mereka tidak kecewa karena adanya kekosongan produk, bukan? Semisal Anda bukan toko yang selalu ready barangnya atau reseller maupun dropship, pastikan Anda memiliki supplier yang dapat diandalkan.

• Berikan respon yang tanggap juga ramah, sebab ragam pertanyaan bisa bermunculan. Pelayanan yang bagus pun menjadi point lebih bagi toko Anda. Jika toko online sebelah menjual produk yang sama dengan barang Anda, belum tentu kualitas pelayanannya sama, bukan? Jadi, pastikan calon-calon pembeli mendapatkan pelayanan terbaik sejak dari awal sampai purnal jual.

• Potongan harga bisa sesekali atau dalam pembelian banyak dapat diberikan untuk semua konsumen. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, namun diskon sudah menjadi kabar menyenangkan bagi calon pembeli.

• Pastikan toko online Anda mempunyai pilihan jasa pengiriman yang lengkap. Atau setidaknya lebih dari satu agar dapat dipilih oleh konsumen, baik itu jasa pengiriman secara reguler maupun cepat. Memang, untuk jasa kirim paket dihandle oleh pihak lain. Akan tetapi pilihan rentang seberapa lama estimasi pengiriman barang cukup menjadi perhatian konsumen. Terutama dalam penggunaan barang yang dibeli. Ada yang santai ada juga pembeli yang memerlukan barang tersebut segera mungkin.

Itulah beberapa point penting dalam efisiensi dan juga efektifitas berjualan online di market place. Sebab disana, ada puluhan bahkan ratusan penjual yang membukan toko online. Jika tidak ada upaya yang tepat, maka hasilnya akan nihil. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *