Welcome
mengatasi koneksi internet lambat inilah

Cara Rumahan Mengatasi Internet Lemot

Di era digital seperti sekarang ini, internet menjadi hal krusial untuk membantu berbagai macam aktivitas. Alhasil, saat ini sangat jarang ditemukan rumah yang tidak memiliki akses internet di dalamnya. Namun seringkali tiba-tiba jaringan internet menjadi lemot dan susah digunakan untuk beberapa kegiatan. Bisa dilakukan sendiri di rumah, berikut cara mengatasi koneksi internet lambat yang bisa dicoba terlebih dahulu sebelum memanggil teknisi ke rumah.

Cara Mudah Untuk Mengatasi Jaringan Internet Lemot Di Rumah

1. Tidak Tepat Dalam Menempatkan Router WiFI

Router internet adalah alat yang dapat mengirimkan data melalui sebuah jaringan. Menjadi alat yang penting dan berperan dalam cepat atau lambatnya koneksi internet, ada baiknya anda harus memahami cara kerja router termasuk posisi penempatan router. Salah satu alasan internet di rumah menjadi lambat karena banyaknya pengguna router yang sama. Sehingga, anda juga perlu mempertimbangkan router yang lebih canggih yang dapat mempercepat koneksi internet.

mengatasi koneksi internet lambat Komputer Lemot

Biasanya, penempatan router yang diletakkan di sembarang tempat akan mempengaruhi sinyal internet yang bisa ditangkap. Seperti contoh, ketika anda meletakkan router pada ruangan yang memiliki banyak sekat, sinyal yang dipancarkan akan terdistrak dengan banyak bangunan di sekelilingnya. Bisa juga karena router ditempatkan dekat dengan banyak barang elektronik yang dapat mengganggu sinyal WiFi. Dengan begitu, pastikan untuk selalu menempatkan router di tempat yang pas.

2. Jaringan Koneksi Internet Dari Provider Yang Bermasalah

Koneksi jaringan internet yang bermasalah dapat terjadi sewaktu-waktu dan mengganggu. Seringkali, anda sudah mengaktifkan WiFi di perangkat namun tetap saja lemot seakan-akan anda sedang offline. Untuk mengecek adanya gangguan, anda bisa memeriksa kecepatan internet dengan cara menyambungkan kabel tambahan yaitu kabel Ethernet pada perangkat anda. Jika kecepatan internet menjadi lancar dan normal, ada kemungkinan anda salah menempatkan router WiFi.

Untuk mengatasinya, anda bisa mencari tempat yang lebih pas untuk menempatkan router. Namun jika cara tersebut tidak bisa mengatasi internet lemot, ada kemungkinan jika permasalahan lemotnya jaringan internet disebabkan oleh provider penyedia WiFi. Jika kondisi yang terjadi seperti itu, anda bisa menghubungi pihak provider untuk menyampaikan kendala yang terjadi. Pihak provider akan mencoba menyelesaikannya atau mengirimkan teknisi untuk ke rumah anda.

3. Kontrol Penggunaan Internet Dengan Pengaturan Bandwidth

Internet yang lemot juga dapat terjadi dikarenakan banyaknya perangkat yang terhubung pada jaringan WiFi yang sama. Banyaknya perangkat yang terhubung pada jaringan yang sama membuat bandwith internet menjadi rebutan. Contohnya, ketika banyak perangkat yang menggunakan jaringan WiFi yang sama, maka internet akan lebih dulu tersambung pada piranti yang pertama tersambung, ataupun piranti yang memerlukan data yang lebih besar.

mengatasi koneksi internet lambat cara mengatasi internet koneksi

Untuk dapat mengatasi koneksi internet lambat seperti kasus diatas, anda bisa mengontrol jumlah bandwith dengan cara mudah bahkan tanpa software tertentu. Anda bisa masuk ke menu start pada laptop ataupun komputer anda. Kemudian, klik run dan ketikkan “Group Policy” pada kolom gpedit.msc. Kemudian akan muncul tampilan “Computer Configuration”, klik “Network”. Lalu pilih “Limit reservable Bandwidth” untuk membatasi pengguna WiFi untuk menerima kecepatan yang sama.

Memiliki jaringan internet yang lemot, memang menyebalkan. Terlebih jika hampir seluruh aktivitas anda harus dibantu dengan menggunakan jaringan internet. Ketika jaringan internet menjadi lambat, anda wajib mengetahui penyebab ataupun alasan yang membuat jaringan internet menjadi lambat. Sehingga anda dapat mengatasinya sendiri di rumah, tanpa perlu menunggu lama datangnya teknisi yang dikirimkan dari provider penyedia internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *