Welcome
cara mendapatkan bonus kuota byu Cara Aman Dan Bijak Berinternet Untuk Anda Dan Keluarga

Cara Mengamankan Internet Dari Anak

Saat ini provider digital seperti By.U sudah mulai banyak bermunculan di Indonesia. Selain memberikan kemudahan terutama soal pembelian kartu dan kuota terdapat banyak cara mendapatkan bonus kuota byu yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar. Namun, selain untuk kepentingan pendidikan kalian juga harus berhati-hati agar anak-anak nantinya tidak terpengaruh dampak negatif internet.

Langkah mudah melindungi anak-anak

Tidak bisa dipungkiri jika internet memiliki banyak dampak negatif terutama untuk anak-anak. Oleh sebab itu, kalian sebagai orang dewasa sudah seharusnya menyadari hal tersebut dan memiliki beberapa cara untuk mengamankan komputer dan smartphone kalian dari jangkauan anak-anak. Bagi kalian yang tertarik berikut beberapa cara untuk melakukannya.

cara mendapatkan bonus kuota byu

1.   Mengatur keamanan password wifi

Saat ini anak-anak sudah semakin pintar dalam bidang teknologi. Menggunakan password wifi rasanya sudah tidak terlalu bisa diandalkan. Hal tersebut bisa membuat anak-anak bisa mengakses internet tanpa izin dan pengawasan yang cukup. Untuk menghindarinya, sebaiknya kalian menggunakan WPA atau Wifi Protected Access yang membuat mereka tidak bisa menggunakan internet tanpa izin.

2.   Memilih konten yang sesuai umur

Saat ini baik google atau layanan streaming sudah memiliki fitur yang mencegah anak-anak melihat konten-konten dewasa. Layanan tersebut bisa mengontrol dan memfilter berbagai konten yang muncul di internet. Namun, sayangnya hal tersebut belum bekerja dengan sempurna sehingga masih perlu peran orang tua dalam mengawasi konten-konten yang layak untuk anak.

3.   Gunakan aplikasi parental control

Agar lebih aman kalian sebaiknya menggunakan software parental control untuk semua perangkat yang sering digunakan oleh anak-anak mulai dari smartphone, tablet, laptop hingga PC. Saat ini sudah ada berbagai software yang bisa diunduh dengan mudah untuk mengawasi aktivitas internet anak-anak kalian.

4.   Memeriksa history browser secara teratur

Selalu cek history situs apa saja yang pernah dibuka oleh anak-anak. Namun, kalian juga perlu berhati-hati karena saat ini anak-anak sudah bisa menghapus history browse setelah digunakan. Oleh sebab itu, jika kalian menemukan browsing record yang terhapus maka kalian harus curiga dan sebisa mungkin bertanya pada anak.

5.   Menerapkan aturan sejak dini

Selain menggunakan berbagai aplikasi dan teknologi, yang tidak kalah penting adalah membuat aturan sejak awal. Terapkan peraturan dalam menggunakan internet agar anak-anak terbiasa menggunakannya dengan pengawasan dan dalam batas yang masih wajar. Selain itu berikan juga hukuman yang mendidik jika anak melanggar peraturan yang telah dibuat.

Tekankan privasi pada anak

Perlu kalian sadari jika anak-anak juga sangat rentan menjadi korban kejahatan melalui dunia maya. Oleh sebab itu, selalu mengawasi aktivitas internet anak-anak saja juga tidak cukup. Kalian juga harus memastikan jika privasi anak selalu terjaga.

cara mendapatkan bonus kuota byu cara melindungi anak dari efek negatif internet

Berikan pemahaman pada anak-anak bahwa berbagai peralatan elektronik seperti tablet, smartphone dan komputer adalah milik orang tua sehingga tidak boleh digunkan tanpa izin. Namun, jika anak-anak sudah cukup umur untuk memiliki smartphone sendiri maka sebaiknya kalian juga mengingatkan tanak entang pentingnya menjaga privasi dirinya selama menjelajah internet.

Akan tetapi meskipun memiliki dampak negatif, dampak positif internet bagi anak juga cukup besar terutama di saat pandemi seperti sekarang. Internet menjadi penghubung utama anak dengan tenaga pendidik sehingga anak-anak terutama yang masih duduk di sekolah dasar tidak tertinggal materi pelajaran.

Selain itu, internet juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran mengingat banyak sekali informasi yang bisa didapatkan melalui internet. Hal ini akan sangat membantu proses pembelajaran terutama dengan adanya bonus kuota dari pemerintah dan swasta seperti bonus kuota By.U yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *