Welcome
Cara Jasa Kurir Tentukan Ongkos Kirim ini

Cara Jasa Kurir Tentukan Ongkos Kirim

Perkembangan zaman seperti pada era ini mendorong banyaknya kemajuan di segala sektor. Sektor yang paling mencolok dalam kemajuannya ialah teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan berbagao hal di sektor-sektor lain banyak didasari oleh majunya teknologi infomrasi dan komunikasi tersebut. Berbagai bidang industri tentu menjadi sangat diuntungkan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak yang sangat luas, salah satunya di bidang jasa seperti industry jasa pengiriman barang.

Seiring dengan perkembangan zaman, jasa kurir pengiriman barang juga mulai mengembangkan berbagai inovasi. Inovasi-inovasi ini sedikit banyaknya terkait dengan teknologi. Penyedia jasa kurir saat ini sudah tidak hanya mengandalkan sistem konvensional, namun juga sudah berbasis teknologi dan aplikasi. Selain itu, inovasi lain yang diusung adalah jasa kirim paket satu hari sampai, cek ongkos kirim barang secara online, hingga adanya metode pelacakan barang

Karena perkembangan yang saat ini terjadi di sektor jasa kurir barang, berbagai hal selalu menjadi inovasi dan hal-hal lama terus ditingkatkan. Salah satu hal yang terus berkembang disektor ini adalah masalah ongkos kirim. Ongkos kirim sendiri adalah biaya yang perlu dikeluarkan oleh konsumen untuk mengirimkan barang lewat jasa kurir pengiriman. Penentuan ongkos kirim ini juga tidak asal-asalan. Ada beberapa faktor yang menentukan besar kecilnya ongkos kirim barang konsumen. Berikut ini beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan cara jasa kurir menentukan ongkos kirim.

1. Jarak Tempuh Pengiriman

Jarak tempuh pengiriman yaitu seberapa jauh jarak antara lokasi pengirim (lokasi jasa kurir tempat mengirimkan barang) dan juga lokasi tujuan pengiriman. Normalnya, semakin jauh jarak yang ditempuh untuk mengirimkan paket ataupun barang, semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan. Meski begitu, ada beberapa kasus khusus dimana jarak tempuh yang berjarak dekat lebih mahal dibanding yang berjarak lebih jauh. Hal tersebut dikarenakan medan tempuh atau faktor-faktor lainnya.

Cara Jasa Kurir Tentukan Ongkos Kirim

2. Jumlah atau Berat Barang yang Dikirim

Berat serta jumlah barang yang dikirim juga berpengaruh terhadap ongkos kirim. Biasanya, hitungan berat ini di dalam satuan kilogram. Hitungan minimal yang diterapkan adalah 1 kilogram, dimana biasanya barang-barang yang beratnya kurang dari 1 kilogram akan dibulatkan hingga 1 kilogram. Ketika sudah lebih dari 1 kilogram, ada kebijakan-kebijakan khusus dari penyedia jasa kurir pengiriman barang. Tiap penyedia jasa ini menerapkan kebijakan yang berbeda-beda. Adanya yang langsung membulatkan ke 2 kilogram, ada juga yang masih memiliki batas tolerir. Selain berat, jumlah juga mempengaruhi harga.

3. Jenis Paket Pengiriman

Jenis paket pengiriman yang dimaksud adalah pilihan-pilihan opsi pengiriman. Biasanya ada yang menyediakan 1 hari sampai, regular, dan pilihan-pilihan lain. Standarnya adalah regular. Semakin cepat waktu pengiriman yang diminta oleh konsumen, maka akan semakin mahal juga biaya yang harus dikeluarkan. Meski begitu, jenis paket pengiriman ini harus tetap bervariasi untuk memberikan pilihan pada konsumen.

4. Jenis Barang Kiriman

Jenis barang yang dimaksud adalah apakah barang tersebut berbentuk cair, barang mudah pecah, atau barang yang tidak perlu perhatian khusus. Jenis barang yang membutuhkan perhatian khusus normalnya akan dikenakan tarif lebih. Hal tersebut karena pihak jasa pengiriman barang tentu akan menjaga barang dengan sangat hati-hati agar dapat sampai dengan selamat di tujuan pengiriman.

5. Asuransi

Perusahaan pengiriman barang biasanya bekerjasama dengan pihak asuransi. Bagi konsumen yang menginkan adanya asuransi terhadap barang yang dikirimkan, tarif pengiriman pasti akan lebih dari biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *