Welcome
Bolehkah Mandi Setelah Olahraga Cek Disini

Bolehkah Mandi Setelah Olahraga ? Cek Disini !

Ketika anda selesai melakukan aktifitas, terutama berolahraga terkadang tubuh menjadi lebih cepat untuk berkeringat. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa sebagian orang memilih untuk mandi setelah olahraga. Namun hal tersebut ternyata tak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, kali ini akan diulas beberapa dampak buruk yang terjadi akibat mandi seusai berolahraga.

Mengapa Tidak Boleh Mandi Seusai Berolahraga ?

Bagi anda yang telah selesai berolahraga pasti memiliki keinginan untuk mandi. Hal ini dikarenakan keringat yang mengucur deras ke tubuh akan membuat anda gerah dan ingin segera berbilas. Akan tetapi, setelah anda berolahrga, jantung akan mengalami detak yan lebih cepat sehingga memompa darah yang lebih banyak mengandung oksigen dari biasanya ke otot-otot yang aktif.

Bolehkah Mandi Setelah Olahraga Cek Disini ini

Untuk itulah, ketika olahraga suhu tubuh akan meningkat sehingga anda nantinya akan banyak mengeluarkan keringat sebagai salah satu cara dari tubuh untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal kembali. Untuk itu jika anda mandi setelah olahraga, maka kondisi tubuh yang masih panas tersebut akan langung tersiram air dingin sehingga nantinya akan menimbulkan dampak buruk untuk tubuh anda.

Dampak Buruk Yang Mungkin Akan Terjadi Saat Mandi Seusai Berolahraga

Dampak buruk tentu saja dapat menyerang tubuh jika anda mandi seusai berolahraga. Anda nantinya dapat berisiko untuk terkena serangan jantung dan kematian yang mendadak apabila langsung mandi setelah melakukan aktivitas olahraga. Hal ini dikarenakan air dingin dalam mandi akan membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga nantinya kamu akan rentan terhadap penyakit yang bisa menyeranga secara tiba-tiba seperti serangan jantung.

Selain itu, dampak buruk dari mandi setelah olahraga adalah fungsi kelenjar keringat akan terganggu. Hal ini disebabkan saat berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan cairan keringat sampai suhu tubuh kembali normal. Jika anda mendinginkan kulit atau mandi secara tiba-tiba, maka akan membuat fungsi kelenjar keringat akan mengalami gangguan. Hal ini tentunya akan menyebabkan kinerja menjadi menurun dan pengeluaran panas di dalam tubuh akan terhambat.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mandi Seusai Berolahraga ?

Meskipun mandi setelah melakukan olahraga memiliki dampak yang buruk, namun bukan berarti anda tidak boleh melakukannya. Anda tetap bisa mandi seusai olahraga namun haruslah mengetahui saat yang tepat. Untuk itu, anda sebaiknya jangan mandi seusai melakukan olahraga, jadi anda bisa memberikan jeda sekitar 20-30 menit hingga keringat anda menjadi kering dan suhu tubuh menjadi normal.

Bolehkah Mandi Setelah Olahraga Cek Disini

Anda juga bisa melakukan peregangan sembari menunggu waktu. Melakukan pendinginan tersebut penting untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti awal sehingga akan membantu anda untuk mencegah pegal-pegal setelah berolahraga. Anda juga bisa mandi dengan menggunakan air hangat atau air dingin karena keduanya memiliki manfaat masing-masing seperti melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan juga membuat anda rileks setelah berolahraga.

Akan tetapi, jika anda mandi setelah olahraga denagn menggunakan air dingin maka tentu saja juga bisa memberikan manfaat yang berbeda diantaranya adalah membantu tubuh untuk melindungi organ dalam dengan cara mendorong darah mengalir hingga ke kulit. Selain itu juga berfungsi untuk meredakan rasa panas yang timbul akibat berolahraga dan mencegah timbulnya radang otot atau nyeri karena berolahraga terlalu intens.

Mandi seusai olahraga ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh anda. Dengan mandi, maka tubuh anda akan menjadi bersih dan segar. Selain itu, dengan mandi juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki kekebalan tubuh. Untuk itu, mandi setelah melakukan olahraga sebenarnya juga memiliki manfaat yang baik apabila dilakukan di waktu yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *