Welcome
perbedaan pertamax dan pertamax turbo ini

Biar Tidak Salah Beli, Yuk Intip Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo

Untuk bisa beroperasi, setiap kendaraan pasti membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM). Di Indonesia ada banyak sekali jenis BBM yang beredar. BBM produksi PT. Pertamina Persero yang biasa digunakan oleh mesin kendaraan terdiri dari Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Berbicara mengenai BBM, masih ada sebagian orang yang belum tahu perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo. Agar tidak semakin penasaran, yuk simak ulasannya disini.

Karakteristik yang Membedakan Pertamax dengan Pertamax Turbo

1. Kadar Oktan atau Reasearch Octane Number (RON)

Oktan merujuk pada ukuran tingkat ketahanan suatu jenis bahan bakar dalam menerima kompresi. Pertamax memiliki kadar atau nilai oktan 92, dimana nilai ini cocok digunakan pada mobil mobil modern yang memiliki rasio kompresi mesin antara 10 : 1 sampai 11 : 1. Sementara Pertamax Turbo lahir karena kerjasama antara Pertamina dan Lamborghini. Nilai oktan yang dimiliki oleh Pertamax ini mencapai 98, dan hanya cocok untuk mobil dengan rasio kompresi mesin antara 11 : 1 hingga 13 : 1.

perbedaan pertamax dan pertamax turbo ferrari laferrari

2. Penggunaan Pewarna Dyes yang Berbeda

Diketahui pada semua jenis BBM pabrikan PT. Pertamina Persero memiliki warna yang berbeda. Menurut beberapa ahli, pewarna yang digunakan tersebut tidak sembarangan melainkan hanya menggunakan pewarna khusus bernama Dyes. Yang mana Dyes ini berfungsi untuk membedakan setiap jenis BBM. Diketahui bahwa warna Pertamax adalah biru, sementara Pertamax RON 98 berwarna merah.

Pada kasus ini, Pertamina sengaja memberikan warna yang berbeda pada BBM dengan tujuan untuk memudahkan operasional saat di lapangan. Perbedaan pada warna tersebut juga bertujuan untuk mencegah beredarnya BBM yang dioplos oleh oknum tidak bertanggung jawab. Warna yang berbeda ini juga berfungsi untuk mengontrol setiap SPBU agar tidak salah memasukkan BBM di dispenser.

3. Penggunaan Pada Mesin Kendaraan

Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo bisa dilihat dari penggunaan BBM tersebut untuk kebutuhan mesin kendaraan. Pertamax merupakan jenis bahan bakar bensin yang bisa digunakan pada hampir semua jenis mesin kendaraan, yang memiliki kompresi tidak lebih dari rasion 11 : 1. Yang mana hal tersebut berbeda dengan penggunaan Pertamax RON 98. Sebagai pengganti Pertamax Plus, BBM satu ini diperuntukkan mesin kendaraan dengan sistem direct injection dan turbocharger.

perbedaan pertamax dan pertamax turbo Motors

Mesin kendaraan dengan teknologi Injeksi langsung (direct injection), akan membuat bensin yang masuk ruang bakar mesin sudah dalam bentuk butiran yang sangat halus (atomisasi). Sehingga hal tersebut akan berdampak pada proses pembakaran yang optimal. Meskipun bensin Pertamax RON 98 cenderung sulit dibakar, namun ketika digunakan pada mesin yang mampu membentuk bensin dalam bentuk butiran halus maka akan mudah terbakar.

4. Perbedaan Pada Harga

Dikarenakan memiliki kadar oktan atau Research Octane Number (RON) yang berbeda, sudah pasti hal tersebut memengaruhi harga yang ditetapkan untuk RON 92 dan RON 98. Pertamax dengan RON 92 dibanderol dengan harga Rp. 9 ribu, sementara untuk Pertamax dengan RON 98 dibanderol dengan harga Rp. 9.850. Namun meskipun hanya memiliki selisih yang tidak signifikan, namun ada baiknya lebih bijak dalam memilih penggunaan jenis Pertamax ini.

Pertamax dengan RON rendah memang lebih mudah menguap bila dibandingkan dengan yang memiliki RON tinggi. Untuk itu, mesin dengan rasio kompresi rendah disarankan mengunakan bensin RON rendah. Jika memaksakan menggunakan Pertamax RON tinggi, BBM tidak terbakar dengan baik dan menghasilkan tenaga yang rendah. Oleh karena itu, sebelum membeli jenis Pertamax ada baiknya tahu lebih dulu karakteristiknya agar tidak salah beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *