Welcome
Pengusaha Di Tengah Pandemi ini

Bertahan Di Tengah Pandemi, Yuk Cari Tahu Yang Harus Dilakukan Pengusaha

Tidak hanya menyebabkan perubahan pada gaya hidup saja, pandemi virus Corona juga memberikan dampak yang nyata pada perputaran perekonomian. Sehingga, hal tersebut yang membuat banyak pebisnis yang memutuskan untuk menutup bidang usahanya. Kendati demikian, tak sedikit pula pelaku usaha yang masih bertahan mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi. Yuk, cari tahu langkah pengusaha bertahan saat pandemi.

Langkah Pebisnis Mempertahankan Usaha Saat Pandemi

1. Memanfaatkan Peluang Dengan Mengubah Fokus.

Ketika anda memutuskan untuk tetap menjalani bisnis meskipun di tengah pandemi, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan peluang yang ada. Jika dibutuhkan, tak ada salahnya pula mengubah fokus bisnis yang digeluti dan menyesuaikannya dengan kondisi yang terjadi. Misalnya saja, jika bisnis yang anda geluti di bidang kuliner, maka anda bisa menjual berbagai makanan siap masak untuk masyarakat yang tidak ingin keluar rumah.

Pengusaha Sukses Indonesia

2. Memaksimalkan Layanan Online

Di era pandemi Covid-19 ini, membuat kebiasaan baru muncul pada diri masyarakat. Salah satunya adalah membeli seluruh kebutuhan hidup melalui layanan online. Oleh karena itu, agar bisnis yang anda geluti bisa tetap berjalan dengan baik, maka ada baiknya untuk memaksimalkan layanan online yang tersedia. Untuk menawarkan serta mengenalkan bisnis, anda bisa melakukan pemasaran melalui media sosial, misal Instagram, Facebook, dan lainnya.

Atau mungkin bisa pula dengan membuat aplikasi ataupun platform yang memungkinkan untuk diakses konsumen dengan mudah. Selain itu, bisa juga dengan bergabung di berbagai e-commerce, sehingga akan memperluas lapak dagangan anda di dunia maya. Di masa pandemi ini, melakukan kegiatan digital marketing dianggap lebih bisa meningkatkan penjualan dari produk

3. Memberikan Diskon Dan Promo

Seperti yang banyak di ketahui, sejak adanya himbauan untuk melakukan semua aktivitas di rumah saja, maka semua kegiatan seperti bekerja, belajar, hingga belanja pun dilakukan secara online. Bagi yang seorang pengusaha, bisa memanfaatkan situasi tersebut menjadi peluang dalam berbisnis, dimana anda bisa menawarkan diskon ataupun promo pada produk yang dijual.

Promo yang diberikan pada konsumen biasanya dalam bentuk paket hemat ataupun potongan harga. Selain itu, anda juga bisa memberikan tawaran berupa free ongkos kirim. Semua bentuk promosi yang diberikan tersebut, dikatakan lebih efektif dalam meningkatkan penjualan. Namun, sebelum memberikan diskon atau promo tersebut penting bagi anda untuk menghitung untung dan ruginya terlebih dahulu.

4. Menjual Produk Yang Dibutuhkan Masyarakat

Agar anda tetap bisa menjalani bisnis meskipun di tengah pandemi, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan ikut serta menjual barang yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya saja seperti masker, hand sanitizer, suplemen penjaga daya tahan tubuh, cairan desinfektan atau mungkin produk lainnya yang berhubungan dengan situasi pandemi saat ini.

Pengusaha Di Tengah Pandemi

Meskipun produk yang anda jual tidak berkaitan dengan bidang usaha yang tengah anda jalani, namun kemungkinan bisa memberikan pemasukan pada keuangan. Karena, di kondisi pandemi yang sedang berlangsung ini, tentunya banyak masyarakat yang mencari dan membutuhkan barang tersebut. Jadi, tak menutup kemungkinan pula hal tersebut bisa membuat bisnis yang anda geluti tetap berjalan.

Meskipun banyak dari pelaku usaha yang mulai menutup bidang bisnisnya, namun tak sedikit pula yang masih mempertahankan usaha yang dimilikinya. Beberapa langkah tersebut bisa anda jadikan pedoman atau referensi, jika masih menghendaki bisnis yang anda geluti saat ini tetap bisa berjalan dengan baik, meskipun di tengah terjangan pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *