Welcome
cara membuat bisnis plan sederhana

Berikut 7 Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana yang Perlu Anda Ketahui

Perencanaan bisnis atau bisnis plan sangat berguna untuk membantu dalam mencapai tujuan bisnis. Selain untuk menjabarkan visi dan misi untuk menjaga goal atau tujuan, perencanaan bisnis juga berguna untuk mencari investor. Perencanaan bisnis yang sederhana tidaklah terlalu rumit, pasalnya hanya terdiri dari beberapa poin penting yang bisa dimodifikasi. Apa saja poin penting dalam cara membuat bisnis plan sederhana? Yuk simak dalam ulasan ini.

7 Cara Penting Dalam Membuat Bisnis Plan Sederhana

1. Menentukan Nama Bisnis

Hal yang penting dalam membuat perencanaan bisnis adalah menentukan nama bisnis. Selain itu jangan lupa untuk menceritakan sedikit tentang bisnis, latar belakang bisnis, atau hal apa saja yang dapat menjelaskan tentang bisnis. Ceritakan bisnis tersebut dengan singkat, tidak usah panjang panjang. Jangan lupa juga jelaskan tentang pencapaian pencapaian yang diraih oleh bisnis jika sudah ada.

2. Tujuan Perusahaan

Setiap perusahaan bisnis pasti memiliki tujuan. Oleh karena itu Anda bisa dengan spesifik menuliskan tujuan yang berupa visi dan misi bisnis yang akan dijalankan. Dimana visi merupakan tujuan besar atau utama yang ingin diraih oleh bisnis. Sedangkan misi adalah tujuan tujuan yang lebih kecil, dimana bertujuan untuk dapat mencapai visi bisnis perusahaan.

3. Analisis Jasa atau Produk Bisnis

Dalam analisis bisnis maka harus dijelaskan secara mendetail tentang produk atau jasa yang akan ditawarkan. Jangan lupa juga jelaskan kapasitas produksi dalam satu bulan ada berapa banyak dan bagaimana strategi yang akan dilakukan untuk memenuhi target produksi. Selain itu, pastikan juga jelaskan kelebihan produk atau jasa Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing lain.

4. Target Pasar Bisnis

Tuliskan dengan spesifik target pasar dari bisnis yang akan dijalankan. Ada baiknya untuk menjelaskan kalangan apa yang akan disasar, berasal dari wilayah mana, berapa daya beli target pasar, hingga bagaimana kehidupan sehari hari mereka. Anda juga harus mampu dalam menganalisis dan memprediksi perkembangan pangsa pasar bisnis, sehingga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan strategi marketing.

5. Menentukan Strategi Pemasaran

Cara membuat bisnis plan sederhana yang selanjutnya adalah dengan menentukan strategi pemasaran. Contohnya saja setelah melakukan analisis target pasar, ditemukan bahwa pangsa pasar yang paling potensial adalah media sosial. Maka langkah selanjutnya yang perlu diambil adalah dengan membuka toko online di media sosial dan memasarkan produk atau jasa di platform tersebut setiap hari.

6. Analisis Keuangan

Analisis keuangan menjadi bagian yang paling penting dalam membuat perencanaan bisnis. Pasalnya jika terdapat kesalahan dalam analisis keuangan maka ke depannya bisnis yang dijalankan akan semakin salah. Oleh karena itu, pastikan dalam menyusun analisis keuangan dilakukan dengan teliti dan realistis. Biasanya dalam analisis keuangan ini akan diisi dengan dana yang dibutuhkan mencakup biaya produksi, biaya marketing, pengadaan alat untuk usaha, dan biaya penting lainnya.

7. Proyeksi Omset dan Profit

Setelah membuat analisis keuangan, maka harus membuat proyeksi omset dan profit untuk bulan bulan berikutnya. Dimana dalam proyeksi tersebut perlu untuk menentukan target produksi untuk bulan bulan berikutnya setelah BEP, hitung biaya operasional yang diperlukan untuk produksi dalam sebulan, membuat jumlah target penjualan setiap bulan, kemudian menghitung omset setiap bulan. Setelah itu kurangi jumlah omset dengan biaya operasional.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat perencanaan bisnis yang sederhana. Dimana perencanaan bisnis tersebut tidak hanya berfungsi sebagai panduan dalam menjalankan bisnis, tetapi juga untuk menarik investor. Oleh karena itu, ada baiknya perencanaan bisnis tersebut disusun dengan rapi. Akan lebih baik lagi jika perencanaan bisnis sudah disediakan dalam bentuk slide presentasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *