Welcome
tidak bisa akses internet susah sinyal

Apakah di Pedalaman Juga Sekolah Daring?

Sekolah daring merupakan aktifitas yang banyak dilakukan oleh pelajar saat ini. Akibat pandemi Covid-19, dunia pendidikan merasakan dampaknya. Pengajar dan pelajar harus melakukan sekolah daring guna menjauhkan diri dari virus Covid selama melakukan pembelajaran. Pemerintah berupaya agar kegiatan belajar dan mengajar tetap berjalan meskipun mendapatkan gempuran dari virus Corona. Pemerintah pada akhirnya mengeluarkan kebijakan agar semua sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa terkecuali. Akibat kebijakan ini, sekolah di pedalaman juga harus menerapkan sekolah daring. Meskipun harus menerapkan sekolah daring, pelaksanaan daring di pedalaman menimbulkan masalah tersendiri. Hal tersebut dapat terjadi lantaran infrastrukstur penunjang di pedalaman masing sangat rendah. Pelajar di pedalaman tidak bisa akses internet secara normal akibat kurangnya infrastruktur di sana. Kendala ini membuat sekolah daring dilakukan dengan percuma dan tidak dapat memperoleh hasil yang diharapkan.

tidak bisa akses internet

Jaringan internet yang tidak dapat diakses merupakan kendala utama sekolah daring di pedalaman. Tidak hanya pelajar, pengajar di pedalaman juga mengeluhkan akan jaringan internet yang tidak berjalan dengan baik. Sekolah daring di pedalaman tidak lagi efektif jika jaringan internet sulit dijangkau. Akses internet yang sulit bukan satu-satunya alasan yang membuat sekolah daring di pedalaman berjalan kurang efektif. Perekonomian masyarakat pedalaman yang rendah membuat pelajar di pedalaman kesulitan untuk memiliki smartphone. Seperti yang kita ketahui, smartphone merupakan salah satu piranti yang dapat menghubungkan pengajar dan pelajar ketika pandemi. Tanpa adanya smartphone, bagaimana bisa pelajar dan pengajar bertatap muka? Pelajar bahkan tidak dapat mengakses internet tanpa keberadaan smartphone. Kondisi ini membuat pelajar di pedalaman sulit menerapkan sekolah daring. Jangankan smartphone, pedalaman menjadi wilayah dimana listrik masih sulit untuk didapat. Smartphone tentunya hanya dapat digunakan dalam keadaan menyala. Untuk menyalakan smartphone, pemilik harus menghubungkannya dengan sumber daya. Listrik menjadi sumber daya smartphone yang sangat penting. Dengan kata lain, tanpa keberadaan listrik sekolah daring sukar dilakukan oleh pelajar di pedalaman.

tidak bisa akses internet ini

Dukungan peralatan komunikasi, listrik dan jaringan internet sangat dibutuhkan ketika sekolah daring dilakukan. Wilayah pedalaman yang tidak mendapat dukungan komunikasi tentunya sistem belajar online tidak dapat dilakukan. Karena beberapa wilayah pedalaman sulit melakukan sekolah daring, beberapa sekolah diberikan kebijakan untuk melakukan sekolah offline. Sekolah offline yang dilakukan tentunya dilakukan dengan sistem yang berbeda. Pelajar di pedalaman diperbolehkan untuk pelajar offline dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sekolah di pedalaman harus memperhatikan jumlah siswa boleh mendatangi sekolah. Agar terhindar dari virus, jumlah siswa yang datang ke sekolah harus dibatasi. Mereka juga diwajibkan untuk mengenakan masker dan sering mencuci tangan. Dengan melakukan hal ini, pelajar yang berada di pedalaman tetap akan mendapatkan pembelajaran tanpa harus melakukan sekolah daring.

Menetapkan sekolah offline merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk wilayah pedalaman yang tidak bisa akses internet dan kesulitan memiliki smartphone. Jika sekolah daring dipaksakan untuk dilakukan, para siswa atau pelajar yang tinggal di pedalaman tidak akan mendapatkan hal-hal yang diharapkan. Baik pemerintah dan kementerian pendidikan harus memberikan dukungan berupa peralatan komunikasi yang memadai dan akses jaringan yang baik jika ingin menerapkan sekolah daring di pedalaman. Fasilitas tersebut sangat diperlukan guna memudahkan penerapan sekolah daring di kawasan pelosok atau pedalaman. Dengan sistem sekolah daring yang merata, pendidikan di tanah air diharapkan berjalan dengan semestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *