Welcome
investasi jangka pendek yang menguntungkan

Apa Itu Investasi Jangka Pendek dan Bagaimana Cara Mengelolanya?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai uang yang kita punya dan menjadi salah satu cara melindungi harta dari jebakan inflasi adalah dengan berinvestasi. Jenis investasi pun ada dua yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang investasi berjangka pendek atau short investment dan tata cara yang tepat untuk mengelolanya. Informasi selengkapnya dapat Anda simak dalam ulasan berikut!

Investasi Jangka Pendek dan Cara Mengelolanya

Investasi jangka pendek merupakan suatu bentuk investasi yang dapat dicairkan atau di danai dalam kurun waktu selama 12 bulan atau kurang. Bagi Anda yang baru mulai terjun ke dunia investasi, jenis investasi ini sangat dianjurkan untuk Anda miliki.

Investasi Jangka Pendek dan Bagaimana Cara anda

Mengenai bagaimana cara mengelola investasi Anda sebagai berikut :

Tentukan tujuan investasi terlebih dahulu

Seperti yang selama ini banyak disebutkan bahwa investasi tanpa tujuan hanya akan membuat Anda bingung dengan jalan yang harus Anda tempuh. Alhasil, Anda pun tersesat dibuatnya. Berbeda jika Anda punya tujuan yang jelas, maka Anda dapat memilih dan menentukan instrumen yang tepat untuk investasi Anda.

Semisal jika Anda memiliki penghasilan tak terpakai 500 ribu untuk sebulan dan Anda ingin menggunakannya untuk investasi sementara tujuan investasi Anda adalah untuk 50 juta, maka Anda harus punya pedoman akan menjual saham yang sudah Anda punya jika uang dari hasil investasi sudah 50 juta rupiah. Begitu seterusnya, dengan begitu Anda akan lebih terarah dalam pola investasi yang Anda jalankan.

Perhatikan kinerja masing – masing instrumen investasi

Kinerja masing – masing instrumen investasi di masa lalu dapat menjadi suatu gambaran bagaimana investasi tersebut akan berkembang dan seperti apa polanya di masa depan. Jika pergerakan investasi tersebut stagnan atau tidak mengalami perkembangan yang berarti maka besar kemungkinan kinerjanya di masa yang akan datang juga tidak akan berubah secara signifikan.

Misalnya pada reksa dana, biasanya Anda akan diberi grafik kinerja pertumbuhan instrumen oleh manager investasinya. Nah, dari grafik tersebut Anda dapat mempelajari kinerjanya seperti apa dan bagaimana.

Jangan lupa diversifikasi

Bagi Anda yang memilih investasi untuk jangka pendek, diversifikasi akan sangat penting untuk Anda. Maksudnya adalah bahwa Anda harus mengalokasikan dana di beberapa instrumen investasi supaya resikonya dapat diminimalisir.
Hal ini memang cukup terasa ribet utamanya jika Anda merupakan seorang pemula. Akan tetapi hal yang perlu Anda lakukan adalah jika nanti Anda mengalami kerugian di satu instrumen, jika metode diversifikasi yang Anda lakukan maka kerugian tersebut dapat ditutupi pada investasi yang lainnya.

Investasi Jangka Pendek dan Bagaimana Cara

Jangan investasi secara berlebihan

Sudah menjadi sifat dasar manusia yang kalau sudah pernah mendapatkan untung maka selalu ingin dapat untung yang lebih besar. Akhirnya investasi dilakukan secara berlebihan dan bahkan mengorbankan keuangan pribadi sekalipun.
Nah, Anda yang ingin investasi tidak boleh seperti itu karena jika hal tersebut yang Anda lakukan maka Anda tidak akan punya dana cadangan untuk hidup Anda. Padahal dana cadangan sangat penting. Jadi, pastikan Anda harus punya keuangan yang baik dan jangan menggunakan semua uang Anda untuk investasi di satu lini. Hal ini akan memudahkan Anda mencapai kebangkrutan jika kerugian di alami.

Itulah beberapa cara mengelola investasi short investment yang perlu Anda pahami dan terapkan. Pastikan Anda sudah memiliki perencanaan keuangan terbaik sebelum mulai berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *