Welcome
tips investasi Bitcoin

Amankah Investasi Bitcoin ?

Hingga saat ini Bitcoin masih menjadi mata uang virtual dengan kapitalisasi terbesar dan mendekati halving popularitas yang semakin tinggi. Namun, ketika ingin melakukan investasi Bitcoin maka harus sangat hati-hati karena mata uang ini dikenal sebagai instrumen investasi dengan resiko tinggi karena naik turun harga yang tinggi. Selain itu, juga sentimen penggeraknya tidak jelas. Sebelum melakukan investasi, berikut simak tips investasi Bitcoin yang aman.

Cara Aman Investasi Bitcoin Halving

1. Pilih Investasi Menengah Dan Jangka Panjang

Karena halving, kenaikan harga Bitcoin baru bisa dilihat dalam waktu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun kemudian tergantung dari kondisi yang ada. Oleh sebab itu, momen halving bisa dimanfaatkan oleh para trader atau holder untuk membeli Bitcoin dan menyimpannya lebih dulu lalu dijual kembali saat harga Bitcoin sudah naik.

tips investasi Bitcoin airport bank board business

2. Masuk Bertahap

Momen halving memang sangat menggiurkan dan pasar juga dikabarkan akan ramai karena trader akan membantu dalam pergerakan harga Bitcoin di pasaran. Menurut Jeth Soetoyo CEO dari Rupiah Token dan Pintu menyarankan untuk para trader agar selalu bersikap waspada dan jangan asal memasukkan semua orang dalam kripto. Jika ingin memasukkan maka harus dilakukan secara bertahap.

Hal itu dilakukan agar para trader bisa selalu memperhatikan manajemen risiko yang ada sehingga trading bisa dilakukan dengan aman dan tenang. Salah satu cara dalam memanajemen tingkat risiko adalah dengan membagi modal trading secara bertahap, dengan kata lain jika modal pertama gagal maka anda masih memiliki modal lain untuk trading selanjutnya.

3. Investasi Ke Altcoin

Memilih investasi altcoin saat halving menjadi pilihan yang sangat tepat, hal itu ditegaskan oleh Vincent Poon Vice yang merupakan presiden Bithumb Global. Kapitalisasi pasar yang lebih kecil sehingga mudah dimanipulasi jika ada kabar baik. Meskipun mata uang satu ini memang lebih stabil, akan tetapi menurut Vincent saat halving pasokannya akan berkurang sehingga hal itu bisa menyebabkan Bitcoin mengalami fluktuasi harga yang besar.

4. Lihat Keadaan Market Global

Investasi saat halving masih harus menunggu kapasitas pasar yang sampai saat ini tidak menentu. Namun, bagi para trader sangat disarankan untuk melakukan eksekusi setelah mendapatkan kepastian terkait kondisi pasar. Akan tetapi jika memilih long term investor maka cara terbaiknya adalah melakukan DCA per harinya dan tidak memperhatikan short term market karena dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun sudah dapat dipastikan bahwa aset akan naik.

tips investasi Bitcoin aman

5. Tetap Disiplin

Tips investasi Bitcoin selanjutnya adalah tetap disiplin dan konsisten pada saat trading. Seorang trader yang bernama Douglas juga sering menghimbau kepada pengguna kripto bahwa investasi atau trading saat situasi halving tetap harus dilakukan dengan hati-hati dan disiplin. Jangan terburu-buru karena dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

Sebelum melakukan trading ada baiknya banyak belajar tentang sentimen pasar global terutama Bitcoin agar tidak salah mengambil langkah. Selain itu, Wicky Zeroski juga mengatakan bahwa trading harus dilakukan dengan membuat range trading plan yang cukup besar antara risiko yang akan diterima dan imbalan yang didapatkan.

Itulah beberapa tips aman investasi Bitcoin yang bisa anda pahami sebelum melakukan trading atau investasi. Berbagai tips di atas bisa anda jadikan bahan pertimbangan akan tetapi yang paling penting adalah selalu berhati-hati dalam investasi meski sedang halving. Sebelum memulai trading, sebaiknya anda memiliki manajemen risiko yang baik dan tidak gegabah saat melihat harga Bitcoin turun karena biasanya setelah itu harga Bitcoin akan meroket naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *