Welcome
identifikasi peluang usaha cara baca situasi pasar untuk bisnis optimal

Agar Tak Salah Pilih Produk, Yuk Cari Tahu Cara Identifikasi Peluang Usaha

Memilih jenis usaha menjadi hal yang penting sebelum menjalankan suatu bisnis. Kesalahan menentukan bidang usaha akan menyebabkan anda sulit mencapai kesuksesan, karena menjalaninya tanpa ada ketertarikan. Maka dari itu, anda harus bisa memperhitungkan antara peluang bisnis yang ada dengan minat yang saat ini anda dimiliki. Sebenarnya cara untuk identifikasi peluang usaha dapat dilakukan dengan mudah, melalui langkah langkah di bawah ini.

Tips Menentukan Peluang Usaha yang Tepat

1. Pertimbangkan Tingkat Kebutuhan dan Persaingan

Sebelum memilih jenis produk atau jasa yang akan dijual, maka anda harus meneliti terlebih dahulu apakah produk tersebut memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak. Untuk mendapatkan jawabannya, anda bisa melakukan dengan survei kecil kecilan. Biasanya barang yang sering dibutuhkan akan lebih mudah terjual di pasaran. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan tingkat persaingan saat menjual produk tersebut.

identifikasi peluang usaha Analisis Peluang Usaha Sangat Penting Sebelum Memulai Bisnis

Apabila ada banyak kompetitor yang menjual produk sama, maka anda harus pandai pandai menampilkan banyak keunggulan pada produk yang nantinya dijual, entah itu dari segi harga maupun kualitas. Jika dirasa belum mampu menghadapinya, anda bisa mencari alternatif produk lain dengan jumlah penjual yang masih sedikit. Anda juga harus memperhatikan tingkat kemampuan yang anda miliki untuk melakukan produksi dan pemasaran dari produk yang akan dipilih.

2. Mempelajari Minat Masyarakat

Cara yang kedua dapat dilakukan dengan meminta respon kepada masyarakat mengenai produk yang akan dijual. Ibarat kata sebagai bentuk uji coba, sebelum produk benar benar diperjual belikan. Sebagaimana contohnya ketika anda berencana menjual kue. Maka anda bisa memberikan beberapa sampel kue buatan anda kepada tetangga. Selanjutnya, anda tinggal menunggu bagaimana respon mereka, apakah memberikan respon yang positif atau justru sebaliknya.

3. Mencari Dukungan Lingkungan

Selain kedua cari diatas, identifikasi peluang usaha juga harus memperhatikan dukungan dari lingkungan sekitar anda. Jangan sampai usaha yang dipilih tidak mendapatkan persetujuan dari keluarga atau orang dekat. Apalagi jika mereka memiliki peran penting bagi kehidupan anda. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu apakah mereka juga mengizinkan jika anda ingin menjalankan usaha tersebut. Adanya dukungan dari orang terdekat bisa meningkatkan semangat tentunya.

4. Mempertimbangkan Passion

Melihat peluang bisnis juga bisa dilakukan dengan mempertimbangkan passion yang anda miliki. Ketika anda memiliki kemampuan pada suatu bidang usaha yang nantinya dipilih, tentu hal ini akan lebih mudah. Mengingat anda sudah mengetahui seluk beluknya dari awal, sehingga apabila di tengah jalan terdapat masalah, anda akan lebih mudah menyelesaikannya. Apabila usaha yang akan dipilih ternyata tidak cocok, maka lebih baik anda mencari usaha yang lain.

identifikasi peluang usaha jeli melihat peluang usaha di sekitar kampus dan gedung perkantoran

5. Pemasaran Produk

Cara yang terakhir dan sangat penting untuk diperhatikan adalah pemasaran dari produk yang akan dijual. Jangan sampai anda hanya mampu memproduksi barang dalam jumlah yang banyak, tapi kesulitan untuk memasarkannya. Oleh karena itu, anda perlu mempelajari tingkat kesulitan pemasaran dari produk yang dipilih tersebut. Umumnya langkah awal untuk mengenalkan produk di pasaran dilakukan dengan memberikan promo atau giveaway.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan dalam menentukan bidang usaha yang tepat. Sebelumnya menjalankan usaha, anda juga harus menentukan apakah usaha tersebut akan dijalankan dalam waktu yang lama atau hanya untuk sementara waktu. Selain itu, anda juga harus memperhitungkan jika nantinya usaha yang dibangun mengalami kegagalan. Hal ini bertujuan sebagai langkah antisipasi untuk menyusun perencanaan yang lebih matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *