Welcome
Agar Sesuai Harapan Yuk Simak Langkah Langkah Analisis Pasar Disini itu

Agar Sesuai Harapan, Yuk Simak Langkah-Langkah Analisis Pasar Disini

Analisa pasar merupakan suatu langkah yang sangat penting dalam hal perancanaan pemasaran sebuah produk. Dengan melakukan analisis pasar ini harapannya dapat meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan perusahaan. Hasil dari analisis pasar nantinya akan bermanfaat untuk mengeathui potensi bisnis dan berapa lama bisnis akan berlangsung. Berikut langkah-langkah analisis pasar yang perlu anda ketahui

Tahapan untuk Analisis Pasar

1. Menentukan Pasar Relevan

Pasar relevan adalah serangkaian produk atau jasa di dalam struktur pasar produk total yang dinilai pihak manajemen sangat penting dan strategis. Penentuan pasar relevan terdiri dari dua langkah pokok. Pertama, manajemen akan berusaha menggambarkan dan mendefinisikan pasarnya terlebih dahuulu. Kemudia dilanjutkan langkah kedua yakni manajemen menggambarkan struktur pasar, produk berserta batas-batas pasar relevan.

Agar Sesuai Harapan Yuk Simak Langkah Langkah Analisis Pasar Disini

2. Menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan

Permintaan primer mencakup permintaan produk pada level kelas produk. Pada langkah ini, manajemen harus menggambarkan profil atau karakteristik pembeli dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelian untuk semua merk dan produk dalam pasar relevan. Intinya proses ini adalah upaya mendiagnisis siapa pembeli dan non pembeli dalam pasar relevan dan alasan mengapa mereka membeli atau tidak membeli suatu produk.

3. Menganalisis permintaan selektif dalam pasar relevan

Permintaan selektif adalah permintaan terhadap suatu merk tertentu pada suatu kelas tertentu dalam pasar relevan. Dalam menganalisis permintaan selektif ini, manajer lebih terfokus pada pemahaman atas pilihan merk atau pemasok pada pasar relevan. Guna memeriksa perbedaan-perbedaan, kebiasaan para pembeli maupun pola pembeliannya, maka manajemen pemasaran harus menerapkan strategi segmentasi pasar.

Langkah-langkah analisis pasar segi segmentasi pasar diantaranya adalah melakukan identifikasi tipe proses keputusan dan identifikasi atribut determinan. Keputusan pembelian konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tipe konsumen yakni konsumen akhir dan konsumen bisnis / organisasi. Dan atribut determinan merupakan ciri spesifik atau karakteristik fisik tertentu yang dirancang dalam sebuah produk atau jasa.

4. Menetapkan segmen pasar

Pada langkah ini, manajer mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok-kelopmpok yang para anggotanya memiliki respon yang sama terhadap suatu program pemasaran spesifik. Ketentuan untuk menetapkan segmentasi pasar yang baik terdiri dari 3 hal yang pertama segmen mudah dijangkau, jika sulit terjangkau maka distribusi produk juga sulit. Kedua segmen mudah diukur dan yang ketiga segmen sesuai kemampuan pasar sehingga proses oemasaran dapat berjalan mulus.

Agar Sesuai Harapan Yuk Simak Langkah Langkah Analisis Pasar Disini ini

5. Menilai Persaingan

Manajer akan membandingkan produk/mereknya dengan tawaran dari pesaing. Manajer harus mencermati persepsi konsumen terhadap produk/mereknya dibandingkan dengan produk/merek para pesaing . Cara efektif untuk mendapatkan informasi penting mengenai pesaing adalah melalui competitive intellegence, yakni sebuah proses dimana organisasi mengumpulkan informasi tentang kompetitor dan lingkungan kompetitif lalu diaplikasikan pada pengambilan keputusan.

6. mengidentifikasi pasar sasaran potensial

Langkah terakhir dalam melakukan analisis pasar yaitu mengidentifikasi pasar sasaran potensial. Penetapan pasar sasaran merupakan kegiatan untuk menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh perusahaan. Dalam hal ini manajer harus paham betul tenatang teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan permintaan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi peluang terbaik guna menciptakan pelanggan yang puas dan loyal.

Hingga saat ini telah banyak bisnis yang berdar dimasyarakat sehingga dibutuhkan banyak strategi khusus untuk dapat bersaing. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnis anda dengan cepat adalah dengan melakukan analisis pasar. Dengan menganalisis potensi pembeli terlebih dahulu, maka bisnis anda akan lebih mudah berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *