Welcome
mau 7 karakter pemimpin yang baik ini

7 Karakter Pemimpin yang Baik, Yuk Simak Ulasannya Disini

Pada sebuah perusahaan, tentu terdapat seseorang yang memimpinnya. Dengan karakter dan sikap yang lurus, seorang pemimpin dapat menjalankan perusahaannya dengan benar. Dan juga sebaliknya, saat pemimpin memiliki sikap yang buruk dapat dipastikan perusahaan tersebut akan menjadi tidak karuan. Karakter apa saja yang selayaknya dimiliki oleh seorang pemimpin ? Mari simak 7 karakter pemimpin yang baik berikut ini.

Karakter yang Terdapat pada Seorang Pemimpin

1. Jujur dan Bisa Dipercaya

Karakter yang pertama yang selayaknya tersemat di dalam seorang pemimpin adalah kejujuran. Dengan sikap jujur maka para karyawan yang ada di bawahnya akan mempercayai dan menghargai pemimpin tersebut. Sebuah kepercayaan di dalam lingkup perusahaan juga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh seorang pemimpin.

2. Mampu Memberi Teladan

Tak hanya jujur saja, karakter lain yang sebaiknya dimiliki oleh pemimpin adalah mampu memberi teladan. Sikap yang anda miliki juga akan ditiru oleh karyawan milik anda. Misalnya adalah bersikap tepat waktu, profesional, dan juga disiplin terkait masalah pekerjaan. Sikap teladan tersebutlah yang juga akan ditirukan oleh para karyawan saat mereka bekerja di perusahaan milik anda.

3. Mampu Berkomunikasi dengan Efektif

Salah satu karakter dari 7 karakter pemimpin yang baik berikutnya adalah mampu berkomunikasi dengan efektif. Dalam konteks ini, komunikasi yang dimaksud adalah mampu menyampaikan sesuatu dengan jelas, lugas, dan sederhana. Bahasa yang rumit dan susah dimengerti memang cenderung membuat anda terlihat cerdas. Akan tetapi hal itu justru membuat anak buah anda merasa kesulitan memahami instruksi yang diberikan.

mau tau 7 karakter pemimpin yang baik karakter kepemimpinan ideal

4. Percaya pada Orang Lain

Biarkan karyawan yang anda miliki memiliki sebuah kepercayaan dari anda. Beri mereka arahan dan tanggung jawab pada pekerjaan mereka. Jangan langsung berburuk sangka saat mereka melakukan kesalahan, biarkan mereka memperbaikinya dan terbiasa untuk bertanggung jawab terkait pekerjaan yang dibebankan. Hal ini juga akan membuat anda dipercaya oleh anak buah yang anda miliki.

5. Mau Memberi dan Meminta Maaf

Memberi maaf dan meminta maaf bukanlah hal yang akan mempermalukan seseorang. Justru memberi maaf pada karyawan akan membuat mereka sadar akan kesalahan yang dimiliki sekaligus memberi mereka motivasi. Jika anda melakukan kesalahan, jangan sungkan untuk meminta maaf kembali kepada mereka. Karena memang pada dasarnya setiap orang tak pernah luput dari kesalahan.

6. Mampu Bersikap Tenang Saat Ada Masalah

Masalah memang sudah secara umum dapat terjadi kapan saja pada sebuah perusahaan. Namun sebagai seorang leader yang bersikap baik, sebaiknya miliki sikap tenang untuk menghadapi masalah yang ada. Lakukan penanganan masalah dengan sigap, pebuh pertimbangan, namun juga tetap tenang. Diharapkan para karyawan yang anda pimpin juga menirukan sikap anda yang tenang.

7. Bertanggung Jawab

Tak hanya kekuasaan saja yang anda peroleh saat menjadi pemimpin, anda juga mendapatkan tanggung jawab yang besar terkait hal tersebut. Saat bawahan anda melakukan kesalahan, maka selayaknya anda juga turut bertanggung jawab terkait hal tersebut. Jangan melimpahkan semua kesalahan kepada mereka. Dengan bertanggung jawab, para karyawan juga akan menaruh sikap hormat pada diri anda.

Banyak karakter yang dimiliki oleh seorang pemimpin, karekter yang menjurus ke baik maupun buruk. Dengan karakter baik yang tersemat dalam pemimpin tersebut, diharapkan akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Karakter tersebut antara lain adalah jujur, dapat dipercaya, memberi teladan, dapat memberikan kepercayaan pada orang lain, memiliki sikap tenang, mau memberi dan meminta maaf, serta bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *