Welcome
unsur unsur iklan

6 Unsur-Unsur Iklan yang Diperlukan untuk Mempromosikan Produk

Perubahan zaman turut merubah cara promosi suatu perusahaan, untuk memasarkan produk mereka. Tidak hanya memasang iklan melalui media cetak, tetapi mulai merambah ke media elektronik. Dalam pemasangan iklan pun prosesnya membutuhkan banyak aspek supaya menarik perhatian konsumen. Ada unsur-unsur iklan yang perlu dicantumkan dalam setiap perilisannya. Tentu salah satu syaratnya tidak boleh mengandung unsur sara.

Komponen-Komponen yang Harus Ada dalam Iklan

1. Interest dan Attention

Dalam membuat sebuah iklan promosi anda harus menciptakan ide baru yang menarik perhatian. Kalau bisa gagasan tersebut dapat diingat oleh calon pembeli terus menerus. Berikan sentuhan iklan sesuai dengan minat dari target pasar, sehingga Ia merasa ingin tahu dengan produk. Rasa ingin tahu dan ketertarikan akan cara promosi yang unik, membuat keinginan membeli terus tumbuh. Ujungnya memilih produk anda untuk memenuhi kebutuhannya.

Iklan Dalam Berita unsur unsur iklan

2. Kepercayaan

Usahakan membuat iklan yang menggambarkan produk dengan jelas, supaya mudah dipahami oleh konsumen. Buat image yang baik mengenai produk yang anda tawarkan di mata pembeli. Apabila iklan menampilkan aktor atau aktris terkenal, maka ambil yang memiliki citra baik di masyarakat. Cantumkan bukti halal dan cap resmi dari BPOM apabila produknya jenis makanan atau kosmetik. Alhasil iklan tersebut akan membangun brand yang dipercaya publik.

3. Keinginan

Sebuah iklan harus selaras dengan produk yang diinginkan oleh masyarakat. Paling tidak mampu menjawab apa yang dikeluhkan oleh calon konsumen. Sehingga saat iklan tersebut diluncurkan dapat memenuhi rasa penasaran dari para customer. Dari sinilah mereka akan tertarik untuk membeli produk, sebab dirasa mampu memecahkan permasalahannya. Tinggal bagaimana anda memahami keinginan pasar lalu mengemasnya dalam sebuah iklan promosi.

4. Gambaran Produk

Apabila keterangan produk dalam terasa bias, maka jarang masyarakat berminat membelinya. Oleh sebab itu sertakan nama produk dan jelaskan secara singkat dalam satu kemasan unik. Informasi mengenai identitas produk sangat diperlukan, agar konsumen tahu seperti apa bentuk barangnya. Jika perlu cantumkan pula gambar produk untuk memperjelas maksud iklan. Biasanya dirupakan dalam bentuk orang atau penampakan produknya.

5. Keunggulan Produk

Sebuah produk tidak cukup hanya digambarkan secara umum, perlu ditampilkan apa saja kegunaannya. Salah satu unsur-unsur iklan ini, akan menguatkan alasan mengapa konsumen harus membeli produk tersebut. Dengan begitu Ia tidak ragu mengeluarkan budget tinggi ketika produknya memenuhi kebutuhan. Isi iklan yang seperti ini justru akan diingat oleh calon customer, karena sesuai dengan target pasar.

unsur unsur iklan

6. Kalimat Persuasif

Tujuan utama dari pembuatan iklah ialah membujuk calon pengguna untuk membeli produknya. Maka dari itu perlu kalimat dengan unsur mengajak supaya menimbulkan ketertarikan. Biasanya ditulis dengan bahasa yang singkat, jelas, dan mudah terlihat oleh konsumen. Terkadang dirupakan dalam bentuk tagline produk yang diucapkan oleh si bintang iklan.

Kalimat ini cukup muncul satu kali dalam iklan tetapi mengandung banyak makna. Intinya mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk tertentu saja. Asalkan kalimat tersebut tidak mengandung unsur sara ataupun menghina produk lain. Harus tetap pada aturan kesopanan meskipun niatnya untuk mengunggulkan produk sendiri di mata publik.

Cara promosi dengan memasang iklan sangat efektif, dibandingkan ajakan secara konvensional. Sekarang ini sudah banyak rupa iklan mulai dari video pendek, foto, hingga baliho. Membuat iklan tidak semudah yang dibayangkan sebab perlu menyeimbangkan berbagai komponen. Selain itu harus mencantumkan penggambaran produk dengan jelas, supaya calon konsumen tahu apa manfaatnya membeli barang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *